MINAT REMAJA DITINJAU DARI TES MINAT ROTHWELL MILLER INTEREST BLANK (RMIB) DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) KOTA PALANGKA RAYA

Meylani Safar Rini(1), Ihsan Mz(2*), Desi Erawati(3)

(1) Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
(2) Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
(3) Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
(*) Corresponding Author

Sari


Generasi milenial sekarang cenderung kesulitan menentukan minat atau karirnya di masa depan. Oleh sebab itu penelitian ini mengurai tentang minat remaja ditinjau dari tes Rothwell Miller Interest Blank atau disingkat RMIB. Remaja tidak akan melakukan suatu aktivitas yang mereka senangi jika mereka tidak menyadari kebutuhan terhadap minatnya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Informan penelitian ini adalah remaja berusia 15-18 tahun, berjumlah sembilan orang di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Al-Amin Kota Palangka Raya. Pengumpulan data dilakukan dengan tes minat RMIB, wawancara, observasi, yang dianalisis menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian yang ditemukan di lapangan menunjukkan bahwa tes RMIB remaja di LKSA Al-Amin memiliki berbagai minat diantaranya social service, medical, mechanical, dan practical. Terdapat empat orang yang memiliki kecenderungan pada minat social service, dua orang cenderung pada medical, dua orang mechanical dan terdapat satu orang yang mempunyai minat pada bidang practical. Penelitian ini juga mengungkap adanya pengaruh motivasi internal dan eksternal yang mendorong remaja di LKSA Al-Amin untuk menguatkan minat yang mereka miliki. Khusus pada motivasi eksternal, motif sosial dan emosional mempunyai peran yang signifikan dalam menumbuhkan minat pada remaja di LKSA Al-Amin.

_____________________________________________________________

Millennials today are tend to determine their future interests or careers. Therefore, this study describes about adolescents' interest from the Rothwell Miller Interest Blank test (RMIB). Adolescents will not do actvity based on their will once they are not aware of their interests. This type of research used was descriptive qualitative. The respondent of this study were nine teenagers aged 15-18 years at the Al-Amin Child Welfare Institution (LKSA) Palangka Raya City. Data was collected by using the RMIB interest test, interviews, and observations, which analyzed using triangulation techniques. This research showed that the reasult of adolescents’ RMIB test at LKSA Al-Amin had various interests including social service, medical, mechanical, and practical. Found four adolescents who tend to have interest in social services, two adolescents who tend to medical field, two adolescents were tend to mechanical and there was one adolescent with practical interest. This study also reveals the influence of internal and external motivations that encouraged adolescents at LKSA Al-Amin to strengthen their interests. Specifically on external motivation, social and emotional motives had significant role in growing interest in adolescents in LKSA Al-Amin.


Kata Kunci


LKSA; Minat; Remaja; Tes Rothwell Miller Interest Blank (RMIB)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abror, Abd. R. (1983). Psikologi Pendidikan. Tiara Wacana.

Adamson, L. B., Deckner, D. F., & Bakeman, R. (2010). Early Interests and Joint Engagement in Typical Development, Autism, and Down Syndrome. Journal of autism and developmental disorders, 40(6), 665–676. https://doi.org/10.1007/s10803-009-0914-1

Ajhuri, K. F. (2019). Psikologi Perkembangan: Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Penebar Media Pustaka.

Akmila, D., Zulkifli, S., Husni, M., & Helminasari, S. (2019). Analisis Minat Remaja dalam Berorganisasi di Kelurahan Lempake Kota Samarinda. FisiPublik : Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 4(2), 128–135. https://doi.org/10.24903/fpb.v4i2.749

Desmita. (2013). Psikologi Perkembangan. PT Remaja Rosdakarya.

Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja dan Permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20

Dinas Sosial. (t.t.). Data Lembaga Kesejahteraan Sosial Di Palangka Raya. https://dinsos.palangkaraya.go.id/data/data-lembaga-kesejahteraan-sosial-di-palangka-raya/

Etnanta, Y. C., & Irhandayaningsih, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Baca Siswa SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 11.

Hurlock, E. B. (1980). Developmental Psychology: A Life-Span Approach (5th ed). McGraw-Hill.

Kemdikbud. (t.t.). KBBI Online. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/minat

Rahmawati, E., & Rahmah, R. (2016). Hubungan Peran Ayah Terhadap Pemenuhan Tugas Perkembangan Remaja. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan Aisyiyah, 12(2), 173–180. https://doi.org/10.31101/jkk.299

Rizal, S. (2021). Minat Remaja Dalam Mengikuti Kajian Keagamaan. Dakwatul Islam: Jurnal Ilmiah Masyarakat Islam, 8(1), 10.

Samsudin, M. (2015). Akhlak Pelajar Perspektif Al-Zarnuji: Telaah Isi Kitab Ta’lim al-Muta’allim dan Implementasinya di Pendidikan Kontemporer. Alashriyyah, 1(1), 20–20.

Santrock, J. W. (2006). Life-span development (10th ed). McGraw-Hill.

Sefrina, A. (2013). Deteksi Minat Bakat Anak. Media Pressindo.

Sriastuti, N. P., & Lasmawan, I. W. (2014). Peningkatan Minat Belajar dan Kemampuan Dasar Kognitif Melalui Penggunaan Media Puzzle Pada Anak Kelompok B TK Dharma Kumara Pedungan Denpasar Tahun Ajaran 2012/2013. 4, 9.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Yuliandari, E. (2020). Tes Rothwell Miller Interest Blank. 16.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v7i2.5669

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.