HUBUNGAN ANTARA PERKEMBANGAN MORAL DENGAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS X REKAYASA PERANGKAT LUNAK SMK NEGERI 1 TENGARAN

Ivan Azariya(1*), Tritjahjo Danny Soesilo(2), Setyorini Setyorini(3)

(1) Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
(2) Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP-Universitas Kristen Satya Wacana, Jl. Diponegoro 52-60 Salatiga 50711, Jawa Tengah -Indonesia
(3) Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP-Universitas Kristen Satya Wacana, Jl. Diponegoro 52-60 Salatiga 50711, Jawa Tengah -Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara perkembangan moral dengan perilaku prososial. Teknik sampling didalam penelitian ini menggunakan Teknik total sampling. Pengambilan datanya dengan cara langsung membagikan skala kepada semua siswa. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 1 Tengaran Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 129 siswa. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan teknik korelasi kendall tau b. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara perkembangan moral dengan perilaku prososial siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 1 Tengaran Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan koefisien korelasir = 0.291 dan p = 0.001 < 0.01. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. Hal ini berarti bahwa perkembangan moral memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku prososial siswa SMK Negeri 1 Tengaran.

 _________________________________________________________

This study aims to determine the significance of the relationship between moral development and prosocial behavior. The subjects of this study were all grade X students of Software Engineering at State Vocational School 1 Tengaran in the 2019/2020 Academic Year totaling 129 students. This type of research is correlational research with the Kendall tau correlation technique b. The results showed that there was a significant relationship between moral development and prosocial behavior of the tenth grade students of Software Engineering at State Vocational High School 1 in 2019/2020 Academic Year with correlation coefficient = 0.291 and p = 0.001 <0.01. That is, the higher the level of moral development, the higher the level of prosocial behavior, or conversely the lower the level of moral development, the lower the level of social behavior.


Kata Kunci


Perilaku Prososial; Perkembangan Moral; Siswa SMK

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amzori, M.A. (2014). Pengaruh Perkembangan Moral terhadap Agresivitas pada Santri Pondok Pesantren Anwarul Huda Malang. Tidak Diterbitkan. Malang: Fakultas Psikologi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Aridhona, J. (2017). Hubungan Perilaku Prososial dan Religiusitas dengan Moralpada Remaja. Jurnal Psikologi Perseptual, 2 (1).

Azwar, S. (2000). Reliabilitas Dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Baron, & Byrne. (2003). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Desmita. (2015). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Eisenberg,. N,. & Mussen,. P.H. (1989). The roots of prosocial behavior in children.Cambridge University Press. Cambridge.

Elistantia, R., dkk. (2018). Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dengan Perilaku Prososial. Jurnal Bimbingan Konseling, 6 (1).

Etik S.N. (2016). Hubungan antara Perkembangan Moral dengan Perilaku Prososial pada Remaja. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiah Malang.

Fabes, R. A., & Eisenberg, N. (1998). Meta-analyses of age and sex defferences in children’s and adolescents’ prococial behavior. Research Scientist Development. 3,129.

Faturochman. (2006). Pengantar Psikologi Sosial. Yogyakarta : Penerbit Pustaka.

Gerungan, W. A. (2004). Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Kohlberg, L. (1995). Tahap-tahap Perkembangan Moral. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Kusumastuti, Rr.A. (2017). Hubungan antara Perkembangan Moral dengan Perilaku Prososial pada Dewasa Awal. Sarjana Thesis. Malang: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Brawijaya.

Lestari, D., & Partini. (2015). Hubungan antara Penalaran Moral dengan Perilaku Prososial pada Remaja. Jurnal Indigenous, 13(2).

Maharani, L. (2014). Perkembangan Moral pada Anak. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2).

Santrock, J.W. 2011. Life span development. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Soesilo, T.D. (2018). Penelitian Inferensial dalam Bidang Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Waty, A. (2017). Hubungan Interaksi Sosial dengan Perkembangan Moral pada Remaja di SMA UISU Medan. Jurnal Psikologi Konseling. Vol 10, no 1.

Yuli A., Gusti dan Magaretha. (2010). Perilaku Prososial Ditinjau dari Empati. Dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi, 2 (1).

Yusuf, S. (2002). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yusuf, S. (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v6i1.2714

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.