PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK KELAS I SD

Vinda Chairunnisa(1*), M. Fauzi Hasibuan(2)

(1) Universitas Muslim Nusantara Medan
(2) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan kelayakan perangkat pembelajaran bimbingan dan konseling untuk mengoptimalkan perkembangan sosial peserta didik dan juga keterpakaian oleh guru kelas (guru BK/konselor) di SD. Metode penelitian ini dengan menggunakan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian terdiri dari lima orang ahli untuk menguji kelayakan, dan tiga orang guru kelas (guru BK/konselor). Instrument yang digunakan ialah sklala likert, kuisioner dan Focus Group Discussion (FGD). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik nonparametrik. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa perangkat pembelajaran BK ini dapat dimanfaatkan oleh guru kelas untuk membantu guru dalam mengoptimalkan perkembangan sosial peserta didik.

__________________________________________________________


This research aims to formulate guidance and counseling learning toolto optimizing social development of student and describe the level of appalicability used by theacher or counselor. The method used was ADDIE model development. the properness tes was done by five experts and the practicality tes was done by three teacher or counselor. the instrument used were likert scale, questionnaire and Focus Group Discussion (FGD). The data statistic gathered in this research was analyzed by using descriptive statistic analysis and non-parametric statistic analysis. Based on thes results, in general, it was conclueded that the guidance and counseling learning tool's developed was appropriate and could be used to help the teacher to optimizing social development student.


Kata Kunci


Perkembangan Sosial, Perangkat Pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, A., dan Sholeh, M. (2005). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Djmarah, S.B. dan Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hurlock, E. B. (1978). Psikologi Perkembangan Anak. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Molenda, M. (2003). “In Search of the Elusive ADDIE Models”.Jurnal Performance Imnprovement, 42 (3): 34-36

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. 2014. Jakarta: Depdikbud.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidkan Menengah. 2014. Jakarta: Depdikbud.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 tahun 2010, tentang Standar Prosesuntuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.2010. Jakarta: Depdiknas.

Prayitno. (2009). Wawasan Profesional Konseling. Padang: UNP.

Tim Penyusun. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan BK SD. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Trianto. (2011). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yusuf, S. LN. (2014). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v4i2.1660

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.