HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA SMP NEGERI 15 KOTA KUPANG DI MASA PANDEMI COVID 19

Petrisia Anas Waluwandja(1), Sanhedri Boimau(2*), Dixon E.M. Taek Bete(3)

(1) Universitas Persatuan Guru 1945 NTT
(2) Universitas Persatuan Guru 1945 NTT
(3) Universitas Persatuan Guru 1945 NTT
(*) Corresponding Author

Sari


Hasil belajar siswa mulai menurun di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat kedisiplinan siswa SMP Negeri 15 Kota Kupang pada masa Pandemi Covid 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pola asuh  orang  tua siswa SMP Negeri 15 Kota Kupang dengan nilai  rata-rata  sebesar 83, 98 termasuk kedalam kategori cukup baik yaitu berada pada interval 81-85; (2) Tingkat kedisiplinan siswa SMP Negeri 15 Kota Kupang dengan nilai rata-rata sebesar 82,11 dikategorikan cukup baik yaitu berada pada interval 78-83; (3) Hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa nilairxy = 0,526 berada pada arah  yang positif. Hubungan pola asuh orang  tua dengan tingkat kedisiplinan siswa SMP Negeri 15 Kota Kupang termasuk dalam kategori cukupkuat dengan interval 0,40-0,599; (4) Data penelitian dan hasil  juga menunjukkan bahwa thitung = 0,526 , sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% = 1,671 dan t tabel pada taraf signifikan 1% = 2,390. Ini berarti bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan tingkat kedisiplinan siswa kelas SMP Negeri 15 Kota Kupang.

 

_____________________________________________________________

Student’s learning outcomes began to decline during the COVID-19 pandemic. This study aims to determine the relationship between parenting patterns and the level of discipline of students at SMP Negeri 15 Kupang City during the Covid 19 Pandemic. This study applies a correlation approach. The number of samples in this study are 60 students. The results showed that: (1) The parenting pattern of the students of SMP Negeri 15 Kupang City with an average score of 83, 98 was included in the fairly good category, which was in the 81-85 interval; (2) The level of discipline of students of SMP Negeri 15 Kupang City with an average score of 82.11 is categorized as quite good, which is in the 78-83 interval; (3) The results of the hypothesis analysis show that the value of rxy = 0.526 is in a positive direction. The relationship between parenting patterns and the level of discipline of students at SMP Negeri 15 Kupang City is included in the fairly strong category with an interval of 0.40-0.599; (4) The research data and results also show that tcount = 0,526, while ttable at a significance level of 5% = 1,671 and t table at a significant level of 1% = 2,390. This means that tcount is greater than ttable. So it can be concluded that there is a significant relationship between parenting patterns and the level of discipline of students of  SMP Negeri 15 Kupang City.

 

Keywords: Pattern; parrenting; Discipline; Pandemic; Covid

 

 


Kata Kunci


Pola; Asuh; Kedisiplinan; Pandemi; Covid

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Armico A, (2014. Psikologi Perkembangan, (Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.

Djamarah Syaiful, (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga, (Jakarta: Rineka Cipta).

Fuad Ihsan, (2016). Pendidikan dalam Keluarga, Jakarta: Bulan Bintang.

Fransisco, D. (2014). Educational Psychology, (San Fransisco): Wadsworth Publishing.

Gibson J.T. (2011). Growing Up A Study Of Children. Wadsworth Publishing.

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633

Hapsari Titi Estima, dkk. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dalam Menerapkan Kedisiplinan Siswa Kelas IV Di SD Negeri Lobang 01 Batang. Jurnal Basicedu Volume 3 Nomor 3 Halaman 870-873.

Hasan Basri, (2012). Keluarga Sakinah, (Yogjakarta: Pustaka Pelajar)

Herliandry, Devi ., N. M. E. S. H. K. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknologi, 22(1), 65–69. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Latipah Eva, (2012). Pengantar Psikologi Pendidikan, (Yogyakarta: Pedagogia)

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Mayasari Dian, Kamaruddin dan Shiong Siau. (2021). Korelasi Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XI Di SMK Mudita Singkawang.

JOURNAL OF EDUCATIONAL REVIEW AND RESEARCH

Vol. 4 No. 1, July 2021. Page: 1 – 5. E-ISSN: 2597-9760, P-ISSN: 2597-9752.

Musaheri, (2013). Pengantar Pendidikan, Yogyakarta: IRCiSoD.

Octaviani, (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SDN Dabin I Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal.

Prijodarminto Soegeng, (2015). Disiplin Kiat Menuju Sukses, (Jakarta: Pradnya Paramita)

Say, S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(1), 1–6.

Shochib, M. (2014). Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Srinam S. Khalsa. (2015). Metode Pengajaran Disiplin & Harga Diri: Strategi, Anekdot,dan Pelajaran Efektif Untuk Keberhasilan Manajemen Kelas Jakarta: PT Indeks

Syamsu Yusuf LN, (2013). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, (Bandung: Remaja Rosda Karya.

Wiyani, N. A. (2013). (2013). Bina

Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta Ar-ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v7i2.5547

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.