HUBUNGAN ANTARA SELF CONTROL DAN SELF ESTEEM DENGAN PERILAKU MENYONTEK PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI YOGYAKARTA

Eko Perianto(1*)

(1) Universitas PGRI Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan negatif antara kontrol diri terhadap perilaku mencontek dan harga diri terhadap perilaku mencontek pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama di Yogyakarta. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Stratified Random Samplin. Sampel dalam penelitian ini yaitu 25 % dari jumlah populasi yaitu 64 orang. Teknik dalam pengambilan data dengan menggunakan skala kontrol diri, skala harga diri dan skala perilaku mencontek. Teknik analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan Analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada hipotesis Pertama menunjukkan bahwa antara kontrol diri (self control) dengan perilaku mencontek (cheating behavior) dinyatakan signifikan dengan nilai r = -0,407 (p<0,05). Menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri (self control) dengan perilaku mencontek (cheating behavior). (2) Pada hipotesis kedua menunjukkan bahwa antara harga diri (self esteem) dengan perilaku mencontek (cheating behavior) dinyatakan signifikan  dengan nilai   r = -0,541 (p<0,05). Menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara harga diri (self esteem)  dengan perilaku mencontek (cheating behavior).

_______________________________________________________________

This study aims to determine whether there is a negative relationship between self-control on cheating behavior and self-esteem on cheating behavior among junior high school students in Yogyakarta. Sampling in this study using a Stratified Random Samplin. The sample in this study is 25% of the total population, namely 64 people. Techniques in collecting data using a scale of self-control, a scale of self-esteem and a scale of cheating behavior. The analysis technique in this research is using correlation analysis. The results showed that (1) The first hypothesis shows that between self-control and cheating behavior is significant with a value of r = -0.407 (p <0.05). This shows that there is a significant negative relationship between self-control and cheating behavior. (2) The second hypothesis shows that self-esteem and cheating behavior are significant with a value of r = -0.541 (p <0.05). It shows that there is a significant negative relationship between self-esteem and cheating behavior. For further researchers, they can develop further with regard to testing hypotheses with the variable cheating behavior on other variables. Where there are other factors that can influence it so that further research can be carried out in depth by further researchers.

 


Kata Kunci


kontrol diri, harga diri, perilaku mencontek dan peserta didik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2014). Reliabilitas dan Validitas (edisi 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bolin, Aaron U. (2004). Self-Kontrol, Perceived Opportunitiy, and Attitudes as Predictors of Academic Dishonesty,The Journal of Psychology, 138(2), 101-114

Chaplin. (2011). Kamus Lengap Psikologi. Jakarta: Rajawali Pers.

Devi Kusrieni. (2014). Hubungan Efikasi Diri dengan Perilaku Mencontek. Jurnal. PSIKOPEDAGOGIA, 3(2).

Fitiyatmi. (2011). Faktor-faktor Penentu Perilaku Mencontek di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNP. Jurnal TINGKAP, VII (2).

Fajar M. (2011). Pendidik Harus Jujur dan Adil. Kedauatan Rakyat, 21 Juni 2011. Yogyakarta.

Irawati, N & Hajat, N. (2012). Hubungan antara harga diri (self esteem) dengan prestasi belajar pada siswa SMKN 48 di Jakarta timur. Jurnal Econosains, 10, 193-210.

McCabe, D.L., Trevino, L.K., Butterfield, K.D. (2001). Cheating On Academic Institution: A Decade Of Research. Ethic & Behavior, 1(3).

Muslifah F. (2013). Hubungan antara Kontrol Diri dengan Intensi Perilaku Menyontek pada Siswa SMP Negeri 1 Prambanan. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3.

Nafeesa. (2017). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Menyontek pada Siswa YP Mts. Al-Azhar Medan. Jurnal Diversita, 3(1).

Nurcholish (2011). Hilangnya Kejujuran di Sekolah. Kedauatan Rakyat, 21 Juni 2011. Yogyakarta.

Ratna, (2018). Hubungan Harga Diri dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Perilaku Perundungan. Psikoborneo, 6(3).

Santrock, J.W. (2012). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup Edisi 13 Jilid 1, Penerjemah: Widyasinta, B). Jakarta: Erlangga.

Sumarsongko, S. (2015). Hubungan Antara Harga Diri dengan Perilaku Prososial pada Satpam PT Danliris. Surakarta.

Sharma, S, Agarwala S. (2019). Self-Esteem and Collective Self-Esteem Among Adolescents: An Interventional Approach. Psychological Thought. 2193-7281.

Wahyuningrum dan Palila, (2014).Harga DIRI Dan iklim Sekolah Dengan Perilaku menyontek pada Siswa SMP Negeri 2 Sleman. Jurnal Psikologi Integratif, 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v7i1.4884

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.