NILAI DAN NORMA SOSIAL DALAM PROSES DAN HASIL BELAJAR

Didi Susanto(1*)

(1) Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Uniska MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Nilai dan norma akan menunjukan sebuah karakter nilai yang tidak akan pernah bergeser jika menjadi satu keatuan dengan evaluasi hasil belajar, jika implikasi di lapangan sesuai dengan tujuan apa yang akan dicapai maka didalam diri setiap individu yang berpendidikan akan berbeda cara hidupnya di dalam masyarakat, perbedaaan itu terletak pada bagaimana pergaulannya sehari-hari yang tergambar dari sikap, sifat dan selalu menjunjung tinggi adab yang mencerminkan kepribadian yang telah tertanam dalam bentuk karakter diri yang baik. nilai dan norma sosial merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain, norma menjadi acuan yang absolud ketika nilai menjadi ukuran sebuah prilaku dan sifat yang telah membudaya dimasyarakat di masa lalu, di sekolah diharapkan guru memberikan siswa tugas untuk diselasaikan (lingkungan mempengaruhi kognisi, yang kemudian mempengaruhi perilaku). Ketika siswa mengerjakan tugas yang diberikan, mereka yakin mereka mengerjakannya dengan baik (perilaku mempengaruhi kognisi).


Referensi


Mustari, Muhammad, (2011) Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan Karakter, Yogyakarta, LaksBang PRESindo

Susanto, Ahmad, (2014) Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar, Jakarta, Kencana

Susanto, Ahmad, (2014) Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar, Jakarta, Kencana

Schunk, Dale H, (2012) Learning Theories an Educational Perspective (teori-teori pembelajaran perspektif pendidikan), Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Ardiwinata & Hufad, (2007) Sosiologi Antropologi Pendidikan, Bandung, UPI PRESS

Poedjiadi, Anna, (2007) Sains tehnologi Masyarakat Model Pembelajaran Kontekstual dan Bermuatan Nilai, Bandung, Remaja Rosdakarya

Poedjiadi, Anna, (2007) Sains tehnologi Masyarakat Model Pembelajaran Kontekstual dan Bermuatan Nilai, Bandung, Remaja Rosdakarya

Muslich, Masnur, (2014) Pedidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multideminsional, Jakarta, Bumi Aksara

Lickona, Thomas, (2012) Educating for Character, Jakarta, Bumi Aksara

Zakiyah & Rusdiana (2014) Pendidikan Nilai Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung Pustaka Setia

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Nilai%20dan%20Norma_0.pdf dwonload hari minggu, 24 Mei 2015)




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v1i2.363

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.