Peningkatan Keterampilan Komunikasi Mahasiswa Sosiologi Melalui Efikasi Diri yang Baik
(1) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
(3) STAI Ar-Ridho Bagansiapiapi
(*) Corresponding Author
Sari
This study aims to find the relationship between self-efficacy and communication skills possessed by Sociology Study Program students. The hypothesis put forward in this study is that there is a positive relationship between self-efficacy and student communication skills, with the assumption that the stronger the self-efficacy, the stronger the student's communication skills and vice versa. The research method used is correlational quantitative. The sample in this study was 31 students and the population was students of the Sociology Study Program, Faculty of Social Sciences and Humanities. The results of the study found a relationship between self-efficacy and student communication skills with Sig. (2-tailed) = 0.000 and the Pearson correlation is 0.748. These results prove that there is a relationship between self-efficacy and student communication skills, and the relationship is positive. This implies that the higher the value of self-efficacy, the value of communication skills will also increase and vice versa. It is recommended that future researchers explore the level of self-efficacy and communication skills in more diverse populations.
_____________________________________________________________
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan antara efikasi diri dengan keterampilan komunikasi yang dimiliki mahasiswa Prodi Sosiologi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara efikasi diri dengan keterampilan komunsikasi mahasiswa, dengan asumsi semakin kuat efikasi diri maka semakin kuat kemampuan komunikasi mahasiswa dan sebaliknya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 mahasiswa dan populasinya adalah mahasiswa Program Studi Sosiologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hasil penelitian menemukan adanya hubungan antara efikasi diri dan kemampuan komunikasi mahasiswa dengan Sig. (2-tailed) = 0,000 dan korelasi Pearson adalah 0,748. Hasil ini membuktikan bahwa ada hubungan antara efikasi diri dengan keterampilan komunikasi mahasiswa, dan hubungannya positif. Hal ini mengandung arti bahwa semakin tinggi nilai efikasi diri maka nilai keterampilan komunikasi juga akan meningkat begitu pula sebaliknya. Direkomendasikan kepada peneliti selanjutnya untuk mengeksplorasi tingkat efikasi diri dan keterampilan komunikasi pada populasi yang lebih beragam.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Andrianto, B. (2008). Kecemasan Presentasi Ditinjau Dari Keterampilan Komunikasi dan Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa (female.store.co.id). female.store.co.id. Retrieved from http://female.store.co.id/images/media/psikologi-abstrak.pdf
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyani, E. D., & Hadiani, D. (2020). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Antar Mahasiswa dan Hubungannya dengan Capaian Prestasi Akademik. JSHP: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 142. Retrieved from http://jurnal.poltekba.ac.id/index.php/jsh/article/view/849
Astuti, B., & Pratama, A. I. (2020). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Keterampilan Komunikasi Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(2), 147.
Cangara, H. (2008). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Chatab, N. (2007). Profil Budaya Organisasi. Bandung: Alfabeta.
Efendi, D. H., Sandayanti, V., & Hutasuhut, A. F. (2020). Hubungan Efikasi Diri dengan Regulasi Diri dalam Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. Anfusina: Journal of Psychology, 3(1), 23. Retrieved from http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/anfusina/article/view/6046
Evanne, L., Adli, A., & Ngalimun, N. (2021). Dampak Game Online terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Selatan. Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 55. Retrieved from https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/alkalam/article/view/4158
Fadilah, R. N., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Ekonomi dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(3), 583. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/paradigma/article/view/12978
Fauzia, C., & Fajrie, M. (2021). Pengaruh Motedo Diskusi Kelas Terhadao Keterampilan Berkomunikasi Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UNISNU Jepara. An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam, 13(2), 143. Retrieved from https://ejournal.unisnu.ac.id/JKIN/article/view/2644
Fitriani, L., Purwanti, P., & Yuline, Y. (2019). Analisis Keterampilan Komunikasi Mahasiswa PPL BK FKIP UNTAN Pontianak Tahun 2018. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(3), 2. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/31608
Florina, S., & Zagoto, L. (2019). Efikasi Diri dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 388. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/667
Gayatri, Y., Fiqriyati, A., Rahmayati, K., & Listiana, L. (2016). Peningkatan Penguasaan Konsep, Kemampuan Merancang Skenario Pembelajaran Biologi dan Komunikasi Mahasiswa Melalui Pemodelan pada Perkuliahan Strategi Belajar Mengajar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 15(2), 69. Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/82
Khoriroh, N., & Muhyadi, M. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Keterampilan Berkomunikasi terhadap Kemampuan Public Speaking Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(2), 130. Retrieved from https://journal.student.uny.ac.id/index.php/adp-s1/article/view/12790
Lauster, P. (2002). Tes Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara.
Lystia, M., Valezka, C., Andini, T. H., & Kesumaningsari, N. P. A. (2023). Pelatihan Komunikasi Efektif Guna Meningkatkan Efikasi Diri Dalam Berkomunikasi Pada Mahasiswa. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(2), 373. Retrieved from http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/JCM/article/view/1444
Mugara, R., Rahayu, G. D. S., & Arga, H. S. P. (2019). Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Vlog Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Mahasiswa PGSD IKIP Siliwangi. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 6(1), 2–3. Retrieved from http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/article/view/1253
Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak Efikasi Diri Terhadap Proses & Hasil Belajar Matematika (The Impact Of Self-Efficacy On Mathematics Learning Processes and Outcomes). Journal on Teacher Education, 1(2), 28. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/514
Noviyanti, M. (2011). Pengaruh Motivasi dan Keterampilan Berkomunikasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Tutorial Online Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Matakuliah Statistika Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 12(2), 81. Retrieved from http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/article/view/494
Prabowo, C. A., & Ariani, N. L. (2018). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Oral Mahasiswa Melalui Strategi Pembelajaran Think Pair Share. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(1), 57. Retrieved from https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/biologi/article/view/1384
Putra, A. (2018). Hubungan Efikasi Diri (Self Efficacy) dengan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa di MTsN 8 Tanah Datar. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.
Riani, W. S., & Rozali, Y. A. (2014). Hubungan Antara Self Efficacy dan Kecemasan Saat Presentasi Pada Mahasiswa Univeristas Esa Unggul. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 12(1), 1.
Ririn, Asmidir, & Marjohan. (2013). Hubungan Antara Keterampilan Komunikasi dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Konselor: Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 276. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/1203
Rozalia, S. (2023). Hubungan Efikasi Diri dengan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 10 Palembang. Universitas Sriwijaya.
Samsul. (2014). Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IV SDN 1 Galumpang Melalui Metode Latihan. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(8), 173.
Siska, Sudardjo, & Purnamaningsih, E. H. (2003). Kepercayaan Diri dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 30(2), 68. Retrieved from https://journal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/7025
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sulastri, T., & Jufri, M. (2021). Resiliensi di Masa Pandemi: Peran Efikasi Diri dan Persepsi Ancaman Covid-19. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(1), 26. Retrieved from http://jurnalfpk.uinsby.ac.id/index.php/JPP/article/view/531
Suseno, M. N. (2009). Pengaruh Pelatihan Komunikasi Interpersonal Terhadap Efikasi Diri Sebagai Pelatih Pada Mahasiswa. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 1(1), 95. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/intervensipsikologi/article/view/8137
Wahyuni, E. (2015). Hubungan Self-Effecacy dan Keterampilan Komunikasi dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Jurnal Komunikasi Islam, 5(1), 52. Retrieved from http://jurnalfdk.uinsby.ac.id/index.php/jki/article/view/71
Wardani, D. S. K. (2012). Pengaruh Pelatihan Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 1(2), 2. Retrieved from https://journal.unair.ac.id/filerPDF/110710233_3v.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v10i1.14076
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sekretariat Jurnal:
Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.