STUDI FENOMENOLOGI MOTIVASI KEBUTUHAN PENGGUNAAN TIK-TOK DALAM PERKEMBANGAN KEMATANGAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR

Miranti Widi Andriani(1*)

(1) STKIP PGRI BANGKALAN
(*) Corresponding Author

Sari


Maraknya penggunaan apikasi Tik-Tok para siswa sekolah dasar tak luput dari peranan motivasi yang menggerakkan perilaku untuk mencapai tujuan tertentu. Perkembangan sosial anak sekolah dasar dalam menunjukkan kemampuan menempatkan diri sebagai individu dalam kelompok bermain, memahami lingkungan sosial yang berpusat pada teman sebaya. Tujuan penelitian untuk menggambarkan pandangan, sikap dan perilaku penggunaan aplikasi Tik-Tok yang berdasar pada motivasi kebutuhan Maslow dalam perkembangan kematangan sosial. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif pendekatan fenomenologi. Hasil temuan: 1) perilaku dalam pemenuhan kebutuhan fisiologis menggambarkan kemampuan anak dalam menganalisis situasi belum menunjukkan kematangan sosial, 2) kekhawatiran anak terhadap larangan penggunaan gawai menunjukkan belum terpenuhinya kebutuhan rasa aman sehingga membuat tingkat kematangan emosi anak menjadi rendah dan berpengaruh pada kematangan sosial, 3) Mempererat persahabatan sebagai tujuan bermain Tik-Tok adalah cara anak memenuhi kebutuhan kasih sayang dengan teman. Anak yang diterima kelompok, kematangan sosialnya akan baik, 4) kematangan sosial dapat dipengaruhi oleh pemenuhan kebutuhan diri untuk dihargai. Sehingga memunculkan perilaku keamampuan agar diterima kelompok, 5) berperilaku konsisten dan bersungguh-sungguh dalam menunjukkan kemampuan diri, hal ini akan berkaitan dengan keinginan dihargai dan diakui kemampuan dirinya sebagai wujud aktualisasi diri. Simpulan dari penelitian ini adalah motivasi kebutuhan dalam penggunaan aplikasi Tik-Tok dapat menjadi sumber dorongan perilaku dan kematangan sosial.

______________________________________________________________

 

The widespread use of Tik-Tok application for elementary school students cannot be separated from the role of motivation that drives behavior to achieve certain goals. The social development of elementary school children in the Competency Standards for the Independence of Learners is at maturity relationships with peers (social environment). The research objective is to describe the views, attitudes and behavior of using the Tik-Tok application based on Maslow's motivational needs in the development of social maturity. This study used a qualitative design with a phenomenological approach. The findings: 1) the fulfillment of physiological needs behavior describes the ability to analyze situations that indicate social maturity, 2) refers to the prohibition on the use of devices that indicates the fulfillment of the need for security so that the emotional maturity level of the child becomes low and affects social maturity, 3) Strengthens friendship as the goal of playing Tik-Tok is a way for children to meet their needs for affection with friends. Children who are accepted by the group will have good social maturity, 4) social maturity can be realized by self-fulfillment. So that the ability to be accepted, 5) behave consistently and seriously in showing self-ability, this will be related to his desire and ability as a form of self-actualization. The conclusion from this research is the motivation needs in using the Tik-Tok application can be a source of behavior and social maturity.


Kata Kunci


motivasi kebutuhan; tik-tok; kematangan sosial

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adisaputra, F., Budyartati, S., & HS, A. K. (2020). Hubungan penggunaan aplikasi tik tok dengan degradasi karakter siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 1–10.

Aeni, N. (2011). Perbedaan kecerdasan emosi dan perilaku agresi pada anak yang ditinggal ibu sebagai tkw dengan anak yang tinggal bersama ibunya: studi pada sekolah dasar di kecamatan gabus, kabupaten pati jawa tengah. Widyariset, 14(1), 231–240.

Andriani, M. W. (2018). Keefektifan Child-Centered Play Therapy ( Ccpt ) Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosioemosional. 5(2), 245–256.

Anindita, R. P. W. (2020). Makna Penggunaan Aplikasi Tik Tok pada Generasi Z (Studi Fenomenologi terhadap Pengguna Aplikasi Tik Tok). Bachelor Thesis Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

Aprilian, D., Elita, Y., & Afriyati, V. (2020). Hubungan Antara Penggunaan Aplikasi Tiktok Dengan Perilaku Narsisme Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 220–228. https://doi.org/10.33369/consilia.2.3.220-228

Budikuncoroningsih, S. (2017). Pengaruh Teman Sebaya dan Persepsi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Agresivitas Siswa di Sekolah Dasar Gugus Sugarda. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 1(2), 85. https://doi.org/10.30595/jssh.v1i2.1704

Bujuri, D. A. (2018). Analisis kebutuhan anak usia dasar dan Implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan. JIP:Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 83–96.

Chusna, P. A., Zakiyah, D., & Noviani, Z. (2020). Analisis Dampak Fenomena Aplikasi Tik Tok Dan Music Dj Remix Terhadap Penyimpangan Perilaku Sosial Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Studi Islam Al-Fikrah, 4(1), 129–147.

Fink, E., Rosnay, M. de, Peterson, C., & Slaughter, and V. (2013). Validation of the Peer Social Maturity Scale for Assessing Children’s Social Skills. Infant and Child Development, 22, 539–552.

Maslow, A.H. (1943). A Theory of Human Motivation A Theory of Human Motivation. Psychological Review, 50, 1–21.

Mendari, A. S. (2010). Aplikasi Teori Hierarki Kebutuhan Maslow Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar MahasiswaWidya Warta 82-91. Widya Warta, 01.

Nora, M. O. (2015). Pengaruh Kelekatan dan Harga Diri terhadap Kemampuan Bersosialisasi Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 379–388.

Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak Penggunaan Gadged Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, Volume 05(Nomor 03), 182–186.

Peilouw, F. J. (2013). Hubungan Aantara Pengambilan Keputusan Dengan Kematangan Emosi Dan Self-Efficacy Pada Remaja. Character, 1(2), 1–6.

Rodiyana, R., & Puspitasari, W. D. (2019). Menumbuhkan Kepemimpinan Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 188–194. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1442

Santrock, J. W. (2013). Life-Span Development, Thirteenth Edition. McGraw-Hill Companies, Inc.

Susanto, N. H., & Lestari, C. (2018). Mengurai Problematika Pendidikan Nasional Berbasis Teori Mptivasi Abraham Maslow Dan David Mcclelland. Lembaran Ilmu Kependidikan, 47(1), 30–39.

Trilia. (2018). Hubungan Pemenuhan Kebutuhan Dasar Berdasarkan Hirarki Maslow dengan Motivasi Belajar Siswa SMA. Babbul Ilmi: Jurnal Ilmiah Science Kesehatan, 9(3), 344–354.

Wardah, A., Prasetia, M. E., & Akbar, A. (2020). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengurangi Penggunaaan Media Sosial Tiktok Pada Siswa Smp Negeri 23 Banjarmasin. Skripsi (e-prints UNISKA), 1–5.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v7i1.4217

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.