Pengaruh Coping Mechanism Terhadap Psychological Well-Being Pada Mahasiswa
(1) Universitas Lambung Mangkurat
(2) Universitas Lambung Mangkurat
(3) Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author
Sari
The situation in university raises several problems for students and tends to make it difficult for them to adapt, thus hindering their development as individuals. The more problems there are, the lower the level of students' psychological well-being. This encourages students to carry out strategies to overcome problems, which are called coping mechanisms. This research aims to find out how much influence coping mechanisms have on the psychological well-being of the 2021 class of FKIP ULM students. The research approach uses a quantitative approach with a type of expost-facto research. Data collection tools were the Coping Mechanism Scales questionnaire and Ryff's Scales of Psychological Well-Being. Sampling used simple random sampling with the research sample, namely 310 students from the 2021 class of FKIP ULM. Data analysis techniques use descriptive statistics and simple linear regression. The research results show that students' coping mechanisms are classified as high and students' psychological well-being is classified as moderate. From simple linear regression calculations, the R Square result was 43.8%, which is classified as moderate (sig = 0.001). The influence of coping mechanisms on psychological well-being is very significant, so that the level of psychological well-being of students can be seen from how coping strategies are carried out, because coping mechanisms are said to be quite influential predictors.
___________________________________________________________________
Situasi di perguruan tinggi memunculkan beberapa masalah pada mahasiswa dan cenderung membuat mereka kesulitan dalam menyesuaikan diri, sehingga menghambat pengembangan diri sebagai pribadi. Semakin banyak masalah, maka semakin menurun pula tingkat kesejahteraan psikologis mahasiswa. Hal tersebut mendorong mahasiswa untuk melakukan strategi dalam mengatasi permasalahan, yang disebut dengan coping mechanism. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu seberapa besar pengaruh coping mechanism terhadap psychological well-being pada mahasiswa angkatan 2021 FKIP ULM. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost-facto. Alat pengumpulan data adalah angket Coping Mechanism Scales dan Ryff’s Scales of Psychological Well-Being. Penarikan sampel menggunakan simple random sampling dengan sampel penelitian yaitu mahasiswa angkatan 2021 FKIP ULM sebanyak 310 orang. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa coping mechanism mahasiswa tergolong tinggi dan psychological well-being mahasiswa tergolong sedang. Dari perhitungan regresi linear sederhana didapatkan hasil R Square sebesar 43,8% yang tergolong sedang (sig = 0,001). Pengaruh coping mechanism terhadap psychological well-being sangat signifikan, sehingga tingkat psychological well-being mahasiswa dapat dilihat dari bagaimana strategi coping yang dilakukan, karena coping mechanism disebut sebagai prediktor yang cukup berpengaruh.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alifiando, B. K., Pinilih, S. S., & Amin, M. K. (2022). Gambaran Kecenderungan Perilaku Self-Harm pada Mahasiswa Tingkat Akhir Studi. Jurnal Keperawatan Karya Bhakti, 8(1), 9–15. https://doi.org/10.56186/jkkb.98
Arsyad, M. (2017). Maksimalisasi Fungsi Layanan Bimbingan Konseling Untuk Menciptakan Kesejahteraan Siswa (Student Well-Being) di Sekolah. Jurnal BK FITRAH.
Chai, M. S., & Low, C. S. (2015). Personality, Coping and Stress Among University Students. American Journal of Applied Psychology, 4(3), 33. https://doi.org/10.11648/j.ajap.s.2015040301.16
Diener, E., Suh, E. M., Lucas, R. E., & Smith, H. L. (1999). Subjective Well-Being: Three Decades of Progress. Psychological Bulletin, 125(2), 276–302.
Ferdiawan, R. P., Raharjo, S. T., & Rachim, H. A. (2020). Coping Strategi Pada Mahasiswa yang Bekerja. 7(1), 199–207. www.gajimu.com
Kamaruzzaman, & Sulistiawan, H. (2020). Analisis Pemahaman Mahasiswa Terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi. In Jurnal Pendidikan Sosial (Vol. 7, Issue 2).
Kholisah, H., & Majo, H. K. (2023). Strategi Coping Stres Konselor pada Era New Normal. http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt
Khumayroh. (2023). Pengaruh Ketahanan Akademik Terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi FK ULM Yang Sedang Menyusun Skripsi.
Kurniasari, E., Rusmana, N., & Budiman, N. (2019). Gambaran Umum Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 3(2), 52–58. http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling
Lau, D. K., Agustina, V., & Setiawan, H. (2019). Gambaran Tingkat Ansietas dan Mekanisme Koping Pada Mahasiswa Keperawatan Dalam Menghadapi jian Praktek Laboratorium. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(2), 215. https://doi.org/10.26714/jkj.7.2.2019.217-228
Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, Appraisal, and Coping. Springer .
Mawarpury, M. (2013). Coping Sebagai Prediktor Kesejahteraan Psikologis: Studi Meta Analisis. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v11i1.254
Muhlisa, N., & Aeni, N. (2021). Hubungan Antara Strategi Coping Dengan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran. In PSIMPHONI (Vol. 1, Issue 2).
Nashich, T. M., & Palupi, L. S. (2020). The Relationship between Social Support and the Psychological Well-being of Students Who Work Part-time. E3S Web of Conferences, 202. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202020212024
Putra, A. H., Neviyarni, & Firman. (2023). Bimbingan Dan Konseling di Perguruan Tinggi Pada Era Society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(1), 128–136. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i1.24
Ramadhan, K., Estevani, Entoh, C., & Nurfatimah. (2019). Mekanisme Koping Individu dan Perilaku Bullying Pada Siswa SMA (Vol. 5, Issue 1). http://jurnal.poltekkesmamuju.ac.id/index.php/m
Roslan, S., Ahmad, N., Nabilla, N., & Ghiami, Z. (2017). Psychological Well-Being Among Postgraduate Students.
Ryff, C. D., Dienberg Love, G., Urry, H. L., Muller, D., Rosenkranz, M. A., Friedman, E. M., Davidson, R. J., & Singer, B. (2006). Psychological well-being and ill-being: Do they have distinct or mirrored biological correlates? Psychotherapy and Psychosomatics, 75(2), 85–95. https://doi.org/10.1159/000090892
Ryff, C. D., & Singer, B. H. (2008). Know Thyself and Become What You Are: A Eudaimonic Approach to Psychological Well-Being. Journal of Happiness Studies, 9(1), 13–39. https://doi.org/10.1007/s10902-006-9019-0
Safitri, S. N. (2021). Hubungan Antara Strategi Coping Dengan Psychological Well Being Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Angkatan 2017 Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Saputra, M. R., & Palupi, L. S. (2020). Relationship between Social Support and Psychological Well-Being of the Final Year Students. E3S Web of Conferences, 202. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202020212027
Satryo, M. A., Sofiah, D., & Prasetyo, Y. (2023). Psychological well-being pada karyawan: Menguji peranan kepemimpinan transformasional. INNER: Journal of Psychological Research, 3(1), 88–99.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Umami, I. (2019). Psikologi Remaja.
Utami, M. S. (2012). Religiusitas, Koping Religius, dan Kesejahteraan Subjektif. In JUNI (Vol. 39, Issue 1). PSIKOLOGI.
Wahyuni, E., Nurihsan, J., & Yusuf, S. (2018). Kesejahteraan Mahasiswa: Implikasi Terhadap Program Konseling di Perguruan Tinggi. In Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.21009/insight.071.08
Yuliani, I. (2018). Konsep Psychological Well-Being Serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research, 2(2), 51–56. http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling
Zahara, D. O., Ismail, S., & Nugrahayu, E. Y. (2023). Identifikasi Coping Stress Remaja Yang Tinggal Di Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma Samarinda.
Zhavira, R., & Palupi, L. S. (2022). Academic Hardiness and Psychological Well-Being among University Students (Ketangguhan Akademis dan Kesejahteraan Psikologis pada Mahasiswa). INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 7(2), 145–155. https://doi.org/10.20473/jpkm.v7i22022.145
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v10i1.14769
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sekretariat Jurnal:
Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.