LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEJUJURAN SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 17 BANJARMASIN

Mahfuzhatun Nisa, Kasypul Anwar, Nurul Auliah

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya siswa kelas VII A yang berperilaku tidak jujur, baik kepada guru maupun terhadap sesama siswa, seperti berbohong, mencontek, dan tidak membaca saat literasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kejujuran siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dan untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam meningkatkan kejujuran siswa. Metode penelitian kuantitatif dengan desain experiment one group pretest and posttest. Populasi sebanyak 29 orang dan sampel sebanyak 8 orang. Hasil penelitian skor siswa sebelum diberikan layanan berada dalam kategori rendah dan setelah diberikan layanan berada dalam kategori sedang. Hasil uji hipotesis sig 0,05 > 0.012, jadi Ha diterima dan Ho ditolak maka layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan kejujuran siswa kelas VII A SMP Negeri 17 Banjarmasin. Saran bagi guru BK untuk menerapkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam sesi pembelajaran. Bagi siswa dapat membudayakan kejujuran dalam kehidupan. Bagi peneliti selanjutnya untuk dapat menggunakan waktu dengan baik.

________________________________________________________

 

This research is motivated by the existence of class VII A students who behave dishonestly, both to the teacher and to fellow students, such as lying, cheating, and not reading during literacy. to find out the effectiveness of group guidance services with sociodrama techniques in improving student honesty. Quantitative research methods with one group pretest and posttest experimental design. The population is 29 people and the sample is 8 people. The results of the study scores of students before being given services are in the low category and after being given services are in the medium category. Hypothesis test results sig 0.05> 0.012, so Ha is accepted and Ho is rejected, the group guidance service is effective in improving the fairness of Grade VII A students of SMP Negeri 17 Banjarmasin. Suggestions for BK teachers to implement group guidance services with sociodrama techniques in learning sessions. For students to be able to cultivate honesty in life. For future researchers to be able to use time well.


Kata Kunci


Kejujuran, Bimbingan Kelompok<

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baharudin, Y. H. (2016). Konseling Kelompok Berbasis Nilai-Nilai Islam untuk Meningkatkan Kejujuran Siswa (Studi Eksperimen di SMP-IT Masjid SyuhadaYogyakarta),Skripsi.

Bingah, M. (2015). Upaya Meningkatkan Perilaku Prososial melalui Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas VII C SMPN 3 Ngadirojo Kab.Pacitan,Skripsi.

Dinata, M. H. (2016). Efektifitas Sosiodrama dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Peserta Didik Kelas X Semsester Genap SMA Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi. 29.

Eriana. (2018). Upaya Mengeksplorasi Karir Melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok di MAN 2 Barito Kuala, Skripsi.14-18.

Herwanto, R. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019, Skripsi.

Jannah, N. (2015). Pelaksanaan Kegiatan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Rantau, Jurnal Mahasiswa BK An-Nur. 1.1. 43

Kurnia, A. D. (2014). Implementasi Nilai Kejujuran di Sekolah Dasar Negeri 5 Kotagede Yogyakarta, Skripsi.

Malik, A. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Kejujuran melalui Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X di MAN Bangil Pasuruan, Skripsi.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ungusari, E. (2015). Kejujuran dan Ketidakjujuran Akademik pada Siswa SMA yang Berbasis Agama, Skripsi. 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v5i2.2184

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun akademik anda terhubung dengan:

          

 

Didedikasikan untuk:

                      

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.