Studi Deskriptif Student Engagement Pada Peserta Didik Kelas VII

Ririanti Rachmayanie Jamain(1), Hendro Yulius Suryo Putro(2), Nor Hidayanti(3*)

(1) Universitas Lambung Mangkurat
(2) Universitas Lambung Mangkurat
(3) Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Sari


Student engagement in learning is very necessary to achieve student success in learning according to the competence and goals of learning and success in school life as seen in behavioral, emotional, and cognitive involvement. There are several problems at SMP Negeri 3 Banjarmasin in students who show student engagement who do not want to be directly involved in teaching and learning activities by leaving the classroom during study time, lack of participation in educational activities.This study aims to analyze the description of student engagement in students towards learning at SMP Negeri 3 Banjarmasin. This research approach uses a qualitative approach to the type of descriptive research. The research subjects amounted to two students through data collection in the form of observation, interviews, and documentation. Data analysis with steps is the Miles and Huberman technique. Based on the results of the study it can be concluded that students have student engagement which is characterized by a lack of attention to learning and no commitment as a student. Suggestions for school principals and subject teachers, as well as counseling teachers in order to improve students who are not committed to student engagement in learning.

_____________________________________________________________________

Keterlibatan siswa dalam pembelajaran sangat diperlukan untuk mencapai keberhasilan siswa dalam belajar sesuai kompetensi dan tujuan pembelajaran serta keberhasilan dalam kehidupan sekolah yang terlihat pada keterlibatan perilaku, emosional, dan kognitif. Terdapat beberapa  permasalahan di SMP Negeri 3 Banjarmasin pada peserta didik yang menunjukkan student engagement yang tidak ingin terlibat langsung dalam kegiatan belajar mengajar dengan cara keluar kelas saat waktu belajar, kurangnya partisipasi dalam kegiatan pembelajaran, dan tidak tekun dalam belajar, serta mudah bosan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran keterlibatan siswa terhadap pembelajaran di SMP Negeri 3 Banjarmasin. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian berjumlah dua orang siswa melalui pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah teknik Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa mempunyai student engagement yang ditandai dengan kurangnya perhatian terhadap pembelajaran dan tidak adanya komitmen sebagai siswa. Saran bagi kepala sekolah dan guru mata pelajaran, serta guru BK agar dapat memperbaiki siswa yang tidak berkomitmen terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

Kata Kunci


Student Engagement, Behavioral Engagement, Emotional Engagement, Cognitive Engagement

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariani, L. (2019). Keterlibatan siswa (student engagement) di sekolah sebagai salah satu upaya peningkatan keberhasilan siswa di sekolah. In Prosiding Seminar Nasional & Call Paper, Banjarmasin , 13, 103–110.

Arlinkasari, F., & Akmal, S. Z. (2017). Hubungan antara school engagement, academic self-efficacy dan academic burnout pada mahasiswa. Humanitas (Jurnal Psikologi), 81–102.

A’yunin, Q. (2020). Hubungan student engagement dengan prestasi akademik siswa MTs Al-Jadid Sidoarjo. Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Aisyi, R.I, Ghurfon. S, Hidayat, dkk. (2020). Gerakan Literasi Sekolah : Pelaksanaan, Hambatan, dan Solusi (Studi Kasus Di SD Ghurfon Faqih Surabaya). Genta Mulia. Volume Xi No. 2. Hlm. 93-105.

Astuti,A.D. & Sri Dewi Lestari. 2020. Teknik Self Management untuk mengurangi perilaku terlambat datang di Sekolah. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(1). 54 – 68

A.Octavia, Shilpy. (2020). Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Sleman: CV Budi Utama

Barkley, E. F., & Major, C. H. (2020). Student Engagement Techniques: second edition: A Handbook For College Faculty. JOSSEY-BASS: A Wiley Brand.

Hariwijaya, M. (2018). Metodologi dan Penulisan Skripsi, Tesis Dan Disertasi Untuk Ilmu Sosial dan Humaniora. Yogyakarta: Parama Ilmu.

INDONESIA, P. R. (2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Jamain, R. R., Putro, H. Y. S., & Sadewa, M. I. (2022). Development of Collaborative Digital Module on Zedemy Platform to Improve Student Engagement. International Journal of Asian Education, 3(3), 197–204.

Junianto, M., Bashori, K., & Hidayah, N. (2021). Gambaran Student Engagement pada Siswa SMA (Studi Kasus pada Siswa MAN 1 Magelang). Insight: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 17(1), 47–57.

Klem, A. M., & Connell, J. P. (2004). Relationships matter: linking teacher support to student engagement and achievement. Journal of School Health, 74(7).

Mamik. (2015). Metodologi Penelitian. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Munirayati, M., Abd, D., & Martunis, M. (2019). Partisipasi siswa dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(2).

Muratama, M. S. (2018). Layanan Konseling Behavioral Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Disiplin Dan Tanggung Jawab Belajar Siswa Di Sekolah. Nusantara of Research : Jurnal HasilHasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(1), 1–8.

Mustika, R. A., & Kusdiyati, S. (2015). Studi Deskriptif Student Engagement pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Pasundan I Bandung. Prosiding Psikologi.

Munir, Mohammad Sirojul (2022) Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SD Budi Luhur Gemah Pedurungan Kota Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

Purwita, H. F., & Tairas, P. M. M. W. (2013). Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Iklim Sekolah dengan. Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 2(1), 2–9.

Reeve, J., Jang, H., Carrell, D., Jeon, S., & Barch, J. (2004). Enhancing students’ engagement by increasing teachers’ autonomy support. Motivation and Emotion, 28(2), 147–169.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Aproach). Yogyakarta: Deepublish.

Simbolon, N. (2014). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Unimed. Elementary School Journal 1 (02), 14-19

Skinner, E. A., Kindermann, Thomas, A., Connell, J. P., & Wellborn, J. G. (2009). Engagement and Disafectionas Organizational Contructs in the Dynamics of Motivation Development. Portland: Portland State University.

Veresova, M., & Dana Mala, D. (2016). Attitude toward School and Learning and Academic Achievement of Adolescents. The European Proceedings of Social & Behavioral Sciences, 870-876. https://doi.org/10.15405/epsbs.2016.11.90

Wahab, Gusnarib & Rosnawati (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Indramayu: Adab.

Yuliza, S. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di MTs Negeri Kota Bengkulu. JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 33–48. https://doi.org/10.58222/jurip.v2i1.249




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v10i1.14743

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.