Bimbingan dan Konseling Sekolah di Era Society 5.0: Sebuah Kajian Sistematis

Ammi Prayoga(1*), Budi Purwoko(2), Bakhrudin All Habsy(3)

(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(3) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author

Sari


Entering the era of society 5.0 where the integration between technology and humans is very close. This will also have an impact on the process of providing guidance and counseling services in the school environment.  Guidance and counseling in the era of society 5.0 must be able to adapt to very rapid social developments and changes. Student problems are currently increasingly complex and require guidance and counseling services to be provided, however, the condition of guidance and counseling teachers whose time is limited and the number of teachers is less than proportional is a challenge in itself. Information technology is one alternative that can be used to answer these challenges. Many innovations in the field of guidance and counseling by utilizing information technology have been carried out by BK academics. This journal uses a systematic literature review method in an effort to summarize the innovation of guidance and counseling services in utilizing information technology which is included in the professional competence of guidance and counseling teachers. Guidance and guidance teachers at schools often use social media and the internet. In this regard, it can be used to optimize guidance and counseling services at schools in the era of society 5.0.

 _____________________________________________________________

Memasuki era society 5.0 dimana integrasi antara teknologi dan manusia sangat erat. Hal ini juga akan berdampak pada proses pemberian layanan bimbingan dan konseling di lingkungan persekolahan.  Bimbingan dan konseling pada era sociey 5.0 harus dapat beradaptasi dengan perkembangan dan perubahan sosial yang sangat cepat. Permasalahan siswa pada saat ini semakin komplek dan medesak untuk diberikan layanan BK, namun kondisi Guru BK  yang waktunya terbatas dan jumlah guru yang kurang porposional menjadi tantangan tersendiri. Teknologi informasi menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk menjawab tantangan tersebut. Inovasi dalam bidang bimbingan dan konseling dengan memanfaatkan teknologi informasi sudah banyak dilakukan oleh para akademisi BK. Jurnal ini menggunakan metode systematic literature review dalam upaya merangkuman inovasi layanan BK dalam memanfaatkan teknologi informasi yang tercakup pada kompetensi profesional Guru BK. Guru BK disekolah sudah sering menggunakan sosial media dan internet. Berkaitan dengan hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan layanan BK disekolah pada era society 5.0.


Kata Kunci


Bimbingan dan Konseling, Society 5.0, Kompetensi Profesional

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmed, H. O. K. (2016). Flipped Learning As A New Educational Paradigm: An Analytical Critical Study. European Scientific Journal, ESJ, 12(10), 417. https://doi.org/10.19044/esj.2016.v12n10p417

Ayuni, B. Q., Umaria, S. R., & Putri, A. (2021). Cybercounseling Sebagai Inovasi Konselor Menghadapi Tantangan Disrupsi Pada Era Society 5.0. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 7(2), 100. https://doi.org/10.31602/jbkr.v7i2.5842

Burhani, I. K., Hidayah, N., & Wahyuni, F. (2024). Inovasi Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling Era Society 5.0. G-COUNS: JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING, 8(1), 1–3. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5666

Dewi, T. W. G., Yusmansyah, & Sofia, A. (2017). Faktor Kurangnya Minat Siswa Pada Layanan Bimbingan dan Konseling. Guidance and Counseling, 1, 108–120.

Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2020). Memahami Perkembangan Anak Generasi Alfa Di Era Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 178. https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26235

Hidayah, N. (2020). Aplikasi Cybercounseling Kognitif Perilaku Bagi Guru BK di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2020 PD ABKIN JATIM & UNIPA SBY APLIKASI, 13–30. https://ojs.abkinjatim.org/index.php/ojspdabkin/article/view/13

Irfan, I., Jarkawi, J., & Handayani, E. S. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Perencanaan Karier. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(2), 79–87. https://doi.org/10.36835/jcbkp.v3i2.827

Jalil, M. N. (2021). Pengembangan Aplikasi E-Counseling Sebagai Upaya Meningkatkan Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development, 1(1), 11. https://doi.org/10.26858/ijosc.v1i1.19317

Khomarudin, A. N., Novita, R., & Anita, R. S. (2023). Pengembangan Aplikasi Hybrid Mobile Sosiometri sebagai media pendukung pembelajaran di laboratorium bimbingan konseling. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(3), 339–354. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i3.52232

Nastiti, F., & Abdu, A. (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061

Oktavia Rahayu, D. N., Sundawa, D., & Wiyanarti, E. (2023). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Dalam Membentuk Karakter Masyarakat Global. Visipena, 14(1), 14–28. https://doi.org/10.46244/visipena.v14i1.2035

Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., Shamseer, L., Tetzlaff, J. M., Akl, E. A., Brennan, S. E., Chou, R., Glanville, J., Grimshaw, J. M., Hróbjartsson, A., Lalu, M. M., Li, T., Loder, E. W., Mayo-Wilson, E., McDonald, S., … Moher, D. (2021). The PRISMA 2020 statement: An updated guideline for reporting systematic reviews. The BMJ, 372. https://doi.org/10.1136/bmj.n71

Parhusip, J., Saputra, A., Handika, C., & Parhusip, I. P. (2022). Pengembangan Aplikasi Bimbingan Konseling Pada Smk Negeri 1 Muara Teweh Menggunakan Metode Rapid Application Development (Rad). Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 16(1), 61–72. https://doi.org/10.47111/jti.v16i1.3668

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Republik Indonesia, 1–45.

Permendiknas. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2008 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Konselor. Republik Indonesia, 3(2), 54–67. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi pendidikan menyongsong masa depan indonesia di era society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100.

Rokhyani, E. (2021). Inovasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 20–40. https://www.ojs.abkinjatim.org/index.php/ojspdabkin/article/view/95

Rozak, A., Fathurrochman, I., & Hajja Ristianti, D. (2018). Analisis Pelaksanaan Bimbingan Belajar Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 1, 1–23.

Saphira, R. (2022). Aplikasi Riliv Berbasis Synchronous Sebagai Pelayanan dalam Cyber Counseling di Era Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 47–54. https://www.jurnal.unugha.ac.id/index.php/crm/article/view/483

Setyawati, S. P. (2022). Model Treffinger Dengan Flipped-Classroom : Inovasi Layanan Bimbingan dan Konseling Pasca Pandemi Untuk Menguatkan Kreativitas. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 934–948.

Solkhanuddin, Deswalantri, & Santoso, B. (2020). Upaya Preventif Guru Bimbingan dan Konseling ( BK ) Dalam Membentuk Karakter Siswa di MAN 3 Agam Kubang Putih. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 3(1), 23–29.

Suharmawan, W. (2023). Eksistensi Guru BK di Era Revolusi 5.0. PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 1(1), 83–87. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i1.904

Swandhina, M., & Maulana, R. A. (2022). GENERASI ALPHA : SAATNYA ANAK USIA DINI MELEK DIGITAL Refleksi Proses Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi Sebelas April (JESA), 6(1), 1–9. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa/article/download/10/20

Thalib, A. S. (2021). Pengembangan Media Bimbingan Konseling Permainan Monopoli Truth And Dare Untuk Meningkatkan Self Confidence Pada Peserta Didik. Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development, 1(1), 21. https://doi.org/10.26858/ijosc.v1i1.19319

Yulia, H. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pelaksanaan Cyber Counseling pada Pengguna Aplikasi Replika. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(11), 5321–5328. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/2364

Z, N. E., Syukur, Y., & Ahmad, R. (2023). Profil Konselor Di Era Society 5.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 9734–9746.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v10i1.14982

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.