Pengembangan Media Angel Path pada Bimbingan dan Konseling

Putri Ria Angelina(1*), Reni Sinta Dewi(2), Rizka Nur Hamidah(3), Naila Haerani(4)

(1) Universitas Ibn Khaldun Bogor
(2) Universitas Ibn Khaldun
(3) Universitas Ibn Khaldun Bogor
(4) Universitas Ibn Khaldun Bogor
(*) Corresponding Author

Sari


The research aims to find out how to develop Angel Path media in career guidance and counseling to increase students' career maturity. This research uses the research and development method which refers to Borg and Gall (1998), from 10 stages the researcher uses 5 stages to adjust research needs with the following steps: (1) Identification of Potential and Problems, (2) Data Collection, (3) ) Product Design, (4) Product Validation, (5) Product Revision. The results of this research can be seen from the results of validation by three experts, namely one guidance and counseling teacher who is currently studying a master's degree in guidance and counseling, one expert in the field of media who is currently studying a master's degree in educational psychology, and one student who has used Angel media. The path with the results of the quality assessment of the feasibility of the product being developed is included in the "Very Feasible" category. This Angel Path media is based on the Crites career maturity inventory which has cognitive and affective aspects. This aspect has several points, namely self-assessment, information, goal selection, problem solving, involvement, independence, orientation, assertiveness, and compromise. It is hoped that the Angel Path media can be utilized by guidance and counseling teachers to achieve student career maturity.

 ____________________________________________________________

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media Angel Path dalam bimbingan dan konseling bidang karier untuk meningkatkan kematangan karier peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode research and development yang mengacu kepada Borg and Gall (1998), dari 10 tahapan peneliti menggunakan 5 tahapan menyeseuaikan kebutuhan penelitian dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Identifikasi Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Produk, (5) Revisi Produk. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari hasil validasi oleh tiga orang ahli yang merupakan satu guru bimbingan dan konseling yang sedang menempuh studi S2 bimbingan dan konseling, satu ahli dalam bidang media yaitu sedang menempuh pendidikan S2 psikologi pendidikan, serta satu peserta didik yang pernah menggunakan media Angel Path dengan hasil penilaian kualitas kelayakan produk yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Media Angel Path  ini berdasarkan pada inventori kematangan karir Crites yang memiliki aspek kognitif dan afektif. Aspek tersebut memiliki beberapa poin, yaitu penilaian diri, informasi, seleksi tujuan, pemecahan masalah, keterlibatan, independensi, orientasi, ketegasan, dan kompromi. Diharapkan bahwa media Angel Path dapat dimanfaatkan oleh guru bimbingan dan konseling untuk mencapai kematangan karier peserta didik.

Kata Kunci


Bimbingan karier, Angel Path, Kematangan Karier

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fathullah, Rahim, M., Korompot, S., & Smith, M. Bin. (2022). Prototype Aplikasi Identifikasi Karir Berbasis Android Berdasarkan Teori Holland sebagai Media Bimbingan dan Konseling Karir untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Pedagogika, 13(1), 71–83.

Hamzati, N., & Naqiyah, N. (2023). Bimbingan Karier dengan Teknik Modeling pada Peserta Didik Sekolah Menengah : Systematic Literature Review. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 12(1), 1–17.

Irfan, Jarkawi, & Handayani, E. S. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Perencanaan Karier. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 3(2), 79–87. https://doi.org/10.36835/jcbkp.v3i2.827

Jannah, R., & Hidayat, D. R. (2022). Analisis Terhadap Trait and Factor Theory Dan Implikasinya Dalam Layanan Bimbingan Karir. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(1), 121. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v8i1.6815

Khoirunnisaa’, F. (2021). Pemanfaatan Media BK Online dalam Mengoptimalkan Karir Siswa di SMK Negeri 2 Pati [IAIN Kudus]. http://repository.iainkudus.ac.id/6251/

Kusuma, dkk. (2023). Implementasi Bimbingan Karier dengan Pemanfaatan Media Daring Bagi Siswa Kelas XII Sekolah Menengah Atas. Journal of Instructional and Development Researches, 3 (2). 74-85. https://doi.org/10.53621/jider.v3i2.215.

Nursalim, M. (2015). Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Indeks.

Risqiyain, L. H., & Purwanta, E. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Informasi Karier untuk Meningkatkan Kematangan Karier Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 4(3), 88. https://doi.org/10.17977/um001v4i32019p088

Saraswati, A., & Ratnaningsih, I. Z. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas Xi Smk N 11 Semarang. Jurnal Empati, 5(3), 430–434. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/15364/14856

Sopian, A. A., Sugiharto, D., & Mulawarman. (2022). Systematic Literature Review (SLR): Pemanfaatan Media dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Quanta, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Violina, E. I. (2017). Kematangan Karier Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 2(2), 72–80. https://doi.org/10.30870/jpbk.v2i2.3056

Winkel, W. S., & Hastuti, M. M. S. (2005). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v10i1.13997

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.