TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI SEKOLAH SMPN 3 BANJARBARU DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

Illiyyina Illiyyina, Farial Farial, Eka Sri Handayani

Sari


Akhlak memiliki kedudukan penting dalam perkembangan perilaku siswa zaman sekarang, kepintaran siswa harus memiliki kedudukan yang seimbang dengan akhlak yang dimilikinya, sebab di masa sekarang kepintaran tidak menjamin apapun jika tidak diikuti dengan akhlak yang terpuji atau Akhlakul karimah, Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan akhlakul karimah siswa VIII F SMPN 3 Banjarbaru dengan teknik modeling dalam layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini adalah penelitian esperimen yaitu pre-eksperimental design one-group pretest dan post-test dengan sampel 8 siswa yang memiliki skor terendah untuk diberikan perlakukan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling. Berdasarkan hasil penelitian tingkat Akhlakul Karimah siswa kelas VIII F SMPN 3 Banjarbaru sebelum diberikan teknik modeling dalam penggunaan layanan bimbingan kelompok rata-rata skornya adalah 319,125 (73,125) dan sesudah diberikan teknik modeling dalamm penggunaan layanan bimbingan kelompok maka diketahui hasilnya ada;ah sebanyak rata-rata 339,5 (77,875). Diharapkan penelitian ini menjadi rujukan kepada guru bimbingan dan konseling untuk meningkatkan akhlakul karimah siswa disekolah dengan teknik modeling dalam layanan bimbingan kelompok. Bagi siswa memberi gambaran akan pentingnya akhlakul karimah disekolah maupun masyarakat agar menjadi referensi kepada penelitian selanjutnya untuk menelitia permasalahan ini.

_________________________________________________________

Morals have an important position in the development of student behavior today, the intelligence of students must have a balanced position with the morals they have, because in this time intelligence does not guarantee anything if it is not followed by praiseworthy morals or moral morals, the purpose of this study is to improve moral morals VIII F students of SMPN 3 Banjarbaru with modeling techniques in group guidance services. This research is an experimental study, namely pre-experimental one-group pretest and post-test design. The results showed that before modeling techniques were used in the use of group guidance services, the average score was 319,125 (73,125) and after modeling techniques were used in the use of group guidance services, it was known that there were an average of 339.5 (77,875). It is hoped that this research will become a reference to the Guidance and Counseling Teachers to improve the morality of the students in schools with modeling techniques in group guidance services. For students, it gives an idea of the importance of moral morals in schools and in the community because of the basic morals of the key faith of success. For students, in order to be a reference to further research to examine this problem


Kata Kunci


Teknik Modeling, Akhlakul Karimah, Bimbingan Kelompok

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar, R (2010). Akhlak Tasawuf. Bandung: CV Pustaka Setia

Damayanti, R., & Aeni, T (2016). Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Mengatasi Perilaku Agresif Pada Peserta Didik SMP Negeri 07 Bandar Lampung. Jurnal Bimbingan dan Konseling 03 (1).

Firdaus (2017). Membentuk Pribadi Berakhlakul Karimah Secara Psikologis. Al-Dzikra XI (1)

Ihsan, U., & Al-Atsari, I (2013). Aktualisasi Akhlak Muslim. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i

Komalsari, G., Wahyuni, E., & Karsih (2018). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks

Sugiyono. (2015). Prosedur Penelitian Pendidikan. Bandung: Afabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v6i1.2159

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.