PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING BERBASIS BIRO (STUDI DESKRIPTIF PADA BIRO KONSELING EDUPOTENSIA FOUNDATION BANDUNG)

Hanna Permata Hanifa, Ratna Kusumaningtyas, Resha Yusmar Arvianto

Sari


Kebutuhan akan manfaat pelayanan BK kian dirasakan masyarakat secara luas. Keberadaan BK di Indonesia memang berawal dari dunia pendidikan. Seiring perkembangannya, organisasi biro penyedia jasa layanan BK mulai bermunculan di tengah masyarakat. Namun tidak semuanya asli berlatar belakang lulusan BK, melainkan dari jurusan Psikologi. Keadaan ini mendorong berdirinya organisasi atau yayasan biro penyedia jasa layanan konseling yaitu Edupotensia Foundation. Edupotensia Foundation memberikan layanan Konseling yang dilakukan langsung oleh konselor profesional dan lulusan BK sendiri. Kegiatan konseling berbasis biro bagi perkembangan dunia konseling di Indonesia menjadi hal baru yang harus terus dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan alat pengumpulan data berupa wawancara mendalam guna mendapatkan informasi secara rinci. Hasil yang didapat melalui penelitian ini adalah pelaksanaan konseling oleh Edupotensia Foundation dilakukan sesuai dengan prinsip, fungsi dan asaz konseling, berfokus pada pendekatan CBT, SFBT dan Life-Choaching. Selain itu, Edupotensia Foundation juga memberikan workshop pengembangan kompetensi konseling dan beragam pelatihan yang sesuai.

_______________________________________________________________

 

The need for benefits from Guidance and Counseling services is increasingly felt by the community at large. The existence of Guidance and Counseling in Indonesia does start from the world of education. Along with its development, the bureau organization of Guidance and Counseling service providers began to appear in the community. However, not all of them are from Guidance and Counseling background, but from the Department of Psychology. This situation encourages the establishment of a bureaus organization or foundation for counseling service providers namely Edupotensia Foundation. Edupotensia Foundation provides Counseling services conducted directly by professional counselors and Guidance and Counseling graduates themselves. Bureau-based counseling activities for the development of the world of counseling in Indonesia are new things that must continue to be developed. This study uses qualitative methods with data collection tools with in-depth interviews to obtain detailed information. The results obtained through this study are that the implementation of counseling by the Edupotensia Foundation is carried out in accordance with the principles, functions and counseling, focusing on the CBT, SFBT and Life-Choaching approaches. In addition, the Edupotensia Foundation also provides counseling competency development workshops and a variety of appropriate training.


Kata Kunci


Layanan Konseling; Berbasis Biro; Luar Sekolah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aminah, Siti, dkk. 2014. Pengembangan Model Program Bimbingan dan Konseling berbasis Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 3 no. 1 hlm 72-75

Karina, Windi. 2015. Studi Komparatif Layanan Bimbingan dan Konseling SMP Stella Duce 1 dan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. SKRIPSI. Universitas Islam Suann Kalijaga Yogyakarta.

Kholili, Ma’rifatin Indah, dkk. 2017. Model Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 6 no 2 hlm 159-166

Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Permendikbud 81 A Tahun 2003 tentang Implementasi Kurikulum

Permendikbud 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling

Prayitno dan Amti E. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling (Cetakan Ke-2). Jakarta : Rineka Cipta.

Rahmawati, Ruchaini Fitri. 2016. Konseling Budaya Pesantren (Studi Deskriptif Terhadap Pelayanan Bimbingan Konseling Bagi Santri Baru). Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Vol7 no 1 hlm 61-84

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan Ke-18). Bandung: Alfabeta

Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wulandari, Betty. 2013. Hambatan Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Se-Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. BK FIP UNNES




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v5i1.1835

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun akademik anda terhubung dengan:

          

 

Didedikasikan untuk:

                      

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.