Efektivitas Reinforcement Verbal Terhadap Peningkatan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik
(1) Universitas Tanjungpura
(2) Universitas Tanjungpura
(3) Universitas Tanjungpura
(*) Corresponding Author
Sari
Communication skills play an important role in the learning process of student at school. Unfortunately, based on previous research, it is known that students’ communication skills in the low category. Improving communication skills can be done in many ways, one of which is giving verbal reinforcement. This study aims to determine the effectiveness of verbal reinforcement to improve the communication skills of student in class VII SMP Negeri 7 Sungai Ambawang. This research uses experimental method with pre-experimental design and research design in the form of one-group pretest-posttest design. the data collection technique used was the Communication Skills questionnaire. Data analysis using parametric test Paired Sample T Test. The result showed that the pretest score of students had an average percentage of 60.52% with the sufficient category and the post-test score had an average percentage of 71.77% with a good category, an increase percentage of 11.25%. the result of hypothesis testing show that the tvalue, which is -11.7041 > ttable, which is 2.0687 and the significance value, which is 0.0000 < form 0.05 which means H0 is rejected and Ha is accepted, thus it can be interpreted that there is a significant increase after being given verbal reinforcement oh the communication skills of student in class VII SMP Negeri 7 Sungai Ambawang.
_____________________________________________________________
Keterampilan komunikasi memegang peran penting dalam proses pembelajaran peserta didik di sekolah. Namun sayangnya, berdasarkan penelitian terdahulu diketahui bahwa kemampuan komunikasi peserta didik masih berada pada kategori rendah. Peningkatan kemampuan komunikasi dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah pemberian reinforcement verbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian reinforcement verbal untuk meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Sungai Ambawang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk pre-experimental design dan rancangan penelitian berupa one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket Keterampilan Komunikasi. Analisis data menggunakan uji parametrik Paired Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor pretest peserta didik memiliki persentase rata-rata sebesar 60,52% dengan kategori cukup dan skor post-test memiliki persentase rata-rata sebesar 71,77% dengan kategori baik, mengalami peningkatan sebesar 11,25%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung, yaitu -11,7041 > ttabel, yaitu 2,0687 dan nilai signifikansi, yaitu 0,0000 < dari 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat diartikan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan setelah diberikan reinforcement verbal pada keterampilan komunikasi peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Sungai Ambawang.Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Al-Alawneh, M.K., dkk. (2019). Communication Skills in Practice. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(6), 1-19.
Ayu S, Ni Nyoman, O. (2014). Efektivitas Konseling Behavioral Teknik Penguatan Positif dan Teknik Pencontohan untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Antar Pribadi Siswa Kelas VII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Online Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1).
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fandini, S. H., & Purwoko, B. (2018). Pengembangan Adobe Flash sebagai Media Layanan Informasi Peminatan Studi Lanjut SMA dan Sederajat untuk Siswa Kelas IX SMPN 5 Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling UNESA, 8(1), 132-139
Kemendikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Direktoray Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan
Muamar, M. R., & Afria. (2019). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa pada Pembelajaran Biologi di Kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Peusangan. Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 7(2), 158-164.
Murni, W., dkk. (2010). Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
National Council of Educational, Research, and Training. (2019, 14 Maret). Communication Skills. Diakses pada 10 September 2023. https://ncert.nic.in/vocational/pdf/kees101.pdf
Usman, M. U. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Putri, A. J., & Arsil. (2020). Analisis Pencapaian Keterampilan Komunikasi pada Proses Pembelajaran. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 154-161
Rizal. (2016). Efektivitas Penerapan Metode Ekspositori Berbasis Kuis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Ma’rang Kabupaten Pangkep. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2(2), 172-185.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Zaini, H. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Mandiri
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v10i1.14357
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sekretariat Jurnal:
Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.