Pengaruh Konseling Kelompok Pendekatan Realita Terhadap Pengambilan Keputusan Karier
(1) Universitas Islam Jember
(2) Universitas Islam Jember
(3) Universitas Islam Jember
(*) Corresponding Author
Sari
An empirical study was conducted to determine the effects of the consortium's use of real-world karier on guidance group counseling. This research uses a quantitative approach in case of a pre-experiment using a model one group pre-test post-test design. The subjects under investigation are 52 students from SMP Plus Al-Amien Sabrang Ambulu's IX grade, who are divided into two study groups. Purposive sampling is a sample preparation technique that uses angket criteria based on interval kelas. The data collection method using angket is a kuisoner that is adjusted based on the indicator-indicator of the karier's decission. The results of the Wilcoxon hipotesis analysis indicate that there is a difference between the pre-test and post-test results with a significance level of 0.018 (Asymp.Sig.(2-tailed) < 0,05), meaning that (Ha) is true and (Ho) is false. A few factors that affect the development of karier stem from within and include bakat, minat, sifat kepribadian, and self-awareness. On the other hand, external factors include the impact of outside influences and schooling. However, this research does not reveal more depth regarding external factors originating from the surrounding community and social status such as parents' educational background, parents' income level, area of residence, and ethnicity in the area around where they live. So it is a suggestion for future researchers to study this matter more deeply.
_____________________________________________________________
Sebuah studi empiris dilakukan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dalam pengambilan keputusan karier. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berupa pre-eksperimen dengan model one group pre-test post-test design. Subjek yang diteliti adalah 52 siswa kelas IX SMP Plus Al-Amien Sabrang Ambulu dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling yang menggunakan kriteria angket berdasarkan interval kelas. Hasil analisis hipotesis Wilcoxon menunjukkan bahwa ada ketidaksamaan antara hasil pre-test dan post-test dengan taraf signifikansi 0,018 (Asymp.Sig.( 2-tailed) < 0,05), artinya (Ha) benar dan (Ho) salah. Terdapat faktor internal dan eksternal yang bisa mempengaruhi dalam mengambil keputusan karier. Beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan karier berasal dari dalam dan termasuk bakat, minat, sifat kepribadian, dan kesadaran diri. Di sisi lain, faktor eksternal termasuk dampak pengaruh luar dan sekolah. Namun dalam penelitian ini tidak mengungkap lebih mendalam terkait faktor eksternal yang berasal dari masyarakat sekitar serta status sosial seperti latar belakang pendidikan orangtua, tinggi rendah pendapatan orangtua, daerah tempat tinggal, dan suku bangsa didaerah sekitar tempat tinggal. Sehingga menjadi saran bagi peneliti selanjutnya untuk lebih mendalami hal tersebut.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aminah, S., Purnama, D. S., Suwarjo, S., & Rahman, F. (2021). Analisis Dampak Pelatihan Peningkatan Kompetensi Layanan Konseling Kelompok pada Guru BK SMA Se-Kabupaten Sleman. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 169–179.
Anjani, L. P. (2019). Pengembangan Panduan Pelaksanaan Strategi Coping Untuk Peserta Didik yang Mengalami ketidaksesuaian Pengambilan Keputusan Karier.
Aprial, D., & Irman, I. (2022). Pengaruh Konseling Kelompok Cognitive Information Processing Terhadap Pengambilan Keputusan Karier Siswa. Indonesian Psychological Research, 4(2), 85–91. https://doi.org/10.29080/ipr.v4i2.750
Dewi, R. L. (2023). Analisis Layanan Bimbingan Karier Terhadap Pengambilan Keputusan Karier Peserta Didik Kelas XII SMK Bakti Muda Wiyata Pasir Sakti Lampung Timur. 31–41.
Fikriyani, D. N., & Herdi, H. (2021). Perencanaan Program Bimbingan Karier dalam Meningkatkan Eksplorasi Karier Siswa. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 1–14.
Gusta, A. W. D. (2020). Pengaruh Layanan Perencanaan Individual terhadap Kesiapan Peserta Didik dalam Menentukan Sekolah Lanjutan di SMP Negeri 28 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. 1–71.
Hapni, E., & Silvianetri, S. (2023). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Perencanaan Karier Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Media Pohon Cita-Cita. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(2), 368–375.
Hidayah, O. N. (2022). Pelaksanaan Layanan Konseling Individu dengan Pendekatan Person Centered terhadap Pengambilan Keputusan Karier Siswa Di SMK NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus. IAIN KUDUS.
Irmayanti, R. (2019). Perencanaan Karier Pada Peserta Didik SMP. Quanta, 3(1), 1–6.
Khairani, A. (2020). Pengaruh School Engagement, Future Time Perspective dan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Kematangan Karier Siswa SMK Kelas XII di Jabodetabek. Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Kurniati, A., & Supriyatna, A. (2022). Efektivitas Konseling Kelompok Realitas Teknik Want, Direction, Evaluation dan Plant (WDEP) untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Basicedu, 6(2), 1938–1946.
Laras, P. B., Nurihsan, J., & Supriatna, M. (2020). Model Konseling Realitas untuk Mengembangkan Keterampilan Pengambilan Keputusan Karier. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1). https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v8i1.17896
Mason, C. P., & Die, L. (2017). Attending to Basic Needs: Implementing Reality Therapy in School Counseling Programs to Enhance Academic Achievement and Career Decision Making Skills. XXXVII(1), 1–106.
Maulany, L. E., Firman, F., & Netrawati, N. (2022). Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Pemantapan Arah Pilihan Karier Siswa Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12396–12401.
Nurjannah, S. (2022). Pengaplikasian Konseling Realitas dengan Surat Al Isra’: 70 terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas X MA Muhammadiyah Kudus. IAIN KUDUS.
Potabuga, Y. F. (2020). Pendekatan Realitas dan Solution Focused Brief Therapy dalam Bimbingan Konseling Islam. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 9(1), 40–55.
Rembune, Z., Syapitri, Lubis, A. A., & Saragi, M. P. D. (2022). Aspirasi Karier Mahasiswa Tingkat Akhir BPI UIN Sumatera Utara dalam Mencari Pekerjaan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1349–1358.
Sitompul, L. (2018). Meningkatkan Pemahaman Perencanaan Karier Melalui Layanan Bimbingan Karier di Sekolah Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas IX-1 SMP Negeri 1 Gebang tahun 2017-2018. Jurnal Tabularasa Pps Unimed, 15(3), 316–327.
Susilaningsih, C. Y., & Rahayu, D. S. (2020). Penerapan Konseling Kelompok Realitasdalam Pemilihan Karier Siswadi SMP Katolik St. Bonaventura Madiun. Jurnal Warta Abdimas, 3(1).
Wahyuningsih, D. D., & Nugraha, I. S. (2021). Penggunaan Kolase Karier Sebagai Intervensi Terapi Untuk Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMK. Konseling Edukasi: Journal Of Guidance and Counseling, 5(2), 250–268.
Yusuf, S. (2019). Bimbingan & Konseling Perkembangan: Suatu Pendekatan Komperehensif (D. Wildani (ed.); Cetakan Ke). Refika Aditama.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v10i1.14658
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sekretariat Jurnal:
Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.