MEMPREDIKSI PENGARUH KONTRIBUSI KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
(1) universitas islam jember
(2) SMK Negeri 2 Jember
(*) Corresponding Author
Sari
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengklarifikasi hasil temuan terdahulu berkaitan dengan pengaruh kemampuan perencanaan karir terdapat motivasi belajar peserta didik yang ditinjau dari faktor budaya. Penelitian saat ini menerapkan pendekatan kuantitatif melalui survei desain cross-sectional. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik SMK di Kabupaten Jember. Sampel penelitian ini berjumlah 346 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cross-sectional sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen skala psikologis Kemampuan Perencanaan Karir (KPK) dan Skala Motivasi Belajar (SMB). Analisis data menggunakan teknik regresi linier dengan bantuan aplikasi pengolah data statistik IBM SPSS Statistics. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar merupakan prediktor dari kemampuan perencaanaan karir peserta didik. Layanan konseling karir sangat dibutuhkan untuk menyamakan persepsi anak dan orang tua terhadap pilihan karir anak.
___________________________________________________________________
The purpose of this study was to clarify the results of previousfindings related to the influence of career planning abilities on students learning motivation in terms of cultural factors. The current study applies a quantitative approach through a cross sectional survey design. The population in this study were SMK students in Jember regency. The sample of this study amounted to 346 people. The sampling technique used is cross sectional sampling. The data collection technique used the psychological scale instrument of career palnning ability and learning motivation scale. Data analysis used linear regression technique with the help of statistical data processing application IBM SPSS statistics. The result showed that learning motivation is a predictor of students career planning abilities. Career counseling services are urgently needed to equalize the perception of children and parents on childrens career choices
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Achyanadia, S. (2013). Hubungan Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ciseeng. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.29210/12016263
Aminurrohim, A. W., Saraswati, S., & Kurniawan, K. (2014). Survei faktor-faktor penghambat perencanaan karier siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(2). https://doi.org/10.15294/IJGC.V3I2.3765
Amsir, J., & Arifyanto, A. T. (2021). Faktor-Faktor Penghambat Perencanaan Karier Siswa. Jurnal Ilmiah Bening: Belajar Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 57–66. http://ojs.uho.ac.id/index.php/bening/article/view/12107
Anugraheni, A. R., Seprina, C. A., Paramitasari, S. P., & Kurnia, V. (2019). Skala Motivasi Belajar : Konstruksi dan Analisis Psikometri. Proceeding of The URECOL, 66–69.
Atmaja, T. T. (2014). Upaya meningkatkan perencanaan karier siswa melalui bimbingan karier dengan penggunaan media modul. Psikopedagogia, 3(2), 58–68. https://core.ac.uk/download/pdf/324200484.pdf
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182. http://103.107.187.25/index.php/lantanida/article/view/2838
Gusta, A. W. D. (2020). Pengaruh Layanan Perencanaan Individual Terhadap Kesiapan Peserta Didik Dalam Menentukan Sekolah Lanjutan Di Smp Negeri 28 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Habibi, A. S. Y. (2021). Kontribusi Persepsi Siswa tentang Jurusan dan Harapan Orangtua terhadap Perencanaan Karier Siswa SMKN 2 Kota Bukittinggi. [Universitas Negeri Padang]. http://repository.unp.ac.id/30713/
Idola, S., Sano, A., & others. (2017). Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Keadaan Lingkungan Fisik Sekolah Dengan Motivasi Belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 30–34. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v2i2.447
Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karier siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33–42. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/55309583/4474-9420-1-PB
Massie, R. (2015). Pengaruh perencanaan karier, pelatihan dan Pengembangan karier terhadap kinerja pegawai pada museum negeri provinsi sulawesi utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/10275
Nazirwan, N. (2020). Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Studi Kasus pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Guru, 1(2). https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/jurpendigu/article/view/164
Nugraha, Y. P., Awalya, A., & Mulawarman, M. (2021). Predicting video game addiction: The effects of composite regulatory focus and interpersonal competence among indonesian teenagers during covid-19 pandemic. Islamic Guidance and Counseling Journal, 4(1), 66–77. https://doi.org/10.25217/igcj.v4i1.1199
Patel, S. G., Salahuddin, N. M., & O’Brien, K. M. (2008). Career decision-making self-efficacy of Vietnamese adolescents: The role of acculturation, social support, socioeconomic status, and racism. Journal of Career Development, 34(3), 218–240. https://doi.org/10.1177/0894845307308488
Prahmawati, C. A. (2018). Career Mind Mapping Melalui Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan. In Universitas Muhammadiyah Malang. http://eprints.umm.ac.id/42716/1/
Rosyadi, I. (2017). Pengaruh Pengalaman On The Job Training dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 173–187.
Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 181–204. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/9
Sardiman, A. M. (2001). Interaction and Motivation in Teaching and Learning. Grafindo.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di SDN Cikokol 2. AS-SABIQUN, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611
Siregar, A. S. (2020). Implementasi Program Bimbingan Pribadi Sosial Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa di Madrasah Aliyah Laboratorium UIN SU Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Sulusyawati, H., & Melati. (2019). Pengaruh Budaya Rejang Terhadap Perencanaan Karier Siswa Di Sma Negeri 9 Kota Bengkulu. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 27. https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v4i2.1016
Supriadi, D. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matakuliah Metode Penelitian Mahasiswa Semester Genap Tahun 2018/2019. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 97–106. http://150.107.142.43/index.php/EDUCATE/article/view/2175
Suryani, S., Irianto, A., & Cerya, E. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Smk Bisnis Manajemen Di Kota Solok. Jurnal Ecogen, 1(4), 870. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i4.5666
Susanti, R., & Mulyoto, M. (2020). Kesiapan Kerja Siswa BLK Ditinjau Dari Kemandirian Belajar, Motivasi Kerja dan Pengalaman On The Job Training. Media Manajemen Pendidikan, 3(1), 1. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i1.3424
Syafaruddin, S., Syarqawi, A., & Siahaan, D. N. A. (2019). Dasar-dasar bimbingan dan konseling: Telaah Konsep, Teori dan Praktik.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v7i2.5659
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sekretariat Jurnal:
Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.