PENGEMBANGAN MODUL KONSELING KREATIF DALAM BINGKAI MODIFIKASI KOGNITIF PERILAKU UNTUK MENURUNKAN PERILAKU AGRESIF SISWA

Yeni Karneli, Neviyarni Neviyarni, Firman Firman, Yulidar Yulidar

Sari


Tujuan penelitian adalah menganalisis pengembangan modul konseling kreatif dalam bingkai modifikasi kognitif perilaku sebagai upaya untuk  mengurangi perilaku agresif siswa SMP. Penelitian  ini meggunakan Research and Development (R&D) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan survey dan eksperimen dan penelitian kualitatif digunakan untuk mengungkapkan praktikalitas, efektifitas modul  konseling kreatif dalam bingkai modifikasi kognitif perilaku untuk menurunkan perilaku agresif siswa SMP. Kegiatan yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu; (1) menghimpun data berkaitan dengan perilaku agresif dengan menggunakan angket Perilaku Agresif dan informasi pelaksanaan konseling kreatif dalam bingkai modifikasi kognitif perilaku. Setelah itu dirumuskan modul konseling kreatif dalam bingkai modifikasi kognitif perilaku untuk siswa yang mengalami perilaku agresif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) modul konseling kreatif dalam bingkai modifikasi  kognitif perilaku dinilai layak dimanfaatkan guru BK/Konselor untuk menurunkan perilaku agresif siswa SMP, (2) tingkat keterpakaian modul konseling kreatif dalam bingkai modifikasi kognitif perilaku dinilai sangat baik untuk digunakan dalam layanan bimbingan dan konseling. Dengan demikian prototype modul konseling kreatif dalam bingkai modifikasi kognitif perilaku yang dihasilkan dinyatakan layak dan dapat dimanfaatkan oleh guru BK/Konselor untuk membantu menurunkan perilaku agresif siswa SMP.


Kata Kunci


Konseling Kreatif; Kognitif Perilaku; Agresif; Ssiswa SMP

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Beck, A.T. (1976). Cognitive Therapy of Personality Disorder. London: The Guilford Press.

Berkowitz, L. (1995). Agresif: sebab dan akibatnya. Terjemahan Hartatni Woro Susiantri. England: John Wiley & Sons, Ltd.

Bush, J.W. (2003). Cognitive behavioral therapy: the basics. Online. Tersedia: http://cognitivetherapy.com/basics.html, diakses 5 Januari 2018.

Buss, Ah & Perry, M. (2007). The agression questionare. Journal of Personality and Social Psychology.

Firman & Karneli, Yeni. (2017). Pencegahan tindakan kekerasan melalui pengembangan panduan pelaksanaan layanan informasi menggunakan pendekatan problem solving dalam peningkatan kontrol diri siswa SMK Kota Padang.

Firman. (2016). Penanggulangan tindakan kekerasan dan agresivitas remaja Kota Padang. Padang: FIP UNP.

Huesmann, L, R. (1994). Aggresive Behavior Current Perspectives. New York: Plenum Press.

Karneli, Yeni. (2015). Konseling kognitif perilaku untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Padang: tidak diterbitkan.

Kostelecky, K.L., & Lempers, J.D. (2014). The relationship of family, friend, substance use, and dilinquency in rurar older adolescents. Artikel.

Matson, J.L & Ollendick, H.T. (1988). Enhanching children’s social skill: assessment and training. New York: Pergamon Press.

Meichenbaum, D. (2005). Principles and practice of stress management 3rd Edition. Canada: Guilford Press.

Nurani Perempuan Womens Crisis Center (NPWCC). (2017) pendampingan kasus kekerasan. Diakses 20 Januari 2018.

Santrock, J.W. (2007). Adolencence (perkembangan remaja) terjemahan oleh Achmad Chusairi & Juda Damanik (2010). Jakarta: Erlangga.

Sarwono, Sarlito W. (1997). Psikologi sosial. Jakarta: Balai Pustaka.

Sugiarto. (2012). http://www.suaramerdeka. com/vl/index.php/read/news/2012/07/13/12402/Kenakalan-Remaja-di-Indonesia-Sudah-Sangat -Parah. Diakses pada tanggal 21 januari 2018.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Puslitjaknov. (2008). Metode penelitian pengembangan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasioanal.

Yusuf, A. M. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan penelitian gabungan. Padang: UNP Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v6i1.1593

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.