PENGARUH KEMANDIRIAN DALAM BELAJAR DENGAN PERESTASI BELAJAR DAN PERANSERTA DALAM TUGAS KELUARGA
(1) Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Uniska MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author
Sari
Ada tiga tujuan utama dari pendidikan dasar, yakni (1) mempersiapkan peserta didik bagi perannya di masa yang akan dating, (2) mengembangkan sika, pengetahuan dan keterampilan dasar yang diperlukan untuk tugas keluarga dan masyarakat, dan (3) memenuhi persyaratan melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Untuk mewujudkan ketiga tujuan tersebut di Sekolah Dasar (SD) diberlakukan kurikulum yang salah satu azas pelaksanaannya adalah azas kemandirian dalam belajar. Sesuai dengan azas tersebut, dalam penelitian ini dikaji tentang pengaruh antara kemandirian dalam belajar dengan prstasi belajar dan peran serta dalam tugas keluarga. Populasi penelitian ini adalah murid Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Lowokwaru Kota Malang yang bejumlah 1629 orangs Sedangkan sampel ditetapkan dengan tehnk proporsional area random sampling sebanyak 159 orang. Dari hasil analisis dengan tehnik regresi simultan disimpulkan bahwa tingkat kemdirian dalam belajar berpengarih positif dengan tingkat prestasi belajar dan peranserta dalam tugas keluarga.
Referensi
Barry, JW, Portingo Y.P, Segal M.H. Dasen P.R., 1999. Psikologi Lintas Budaya (terjemah Edy Suhardono) Jakarta Gramedia.
Biggs, J.B.1984. Individual and Group Differences Institute Unpublished Manuscript, Depdikbud/UNDP/World Bank.
Dimyati dan Mudjiono, 1999. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta.
Dirjen Dikdasmen Depdikbud RI 1996. Pedoman Pengelolaan SD, Armas Data Jaya, Jakarta.
Hurlock, E.B., 1999, Psikologi Perkembangan, Terjemahan Iswidaayanti, Jakarta , 1982: Glora Aksara Pratama.
Kartono, K. 1982. Psikologi Anak, Bandung, Alumni.
Kadark, W. 1993. Kemampuan Belajar Mandiri dan Faktor-Faktor Psikologi Sosial yang Mempengaruhinya, Jakarta : Universitas terbuka.
Lugo, J.O. dan Harshey, G.L. : Collier Mac Milan. 1989, An Approach to Research on Distance Learning.J.OF. Ed Tech, 20, 173-182.
Masrun, M. Haryanto F.R, Harjito, P.U., M.S. Bawani, A. Aritonang, L. Sucipto
Helly, 1986. Studi Mengenai Kemandirian Pada Penduduk Suku Jawa, Batak, Bugis. Laporan Penelitian, Kantor Menteri Negara KLH, Jakarta, Fakultas Psikologi Universitas Gajah mada.
Monk, F.J, Knoer, A.M.P. dan Haditono, S.R., 1989, Psikologi Perkembangan, Yogyakarta; Gajah Mada University Pers.
Mustafa, F. 1982, Penyesuaian diri, Pengertian dan Perannya Dalam Kesehatan Mental, Jakartaa, Bulan Bintang.
Park, G dan Scott, B.C.E. 1972, Learning Strategis and Individual Competence dalam International Jurnal of Man-Machine studi, 4 (3), 217-253.
Soesilaindradini, 1990, Psikologi Perkembangan, Surabaya : Usaha Naasional.
Tirtaraharja, U dan La Sulo, 1994, Pengantar Pendidikan, Jakarta, Dirjen Dikti Depdikbud.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v1i2.366
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sekretariat Jurnal:
Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.