Pengaruh Mind Mapping Terhadap Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa

Andy Riski Pratama(1*), Wedra Aprison(2), Salmi Wati(3), Iswantir M(4), Wilda Irsyad(5)

(1) Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
(2) Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
(3) Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
(4) Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
(5) Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
(*) Corresponding Author

Sari


This research aims to overcome the problem of teacher-centred learning that causes students to be less active and unmotivated in learning, especially in Islamic Religious Education subjects at SMA Negeri 4 Bukittinggi. The method used was Quasi Experiment with The Static Group Comparison Randomised Control Group Only Design, which involved 31 students in the experimental class and 35 students in the control class. The learning method applied to the experimental class was Mind Mapping. Data regarding students‘ independence and interest in learning were collected through questionnaires and analysed using the MANOVA test with the help of SPSS version 22. The results showed that the Mind Mapping method had a significant effect on students’ critical thinking skills and learning outcomes, with a significance value <0.05. The F_count value (35.489) is also greater than F_table (3.285), which confirms the positive influence of the method on improving learning quality. Further research is recommended to explore the effectiveness of Mind Mapping in other subjects and at different levels of education, to get a more comprehensive picture of the benefits of this method in the world of education

 ____________________________________________________________________

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah pembelajaran berpusat pada guru yang menyebabkan siswa kurang aktif dan tidak termotivasi dalam belajar, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Bukittinggi. Metode yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dengan desain The Static Group Comparison Randomized Control Group Only Design, yang melibatkan 31 siswa di kelas eksperimen dan 35 siswa di kelas kontrol. Metode pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen adalah Mind Mapping. Data mengenai kemandirian dan minat belajar siswa dikumpulkan melalui angket dan dianalisis menggunakan uji MANOVA dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Mind Mapping memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa, dengan nilai signifikansi < 0,05. Nilai F_hitung (35,489) juga lebih besar dari F_tabel (3,285), yang mengonfirmasi pengaruh positif metode tersebut terhadap peningkatan kualitas pembelajaran. Penelitian lanjutan direkomendasikan untuk mengeksplorasi efektivitas Mind Mapping pada mata pelajaran lainnya dan pada jenjang pendidikan yang berbeda, untuk mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif mengenai manfaat metode ini dalam dunia pendidikan.


Kata Kunci


Metode Pembelajaran Mind Mapping, Berfikir Kritis, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abrami, P. C., Bernard, R. M., Borokhovski, E., Wade, A., Surkes, M. A., Tamim, R., & Zhang, D. (2008). Instructional Interventions Affecting Critical Thinking Skills and Dispositions: A Stage 1 Meta-Analysis. Review of Educational Research, 78(4), 1102–1134. https://doi.org/10.3102/0034654308326084

Adawiyah, F. R., Andini, M., Maghfiroh, L., Dita, Y. S., Lidalillah, A. A., Mabruroh, R. A., & Kuswinarni, H. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Dalam Pembelajaran PPKn Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, April, 1119–1125. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/441%0Ahttps://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/download/441/384

Agustina, I. (2019). Pembelajaran Matematika di SD. Pendidikan Matematika I, December 2019, 17.

Ahmad Izzan, S. O. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Sorogan Dan Wetonan Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Santri Di Pondok Pesantren Darul Ulum Karangpawitan. Jurnal Masagi, 01(01), 1–11.

Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian. Rineka Cipta.

Arini, N. W., Ketut, N., & Tristiantari, D. (2017). Essay Writing Through Quantum Learning With Mind Mapping Strategy. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 147–153. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i2.9532

Aufa, E. S., Syahfitri, F., Azzahra, L. L., & Pane, Mahfuzha, U. (2023). Pendekatan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI pada Pembelajaran IPA di MIS. On Education, 05(03), 5826–5832.

Buzan, T. (2018). Mind map mastery: The complete guide to learning and using the most powerful thinking tool in the universe. Watkins Media Limited.

Dwijayanti, E. (2007). Penerapan Strategi Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Mata Pelajaran IPS Materi Pokok Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi di SD 1 Lidah Kulon Surabaya Surabaya. Skripsi. Universitas Negeri.

Dwijonagoro, S., & Suparno, S. (2019). Pranatacara learning: Modeling, mind mapping, e-learning, or hybrid learning? Cakrawala Pendidikan, 38(1), 156–173. https://doi.org/10.21831/cp.v38i1.23034

Elder, L., & Paul, R. (2020). Critical thinking: Tools for taking charge of your learning and your life. Foundation for Critical Thinking.

Ennis, R. H. (2008). Nationwide testing of critical thinking for higher education: Vigilance required. Teaching Philosophy, 31(1), 1–26. https://doi.org/10.5840/teachphil20083111

Fihrallah, R. A., Suresman, E., & Anwar, S. (2019). Efektifitas Penggunaan Metode Show and Tell Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 90. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.19466

Jones, A. (2015). A Disciplined Approach to Critical Thinking. In The Palgrave Handbook of Critical Thinking in Higher Education (pp. 169–182). Palgrave Macmillan US. https://doi.org/10.1057/9781137378057_11

Junaidi, W. A. &. (2017). PENDEKATAN SAINTIFIK: MELIHAT ARAH PEMBANGUNAN KARAKTER DAN PERADABAN BANGSA INDONESIA. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 12(2). https://doi.org/10.21274/epis.2017.12.2.507-532

Nurhayanti, H., Hendar, H., & Dewi, S. (2020). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Pada Kelas Iv Mi Hidayatul Muta’Alimin Kota Bekasi. Jurnal Tahsinia, 1(2), 108–116. https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.170

Putra, D. A. (2018). Pembelajaran Berbasis CTL dan Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 55–67. https://doi.org/10.30651/else.v2i2.1835

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Santi, Suarman, & Indrawati, H. (2016). Kombinasi NHT-STAD pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kritis siswa (Studi kasus pada kelas X SMAN 1 Kubu Babussalam). Pekbis Jurnal, 8(3), 164–171.

Setyowati, A., & Subali, B. (2011). Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2), 89–96.

Sudiarta, W., Diputra, G., Nayun, W., & Sutanaya, I. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Suluh Pendidikan, 19(1), 29–44.

Sugiyono. (2019). Kuantitatif, P. P. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sumarwati, S., & Martabatul, S. (2019). Membuat Peta Pikiran Pada Kegiatan Prabaca Untuk Mengidentifikasi Ide Pokok Dan Menyimpulkan Isi Teks Berita Melalui Collaborative Action Research. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(1), 137. https://doi.org/10.20961/basastra.v7i1.35522

Tseng, S.-S. (2020). Using Concept Mapping Activities to Enhance Students’ Critical Thinking Skills at a High School in Taiwan. The Asia-Pacific Education Researcher, 29(3), 249–256. https://doi.org/10.1007/s40299-019-00474-0




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v10i1.14287

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.