PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, PEMAHAMAN MATERI AQIDAH AKHLAK, DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PERILAKU PESERTA DIDIK MTs NEGERI 1 SEMARANG
(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas IVET Semarang-Jawa Tengah
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas IVET Semarang-Jawa Tengah
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas IVET Semarang-Jawa Tengah
(*) Corresponding Author
Sari
Permasalahan penelitian ini adalah pengaruh: 1)perhatian orang tua terhadap perilaku keseharian peserta didik; 2) pemahaman materi aqidah akhlak terhadap perilaku keseharian peserta didik; 3) kedisiplinan belajar terhadap perilaku keseharian peserta didik; dan 4) perhatian orang tua, pemahaman materi aqidah akhlak, dan kedisiplinan belajar terhadap perilaku keseharian peserta didik MTs Negeri 1 Semarang. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori bersifat asosiatif. Populasi seluruh peserta didik kelas VII berjumlah 211 anak dengan sampel 5% melalui penerapan monogram Harry King yang diperoleh 124 anak. Alat pengumpul data utama berupa instrumen angket untuk memperoleh jawaban perhatian orang tua, materi pelajaran aqidah akhlak, kedisiplinan belajar, dan perilaku keseharian peserta didik.Teknik analisis data digunakan regresi linier berganda dengan kesimpulan: 1) perhatian orang tua memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keseharian peserta didik; 2) pemahaman materi aqidah akhlak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keseharian peserta didik; 3) kedisiplinan belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keseharian peserta didik; dan 4) perhatian orang tua, pemahaman materi aqidah akhlak, dan kedisiplinan belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keseharian peserta didik MTs Negeri 1 Semarang.
___________________________________________________________________
The research problems in this study are the effects of: 1) parents' attention to the daily behavior of students; 2) understanding the material aqidah akhlak on the daily behavior of students; 3) discipline in learning about the daily behavior of students; and 4) parental attention, understanding of the material aqidah morals, and discipline in learning the daily behavior of students at MTs Negeri 1 Semarang. This type of quantitative research with an explanatory approach is associative. The total population of class VII students was 211 children with a sample of 5% through the application of the Harry King monogram obtained by 124 children. The main data collection tool is in the form of a questionnaire instrument to obtain answers to parents 'attention, subject matter for aqidah morals, learning discipline, and students' daily behavior. The data analysis technique used multiple linear regression with the following conclusions: 1) parental attention has a positive and significant effect on the daily behavior of students; 2) understanding the material of aqidah morals has a positive and significant effect on students' daily behavior; 3) discipline learning has a positive and significant effect on students' daily behavior; and 4) parental attention, understanding of the material aqidah morals, and discipline learning have a positive and significant effect on the daily behavior of students at MTs Negeri 1 Semarang.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Annastasia, E. (2015). Profil Problem Emosi-Perilaku pada Remaja Pelajar SMP-SMA dI Kota Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 14 (2), 190-198.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Azwar, S. (2012). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bambang, S. (2010). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK PGRI 4 Ngawi Tahun Pelajaran 2009/2010. Jurnal Media Prestasi, 6 (3), 117-131.
Darajat, Z. (2011). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Dewi PS., (2016). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah. 1 (2), 309-322.
Dhakir, M. (2012). Dasar-dasar Psikologi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Yogyakarta.
Dimyati, M. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Rake Press.
Faisal, S. (2013). Teknik Menyusun Instrumen. Surabaya: Usaha Nasional.
Fenia, Teviana dan Yusiana, M. Anita. (2012). “Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Peningkatan Kreativitas Belajar Anak, Jurnal STIKES,5(1).
Handoko, M. (2014). Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta: Kanisius.
Hendrarno, E. (2011). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: UNNES Press.
Masyhur, K. (2011). Membaca Moral dan Akhlak Anak. Jakarta: Rineka Cipta.
Partini, S. (2012). Psikologi Sosial. Jakarta: FIP-Universitas Negeri Jakarta.
Rennisa, A. (2015). Hubungan Persepsi Perhatian dan Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri di Magelang. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Sarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Singarimbun, M. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Siska, EM., Susilaningsih, & Nurhasan, H. (2013). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Presatsi Belajar Siswa SMA Negeri Jumapolo. JUPE, 1 (3), 1-13.
Slamet, etc. 2017, The Implementation of Multicultural Values in The Education Institution, Journal of Education Development, 5(1).
Sudjana. (2012). Metoda Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sutama, S. (2013). Psikologi Pendidikan. Bandung: Vrama Widya.
Wika, MS. & Suparman. (2013). Pengaruh Perhatian orang Tua, Pergaulan Siswa, dan Bimbingaj Belajar di Sekolah terhadap Ketentuan Belajar Siswa Kelas XI-TGB SMK Negeri 1 Seyegan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, 1-4.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v6i2.3876
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sekretariat Jurnal:
Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.