Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa Korban Bullying: Sebuah Kajian Sistematis
(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author
Sari
The issue of bullying among students necessitates serious attention due to its potential psychological consequences, such as trauma and even depression. Implementing strategies to enhance students' resilience through guidance and counseling services is crucial for mitigating the psychological impacts of bullying. This study aims to explore the implementation of guidance and counseling services that can effectively improve the resilience of students who have been victims of bullying. The research methodology employed is a literature review, analyzing journals available on Google Scholar and Publish or Perish from the years 2017 to 2024. The keywords used to gather information include "student resilience, bullying, guidance and counseling”. The findings of this research identify guidance and counseling services that can serve as references for enhancing the resilience of students affected by the negative consequences of bullying. These findings make a significant contribution to the development of various strategies to assist students in overcoming psychological impacts and bolstering their resilience against the pressures resulting from bullying.
_____________________________________________________________________
Kasus bullying di kalangan siswa memerlukan perhatian serius karena dapat berdampak pada kondisi psikologis seperti trauma bahkan depresi. Strategi untuk meningkatkan kemampuan resiliensi siswa melalui layanan bimbingan dan konseling merupakan hal yang penting dalam mengatasi dampak psikologis akibat bullying. Penelitian ini bertujuan untuk menggali implementasi layanan bimbingan dan konseling yang dapat efektif meningkatkan kemampuan resiliensi siswa yang menjadi korban bullying. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review, dengan meneliti jurnal-jurnal yang terdapat di Google Scholar dan Pusblish or Perish antara tahun 2017-2024. Kata kunci yang digunakan untuk mengeksplorasi informasi yaitu "resiliensi siswa, bullying, bimbingan dan konseling”. Hasil penelitian ini ditemukan layanan bimbingan dan konseling yang dapat digunakan sebagai referensi untuk meningkatkan resiliensi siswa yang mengalami dampak negatif akibat bullying. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam merancang berbagai strategi untuk membantu siswa mengatasi dampak psikologis dan meningkatkan resiliensi siswa terhadap tekanan yang dialami akibat bullying.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adha, A. (2024). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Resiliensi Siswa Korban Bullying. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 6226-6234.
Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649-658.
Ahmad, S. (2017). Pengembangan Modul Bimbingan Pribadi Sosial untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa Korban Bullying di SMK Negeri 2 Kendari (Doctoral dissertation, Pascasarjana).
Akasyah, W., Rias, Y. A., & My, D. T. T. (2023). The influence of coping and social support on resilience among Indonesian adolescents with bullying victimization: Pengaruh koping dan dukungan sosial terhadap resiliensi remaja Indonesia korban bullying. Holistic Nursing Plus, 1(1), 20-29. https://doi.org/10.58439/hnp.v1i1.59
Alwi, S. (2021). Perilaku Bullying Di Kalangan Santri Dayah Terpadu Kota Lhokseumawe.
Ardianti, I., & Al Faqih, M. R. (2017). Pengalaman Remaja Dengan Bulliying Di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Ilmu Kesehatan MAKIA, 5(1), 34-44.
Ayu, N. N., & Saputra, N. E. (2015). The Influence Cognitive B¬ehavioral Therapy To Resilience in Adolescents at Risk. Jambi Medical Journal "Jurnal Kedokteran dan Kesehatan", 3(1). https://doi.org/10.22437/jmj.v3i1.2716
Bahiroh, S. and Madjid, A. (2022). Group guidance model to improve students’ resilience in the covid-19 era. Jurnal Basicedu, 6(3), 5435-5446. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3268
Dewinda, H. R., Fitria, L., & Wijaya, I. (2024). Peningkatan resiliensi pada siswa korban bullying melalui pelatihan dengan menggunakan modul resiliensi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 10(1), 95-102.
Diajeng, H., Indari, I., & Mustriwi, M. (2021). Gambaran Regulasi Emosi Remaja SMK Korban Bullying di SMK Multimedia Tumpang. Nursing Information Journal, 1(1), 25-30.
Dianes, M. (2019). Kecenderungan Perilaku Bullying di SMP N 12 Padang Serta Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).
Emilda, E. (2022). Bullying di pesantren: Jenis, bentuk, faktor, dan upaya pencegahannya. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 198-207.
Fadiah, D. A., Afifah, N. N., Fadillah, R. N., Effendi, R., & Fitria, R. (2023). Perundungan di Kalangan Mahasiswa dapat Menyebabkan Gangguan Psikologis. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 6(2), 29-45.
Farahmand, S., Rad, E. M., & Keshmiri, F. (2022). Exploring the effective elements on the personal and professional development among health-care providers: A qualitative study. Journal of Education and Health Promotion, 11.
Febriana, B., Rochmawati, D. H., Abdurrohim, A., & Farhan, M. (2021). Spiritual-Based Psychoeducation Increase of the Level Resilience of Youth Victims of Bullying. Indonesian Journal of Global Health Research, 3(3), 289-296. https://doi.org/10.37287/ijghr.v3i3.494
Fitri, H. U., Rasmanah, M., Kushendar, K., & Hernisawati, H. (2022). Individual Counseling Client-Centered Approach in Increasing the Resilience of Victims of Bullying. COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education, 7(4), 176-180.
Ghoni, M. A. (2023). Pengembangan Panduan Pelatihan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa SMP Korban Bullying (Doctoral dissertation, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri).
Harahap, W. W. S., Nasution, F., & Ahkas, A. W. (2024). Upaya Meningkatkan Resiliensi Siswa Korban Bullying Melalui Layanan Konseling Individual di SMA Negeri 1 Padang Bolak. Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(1), 70-76.
Hariko, R., Zakaria, N. S., & Susanto, E. (2024). E-Book Development of Group Guidance Model with Use-Bases Sociodrama Technique in Improving Self-Resilience of Students Victims of Bullying. Kurdish Studies, 12(1), 3509-3518.
Harlianda, D., Prayitno, P., & Mudjiran, M. (2020). The Effectiveness of Intelligent Character Education-Group Format (ICE-GF) to Prevent Student Bullying Behavior. Journal of Educational and Learning Studies, 3(1), 64-68.
Harms, P. D., Brady, L., Wood, D., & Silard, A. (2018). Resilience and well-being. Handbook of well-being. Salt Lake City, UT: DEF Publishers.
Hasibuan, R. L., & Wulandari, R. L. H. (2015). Efektivitas rational emotive behavior therapy (REBT) untuk meningkatkan self esteem pada siswa SMP korban bullying. Jurnal Psikologi, 11(2), 103-110.
Hermawan, H., Komalasari, G., & Hanim, W. (2019). Strategi layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan harga diri siswa: sebuah studi pustaka. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(2), 65. https://doi.org/10.26737/jbki.v4i2.924
Humba, E. A., Hastutiningtyas, W. R., & Maemunah, N. (2021). Hubungan Tindakan Bullying Dengan Prestasi Belajar Anak Korban Bullying Di SDN 1 Sumberporong Kecamatan Lawang Kabupaten Malang (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi).
Imaduddin, A. (2017). Spiritualitas dalam konteks konseling. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 1(01), 1-8.
Indri, R. N. (2018). Pengaruh konseling kelompok teknik realita terhadap pengembangan resiliensi siswa korban bullying di smp 1 batang kuis TA 2017/2018 (Doctoral dissertation, UNIMED).
Irmansyah, D., & Apriliawati, A. (2018). Hubungan Dukungan Orangtua dengan Resiliensi Remaja Dalam Menghadapi Perilaku Bullying di SMPN 156 Kramat Pulo Gundul Jakarta Pusat Tahun 2016. Indonesian Journal of Nursing Sciences and Practice, 1(1), 8-17.
Jannah, F. (2018). Efektivitas Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Resiliensi Siswa Terhadap Tindakan Bullying Di Sma Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh.
Javedani, M., Aerabsheybani, H., Ramezani, N., & Aerabsheybani, K. (2017). The Effectiveness of Mindfulness-Based Cognitive Therapy (MBCT) in increasing infertile couples’ resilience and reducing anxiety, stress, and depression. NeuroQuantology, 15(3).
Kumalasari, E. (2023). Melambung Lebih Tinggi: Edukasi Resiliensi untuk Mengatasi Perundungan pada Siswa SMA Kristen Terang Bangsa. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 4953-4959.
Leys, C., Arnal, C., Wollast, R., Rolin, H., Kotsou, I., & Fossion, P. (2020). Perspectives on resilience: personality trait or skill? European journal of trauma & dissociation, 4(2), 100074.
Lubis, Z., & Novia, N. (2019). The Effect of Individual Counseling through Rationale Emotive Behavior Therapy (REBT) approach on the Bullied Students’ Resilience. In 1st International Conference on Education Social Sciences and Humanities (ICESSHum 2019) (pp. 105-110). Atlantis Press.
Mudiantoro, H. Q. and Muhid, A. (2022). Efektivitas layanan bimbingan konseling kelompok dengan teknik self-regulation dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Al-Irsyad, 12(1), 48. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.12195
Muhopilah, P., & Tentama, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bullying. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 1(2), 99.
Mutiasari, H., & Yarni, L. (2023). Fenomena bullying dalam kalangan siswa di SMP Negeri 1 Tara. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 1(1), 72-86.
Narayanan, A., & Betts, L. R. (2014). Bullying behaviors and victimization experiences among adolescent students: The role of resilience. The Journal of genetic psychology, 175(2), 134-146. https://doi.org/10.1080/00221325.2013.834290
Navisa, A., Amalia, A., Setiya, D., Afra, S., & Pinilih, S. S. (2024). Kemampuan Mitigasi Cyberbullying terhadap Resiliensi Remaja. Journal of Educational Innovation and Public Health, 2(1), 201-215.
Oktava, M. A., Mulawarman, M., & Awalya, A. (2022). The Effectiveness of Postmodern Approach Group Counseling: SFBC and Narrative Therapy in Improving Academic Resilience of Bullying Survivors. Jurnal Bimbingan Konseling, 11(3), 189-196. https://doi.org/10.15294/jubk.v11i3.60795
Putri, A. (2020). Meningkatkan Resiliensi Korban Bullying Dengan Pendekatan Solution-Focused Brief Counseling. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 6(1), 37-42.
Rohma, Y. A. (2024). Ekologi Sosial Dalam Resiliensi Korban Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).
Rokhyani, E., Sugiyo, S., & Purwanto, E. (2019, June). Bibliocounseling To Enhance Resilience Of Bullying Victims Students At Junior High School In Nganjuk, East Java. In ISET 2019: Proceedings of the 5th International Conference on Science, Education and Technology, ISET 2019, 29th June 2019, Semarang, Central Java, Indonesia (p. 45). European Alliance for Innovation. http://dx.doi.org/10.4108/eai.29-6-2019.2290513
Rusdayanti, I. G. A. D., Suarni, N. K., Dharsana, I. K., Dantes, N., & Dharmayanti, P. A. (2024). Pengembangan panduan konseling rational emotive behavioral teknik dispute cognitive untuk meningkatkan konsep diri dan resiliensi terhadap kemandirian pada siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 114-124.
Sari, D. I., Wahyudi, A., & Kurniawan, S. J. (2022). Layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningkatkan resiliensi diri siswa korban bullying. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 135-145.
Sinaga, A. D. P., Sinaga, A. C., Simanjorang, B. M., Tarigan, P. L. B., Ibrahim, M., & Perangin-angin, R. B. B. (2023). Pencegahan Dan Upaya Mengatasi Perilaku Perundungan Pada Remaja. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1(4), 235-246.
Sipayung, C. C. I., Nabila, N. A., Evitananda, S., Azizah, S. N., & Kaloeti, D. V. S. (2024). Efektivitas post traumatic growth pada wanita korban kekerasan seksual ditinjau dari resiliensi: systematic literature review. Jurnal Darma Agung, 32(2), 812-822.
Sofyan, F. A., Wulandari, C. A., Liza, L. L., Purnama, L., Wulandari, R., & Maharani, N. (2022). Bentuk Bullying dan Cara Mengatasi Masalah Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(04 Desember), 496-504.
Suranata, K. and Prakoso, B. B. (2020). Program web-based sfbc untuk mereduksi kecemasan akademik siswa saat pandemi covid-19; sebuah pilot studi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 6(2), 47-52. https://doi.org/10.29210/02020609
UNICEF. (2020). Perundungan di Indonesia: Fakta-fakta Kunci, Solusi, dan Rekomendasi. Diakses pada 2 April 2024 dari https://www.unicef.org/indonesia/media/5691/file/Fact%20Sheet%20Perkawinan%20Anak%20di%20Indonesia.pdf
Utami, U. (2021). Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Management untuk Mengatasi Perilaku Bullying di SMAN 01 Abung Tinggi Lampung Utara Tahun Ajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Wahyudi, N. N., Rini, A. P., Rina, A. P., & Pratitis, N. (2023). Psychological well-being korban pelecehan seksual: Menguji peranan resiliensi dan dukungan sosial. INNER: Journal of Psychological Research, 3(2), 312-322.
Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v10i1.14931
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sekretariat Jurnal:
Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.