MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF-CONCEPT TERHADAP SISWA PERINGKAT AKHIR KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BANJARMASIN

Muzdalifah Muzdalifah(1*), Kasypul Anwar(2), Nurmiati Nurmiati(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1)motivasi belajar siswa peringkat akhir kelas VIII di SMP Negeri 1 Banjarmasin sebelum diberikan layanan (2)motivasi belajar siswa peringkat akhir kelas VIII di SMP Negeri 1 Banjarmasin sesudah diberikan layanan (3)efektivitas layanan konseling kelompok teknik self concept untuk meningkatkan motivasi belajar siswa peringkat akhir kelas VIII di SMP Negeri 1 Banjarmasin. Penelitian kuantitatif ini bersifat eksperimen, one group pretest-posstest design dengan purposive sampling yaitu 8 siswa peringkat akhir. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan angket motivasi belajar. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa peringkat akhir kelas VIII di SMP Negeri 1 Banjarmasin sebelum diberikan layanan berada dalam kategori rendah dengan skor rata-rata 127,75 (2) motivasi belajar siswa peringkat akhir kelas VIII di SMP Negeri 1 Banjarmasin sesudah diberikan layanan berada dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 177,8 (3)layanan konseling kelompok teknik self concept untuk meningkatkan motivasi belajar siswa peringkat akhir kelas VIII di SMP Negeri 1 Banjarmasin adalah efektif, dilihat dari perbedaan selisih rata-rata sebesar 51,25. Uji wilcoxon juga menunjukkan nilai Z sebesar -2.521 dengan pvalue (Asymp Sig 2 tailed) 0,012 dimana kurang dari batas kritis penelitian =0,05 yang berarti Ha diterima dan terdapat perbedaan bermakna antara pretest-posttest.

_______________________________________________________________


This study aims to find out: (1) students' learning motivation in the final grade VIII class at SMP Negeri 1 Banjarmasin before being given a service (2) student learning motivation in the final class VIII grade at SMP Negeri 1 Banjarmasin after being given services (3) the effectiveness of technical group counseling services self-concept to improve student motivation in the final grade VIII grade at SMP Negeri 1 Banjarmasin. This quantitative research is experimental, one group pretest-posstest design with purposive sampling that is 8 students ranked last. The data collection method uses observation and learning motivation questionnaire. Data analysis using descriptive statistics and Wilcoxon test. The results showed that: (1) the learning motivation of students in the final grade VIII at SMP Negeri 1 Banjarmasin before being given services was in the low category with an average score of 127.75 (2) the learning motivation of students at the end of class VIII in SMP Negeri 1 Banjarmasin after being given a service that is in the high category with an average score of 177.8 (3) self-concept technique group counseling services to increase students' learning motivation in the final grade VIII grade at SMP Negeri 1 Banjarmasin is effective, seen from the difference in the average of 51 25 years old. Wilcoxon test also showed a Z value of -2.521 with pvalue (Asymp Sig 2 tailed) 0.012 which is less than the critical limit of research a = 0.05 which means Ha is accepted and there are significant differences between pretest-posttest.



Kata Kunci


Motivasi; Konsep Diri; Siswa Peringkat Akhir

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alvin, H. (1999). Gaya Kelekatan dan Konsep Diri. Jurnal Psikologi, 1, 7-9.

Alwisol. (2014). Psikologi Kepribadian Edisi revisi. Malang: UMM Press.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. jakarta: Rineka Cipta.

Burns. (2002). Konsep Diri (Teori Pengukuran, Perkembangan dan Perilaku). Jakarta: Arcan.

D.K, S. (2008). Pengantar Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Rineka Cipta.

Dariyo. (n.d.). Psikologi Perkembangan. 2007.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosakarya.

Dimiyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Farasti, S., & Rangka, I. B. (2016). Prosedur Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Bandung: Mujahid Press.

Fitri, E., Neviyarni, & Ifdil. (2016). EWfektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Metode Blended Learning untuk Meningjatkan Motivasi Belajar. Psikologi Pendidikan dan Konseling, 2, 84-92.

Hamzah, U. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Hardini, I., & Puspitasari, d. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia.

Khotimah, R. H., Radjah, C. L., & Handarini, D. M. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik, Harga Diri dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMP Negeri di Kota Malang. Kajian Bimbingan dan Konseling, 1, 60-67.

Komalasari, G., Wahyuni, E., & Karsih. (2016). Teori dan teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.

Lubis, N. L., & Hasnida. (2016). Konseling Kelompok. Jakarta: Kencana.

Muslikh, M. (2011). Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Konseling. Padang: UNP Profesi Konselor.

Prayitno, & Amti, E. (1994). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahman, A. A. (2013). Psikologi Sosial Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empiris. Jakarta: Empirik.

Ridwan. (2008). Belajar Mudah untuk Guru, Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, A. (2012). Interaksi dan Motiasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sobur, A. (2000). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Soemanto, W. (1998). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2004). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Surna, I. N., & Olga D, P. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Syah, M. (1999). Psikolgi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Thalib, S. B. (2010). Psikologi Pendididkan Berbasis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo.

Wilis S.S. (2007). Remaja dan Permasalahannya. Bandung: Alfabeta.

Willis S, S. (2007). Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v7i1.2206

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.