PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN ETIKA BERWIRAUSAHA

Iin Nurbudiyani(1*), Arna Purtina(2), Rita Rahmaniati(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
(2) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
(3) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Langkah-langkah menanamkan nilai pendidikan karakter terhadap peserta didik; 2) Pelaksanaan pendidikan karakter dalam etika wirausaha (praktik kewirausahaan).  Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Subjek Penelitian ini adalahkepala sekolah, Guru dan Peserta didik.Adapun prosedur penelitian ini yaitu: (1) Melakukan studi pendahuluan ke lokasi penelitian yaitu SMA Muhammadiyah Palangkaraya; (2) Menyusun instrumen penelitian; (3) Merancang prosedur pengambilan data;  (4) Pelaksanaan; dan 5) Analisis data. Teknik pengumpulan data melalui  wawancara tidak terstuktur, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif melalui reduksi data, penyajian data (display data), verifikasi dan  simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)  Langkah-langkah menanamkan nilai pendidikan karakter pada peserta didik terdiri dari beberapa tahapan; mulai dari perencanaan guru menyusun Rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang menarik dengan meintegrasikan nilai-nilai karakterdan evaluasi pembelajaran untuk mengukur dan melihat sejauhmana pendidikan karakter tersebut diterapkan dalam etika wirausaha; 2) Pelaksanaan pendidikan karakter dalam etika wirausaha di SMA Muhammadiyah 1 Palangkarayadengan menanamkan karakter disiplin, jujur, kreativitas, ulet, dan komunikatif secara umum dengan kategori baik, yang ditunjukkan: (a) Kegiatan praktikpenjualan langsung dengan kategori cukup baik; (b) Kegiatan praktik kewirausaan kelompok dengan kategori baik; (c) Penggunaan poster untuk meningkatkan gairah berwirausaha dengan kategori baik; (d) Pemberian reward bagi peserta didik maupun guru mendapatkan respon positif.

___________________________________________________________________

 

This study aims to determine the: 1) Steps to instill the value of character education in students and to find out how to; 2) Implement character education in entrepreneurial ethics (entrepreneurial practice). This research was conducted using qualitative methods. The subjects of this study were teachers and students. The procedures for this research are: (1) Conducting a preliminary study to the research location, namely SMA Muhammadiyah Palangkaraya; (2) Develop research instruments; (3) Design data collection procedures; 4) Implementation; and (5) Analysis data collection techniques through unstructured interviews, observation, questionnaires and documentation. The data obtained were analyzed using qualitative descriptive through data reduction, data presentation (data display), verification and conclusions. The results showed that: 1) The steps to instill the value of character education in students consisted of several stages; starting from teacher planning in compiling entrepreneurial learning plans, implementing interesting learning by integrating character values, as well as conducting and evaluating to measure and see to what extent character education is well implemented by students; 2) Implementation of character education in entrepreneurial ethics at SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya by instilling disciplined, honest, creative, tenacious, and communicative characters. The results of the implementation of character education: (a) Direct selling practice activities in a fairly good category; (b) Entrepreneurship practice activities with good categories; (c) The use of posters to increase entrepreneurial enthusiasm with good categories; (d) Giving rewards to students and teachers getting a positive response.


Kata Kunci


Pendidikan; Pendidikan Karakter; Etika Wirausaha

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achfoedz, M. dan Machfoedz, M. (2004). Kewirausahaan Suatu Pendekatan Kontemporer. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Davidson, M., Lickona, T., Khmelkov, V. (2007). Smart & Good Schools: A New Paradigm for High School Character Education. Artikel Online, diakses dari: http://www2.cortland.edu/dotAsset/255920.pdf

Izedonmi, P.F., Okafor, C. (2010). The Effect Of Entrepreneurship Education On Students’ Entrepreneurial Intentions. Global Journal of Management and Business Research, 10, 49 – 60.

Joko S. (2003). Pengembangan Pendidikan Berwawasan Kewirausahaan Sejak Usia Dini. Bandung: IPB.

Kasmir. (2008). Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Lickona, T. (2013). Character Matters Persoalan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurbudiyani, I. (2019). Model Pembelajaran Kewirausahaan Dengan Media Koperasi Sekolah di SMK Kelompok Bisnis dan Manajemen Kota

Soemanto, W. (2002). Pendidikan Wiraswasta. Jakarta: Bumi Aksara.

Subadi, T., Khotimah, R.P., Sutarni, S. (2013). A Lesson Study as a Development Model of Professional Teachers. International Journal of Education, 5 (2), 102-144

Sutama. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Kartasura: Fairuz Media.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor. 20 Tahun 2003 Sikdiknas (Sistem Pendidikan Nasional). Jakarta: Fokusmedia. 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v6i2.3166

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.