Penggunaan Base Telegram Dalam Melatih Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar
(1) Universitas Lambung Mangkurat
(2) Universitas Lambung Mangkurat
(3) Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author
Sari
This study explores the impact of rapid technological developments on digital literacy in early childhood, which is an important key in facing change. Research highlights Telegram's role as an increasingly popular communications platform in educational contexts. The use of channels such as @EDUFESS proves their effectiveness in increasing students' digital literacy through information exchange and discussion. Based on the results of a preliminary study at SDN Alalak Utara 1 shows that students' use of gadgets has not been optimized for positive activities, while their literacy level is still low. This is one part that needs to be addressed by the role of guidance and counseling in schools which is also related to the 4 areas of guidance and counseling, namely social, learning, personal and career. The research was conducted using the Action Research approach method which focuses on implementing intervention strategies consisting of planning, implementation, observation, and reflection stages through the use of digital media with research subjects as grade 5 students. The results of the T-Test conducted showed that the use of Base Telegram had an impact which is positive in training students' digital literacy
____________________________________________________________________
Studi ini mengeksplorasi dampak pesatnya perkembangan teknologi terhadap literasi digital pada anak usia dini yang menjadi kunci penting dalam menghadapi perubahan. Penelitian menyoroti peran Telegram sebagai platform komunikasi yang semakin populer dalam konteks pendidikan. Penggunaan channel seperti @EDUFESS membuktikan efektivitasnya dalam meningkatkan literasi digital siswa melalui pertukaran informasi dan diskusi. Berdasar pada hasil studi pendahuluan di SDN Alalak Utara 1 yang menunjukkan bahwa penggunaan gadget oleh siswa belum dioptimalkan untuk kegiatan positif, sementara tingkat literasi mereka masih rendah. Hal ini merupakan salah satu bagian yang perlu dibenahi oleh peran bimbingan dan konseling di sekolah yang juga berhubungan dengan 4 bidang BK yakni sosial, belajar, pribadi dan karir. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan Action Research yang berfokus pada penerapan strategi intervensi yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi melalui pemanfaatan media digital dengan subjek penelitian siswa kelas 5. Hasil dari Uji-T yang dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan Base Telegram memberikan dampak yang positif dalam melatih literasi digital siswa.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adiwijaya, M., & Arianto, I. D. (2023). Curhat Anonimitas Di Media Sosial Melalui Akun Menfess Twitter @S Oleh Remaja Awal Surabaya. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 7053–7065. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1183/892%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative
Angelina, P. R., Dewi, R. S., Hamidah, R. N., & Haerani, N. (2024). Pengembangan Media Angel Path pada Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 10(1), 120. https://doi.org/10.31602/jbkr.v10i1.13997
Bimbingan, D., Di, A., & Negeri, S. M. P. (2019). Al-Isyrof : Jurnal KONSELING. 2(1), 119–134.
Desrinelti, D., Neviyarni, N., & Murni, I. (2021). Perkembangan siswa sekolah dasar: tinjauan dari aspek bahasa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 105. https://doi.org/10.29210/3003910000
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus. CV. Jejak Publisher. https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_penelitian_penelitian_kualita/UVRtDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=action+research+menurut+para+ahli&pg=PA169&printsec=frontcover
Fitriansyah, Fifit, A. (2020). Penggunaan Telegram Sebagai Media Komunikasi Dalam Pembelajaran Online. Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 20(Cakrawala-Jurnal Humaniora), 113. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala
Haryanti, U., Rahim, A., & Taryatman, T. (2022). Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa di Sekolah Dasar Taman Muda Ibu Pawiyatan Kota Yogyakarta. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 8(1), 86–95. https://doi.org/10.30738/sosio.v8i1.11103
Katadata.co.id. (2023). Anak Usia Dini yang Menggunakan HP dan Mengakses Internet di Tahun 2022. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/16/hampir-separuh-anak-usia-dini-sudah-gunakan-hp-dan-mengakses-internet-pada-2022
Katadata. (2024). Most Used Social Media Platform. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/03/01/ini-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-awal-2024
Khoriyatun, S. (2023). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Mengikuti Layanan Bimbingan Dan Konseling Dengan Media Telegram. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(2), 144–152. https://doi.org/10.51878/edutech.v3i2.2358
Lankshear, C., & Knobel, M. (2015). the Creative Commons CC-BY-NC-SA 4.0 License (http:// creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/ Digital Literacy and Digital Literacies: Policy, Pedagogy and Research Considerations for Education. www.idunn.no.
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Pradana, Y. (2018). Atribusi Kewargaan Digital Dalam Literasi Digital. Untirta Civic Education Journal, 3(2), 168–182. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/4524-10551-1-SM.pdf
PUSMENDIK. (2024). AKM Kelas. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/akmkelas/
Putriningtias, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Twitter Autobase @Collegemenfess Sebagai Informasi Perkuliahan Pada Followers [Universitas Nasional]. http://repository.unas.ac.id/6510/
Ramadhan, F., & Wibawa, S. C. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Dengan BOT API Media Sosial Telegram di Akademi Farmasi Surabaya. It-Edu, 2(02), 145–152. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/22520
Sari, F. M. (2017). Maximizing Telegram Application for Teaching Reading. UAD TEFL International Conference, 1, 228. https://doi.org/10.12928/utic.v1.171.2017
Saribekyan, Hayk, & Margvelashvili, A. (2017). Security Analisis of Telegram.
Syafitri, N. K. (2022). Nanda Khaerunnisa Syafitri, 2022 Penggunaan Autobase Twitter Sebagai Sarana Temu Kembali Informasi Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 1–12.
Wijayati, A. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Telegram Terhadap Peningkatan Pengetahuan Keagamaan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v10i2.16726
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sekretariat Jurnal:
Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.