HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN MINAT SISWA MENGIKUTI KONSELING INDIVIDU DI KELAS VII B DAN D SMPN 15 BANJARMASIN

Khairunnisa Khairunnisa(1*), Muhammad Yuliansyah(2), Aminah Aminah(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap bimbingan dan konseling dengan minat siswa mengikuti layanan konseling individu di kelas VII B dan D SMPN 15 Banjarmasin. Latar belakang penelitian ini adalah adanya berbagai macam pandangan atau persepsi siswa terhadap BK di sekolah sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi minat siswa mengikuti layanan konseling individu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional dengan menggunakan teknik analisis Pearson Product Moment pada program SPSS 26. Sampel yang di gunakan ada 52 orang dari jumlah populasi 60 orang siswa VII B dan VII D dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpul data menggunakan dua buah skala likert melalui kuesioner yang di sebar kepada siswa melalui link WhatsApp. Uji validitas kuesioner menggunakan Pearson Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi siswa terhadap bimbingan dan konseling dengan minat siswa mengikuti layanan konseling individu pada kelas VII B dan VII D SMPN 15 Banjarmasin dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05 dan pearson correlation 0,448 > rtabel pada taraf 5% 0,273. Dengan demikian, hipotesis H1 di terima. Sehingga berarti bahwa persepsi siswa terhadap bimbingan dan konseling memiliki hubungan dengan minat siswa mengikuti layanan konseling individu.

__________________________________________________________________

The purpose pf this study was to determine the relationship between students perceptions of guidance and counseling with student interest in participating in individual counseling services in class VII B and D SMPN 15 Banjarmasin. The background of this research is the existence of a variety of views or perceptions of students towards BK in school so that it affects student interest in participating in individual counseling. This research is a quantitative design using pearson product moment analysis techniques in the SPSS 26 program. The sample used was 52 people from a population of 60 students of class VII B and D with simple random sampling technique. The data collection technique used two Likert scales through a questionnaire distributed to student via the WhatsApp Link. The questionnaire validation and the reliability test uses Cronbach Alpha. The results showed that there was a significant positive relationship between student perception of guidance and counseling with student interest in participating in individual counseling services in class VII B and VII D of SMPN 15 Banjarmasin with a significant value 0f 0,001 < 0,05 and pearson correlation 0,448 > rtable at 5% level 0,273. Thus, the H1 hypothesis is accepted. So that means that student perceptions of guidance and counseling have a relationship with the interests of student following individual counseling services.


Kata Kunci


Persepsi siswa; Minat Siswa; Konseling Individu

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwi, I. (2015). Kriteria Empirik Dalam Menentukan Ukuran Sampel Pada Pengujian Hipotesis Statistika dan Analisis Butir. Jurnal Formatif, 2 (2), 140-148

Ardiwita. (2014). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Layanan Konseling Individual Dengan Minat Berkonseling Pada Siswa SMKN 1 Kota Bengkulu. Skripsi, Universitas Bengkulu. Di akses dari : http://repository.unib.ac.id/8360/2/I%2CII%2CIII%2CII-14-arw.FK.pdf.

Azariya, I,. Soesilo, T.D., & Setyorini. (2020). Hubungan Antara Perkembangan Moral Dengan Perilaku Prososial Siswa Kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 1 Tengaran. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 6 (1), 68-73

Bahri, A.N. (2018). Hubungan Persepsi Tentang Guru BK dengan Minat Berkonsultasi pada SMK Negeri 7 Medan. Skripsi, Universitas Medan Area. Di akses dari : http://repository.uma.ac.id/bitstream/123456789/9818/1/Annisa%20Nur%20Bahri%20-%20Fulltext.pdf

Barokah, H.A. (2017). Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru BK dengan Kepercayaan Melakukan Konseling Individual. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 3 (8), 429 – 441

Istiati, R. (2013). Korelasi Antara Kepribadian Konselor Dengan Minat Siswa Mengikuti Layanan Konseling Individu di SMA Negeri 1 Kendal Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi, Universitas Negeri Semarang. Di akses dari: https://lib.unnes.ac.id/17178/1/1301406520.pdf

Kurniati, W. (2016). Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kinerja Guru BK Dengan Minat Mengikuti Layanan Konseling Individu Pada Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Universitas Negeri Semarang. Di akses dari : https://lib.unnes.ac.id/28765/1/1301412002.pdf

Masfufah, L. (2013). Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Layanan Konseling Individu dan Kinerja Konselor Dengan Motivasi Siswa dalam Melanjutkan Hubungan Konseling Individu. Jurnal BK UNESA, 01 (01), 200 – 207

Putri, S.O.D.A., Marsiwi, D., & Ulfah, I.F. (2018). Penekaan Anggaran, Kapasitas Individu dan Group Cohesiveness Terhadap Kecenderungan Menciptakan Budgatary Pada Organisasi Sektor Publik (Studi Empiris Pada Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Wonogiri). Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 2 (1), 56 – 66

Rachmadhani, D.P. (2016). Studi Deskriptif Persepsi Peserta Didik terhadap Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pelaksanaan Layanan Konseling Individual. Psikopedagogia, 5 (1), 57-65

Romadhan, A.F. (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Dan Motivasi Memafaatkan Layanan Bimbingan dan Konseling Pada Siswa SMA Negeri 10 Yogyakarta. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta. Di akses dari: https://core.ac.uk/download/pdf/78034759.pdf

Sari, R.H., & Laily, N. (2011). Hubungan Antara Kecenderungan Persepsi Terhadap Guru BK Dengan Tingkat Minat Konsultasi Pada Siswa Kelas X SMK PGRI 1 Gresik. Jurnal Psikosains, 3 (2), 1 – 12

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Wahyuni, T. (2011). Hubungan Antara Persepsi Tentang Layanan Bimbingan Konseling dan Minat Berkonsultasi Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Pekanbaru. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru. Di akses dari : http://repository.uin-suska.ac.id/518/1/2011_2011836.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v6i2.3265

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.