KEEFEKTIFAN LAYANAN INFORMASI KARIR BERBANTUAN WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMA DI KOTA TARAKAN

Hotma Rosalin Tumanggor(1*), Sunawan Sunawan(2), Edy Purwanto(3)

(1) Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
(2) Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
(3) Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Sari


Dewasa ini persaingan dunia kerja semakin kompleks dan persaingan kualifikasi persaingan kerja semakin ketat. Siswa diharapkan dapat memiliki perencanaan karir sesuai dengan bakat, minat, taraf intelegensi, dan nilai-nilai kehidupan yang dimiliki untuk memudahkan siswa dalam merencanakan karir. Dalam membuat perencanaan karir, siswa membutuhkan informasi sebagai bahan pertimbangan siswa dalam membuat perencanaan karir yang sesuai dengan bakat, minat, taraf intelegensi dan nilai-nilai kehidupan yang dimilikinya melalui layanan informasi karir. Dengan pemahaman tersebut, siswa mampu merencanakan karirnya secara matang sesuai dengan keadaan dirinya. Upaya meningkatkan perencanaan karir dapat dilakukan dengan menggunakan layanan informasi karir berbantuan website. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perencanaan karir siswa SMA di Kota Tarakan melalui layanan informasi karir berbantuan website. Desain eksperimen yang digunakan dalampenelitian ini adalah pre eksperimen dalam bentuk one group pretest-post design.Penelitian ini melibatkan 35 siswa sebagai kelompok eksperimen yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian ini adalah layanan informasi karir berbantuan website efektif meningkatkan perencanaan karir siswa SMA di Kota Tarakan (10,094, p < 0.01). 

__________________________________________________________

 

Today's increasingly complex business world competition and competition qualifications increasingly tight. Students are expected to have career planning according to their talents, interests, intelligence level, and life values to facilitate students in career planning. In making career planning, students need information as a material balance of students in making career planning in accordance with the talent, interests, intelligence level and the values of life it has through career information services. With that understanding, students are able to plan their careers according to their situation. Efforts to improve career planning can be done using career information services assisted by website. This study aims to improve the career planning of senior high school students in Tarakan City through information career services assistance through the website. The experimental design used in this research is quasi-experiment in the form of one group pretest-post design. The career planning scale consists of 45 items with 5 falling items and 0.875 alpha coefficient. This study involved 35 students as an experimental group selected by purposive sampling. The result of this research indicate that career information service the website-assisted effectively improve the career planning of high school students in Tarakan City (10,094, p <0.01).


Kata Kunci


Layanan Informasi Karir; Website; Perencanaan Karir

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abavian, M. (2013). Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Peserta Didik. Bandung: UPI.

Abisoye, Blessing, dan Ganiyu. (2015). A Web Based Career Guidance Information System for Pre-Tertiary Institution Students in Nigeria. Journal Engineering and Technology, 1(3), 229-240.

Bruder, M.B. (2010). Early Childhood Intervention: A Promise to Children and Families for Their Future. Exceptional Children, 76(3), 339-355. doi: 10.1177/001440291007600306.

Budiamin, Amin. (2002). Manajemen Layanan Bimbingan Karir pada SMA Negeri di Kabupaten Bandung. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Psikopedagogika, 2, 259-266.

Chen, H.,Wigand and Nilan. (1999). Optimal Experience of Web Activities. Journal of Computer in Human Behavior, 15(2), 585-608. doi: 10.1016/S0747-5632(99)00038-2

Fan, Q., Lee, J., & Kim, J. (2013). The Impact of Web Site Quality on Flow-Related Online Shopping Behaviors in C2C E-Marketplaces: A Cross-National Study. Managing Service Quality, 23(5), 364–387. doi: 10.1108/MSQ-11-2012-0150

Flavian, Carlos. (2009). Web Design: A Key Factor for the Website Success. Journal of Systems and Information Technology, 11(2), 168-184. doi: 10.1108/1328726091095 5129

Glassberg, B.C., Grover & Teng. (2006). Information Systems Research with an Attitude. Database for Advances in Information Systems, 37(2), 76-85.

Hiebert B et al. (2012). Needs Assessment for Program Planning and Program Development: a brief review. Alberta Counsellor, 26(1), 11–18.

Istianingsih dan Wiwik. (2009). Pengaruh Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Terhadap Kinerja Individu. Simposium Nasional Akuntansi XII, 1-70.

Nathan & Hill. (2006). Career Counseling. London: Sage Publications Ltd.

Nordeborn. (2013). The Effect of Color in Website Design: Searching for Medical Information Online. Thesis: Lunds University.

Permadi. (2016). Masalah-Masalah yang Dihadapi Peserta Didik dalam Perencanaan Karir dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan Karir. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 1(2), 134-145.

Pineida, F. O. (2011). Competencies for the 21st Century: Integrating ICT to Life, School and Economical Development.Procedia - Social and Behavioral Sciences. Elsevier B.V., 28, 54–57. doi: 10.1016/j.sbspro.2011.11.011.

Setyawan dan Wibowo. (2016). Pengembangan Model Layanan Informasi Karir Berbantuan Web Tentang Studi Lanjut ke Perguruan Tinggi. Jurnal BK UNNES, 5(1), 29-36.

Sumarwiyah dan Zamroni. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Sebagai Representasi Berkembangnya Budaya Profesional Konselor Melayani Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 2(1), 1-14.

Ummah, M., & Sutijono. (2013). Penerapan Layanan Informasi Karir untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa Kelas XII SMAN 1 Krembung Sidoarjo. Jurnal BK UNESA, 1(1), 1-11.

Van Horn, S. M., & Myrick, R. D. (2001). Computer Technology and the 21st Century School Counselor. Professional School Counseling, 5(2), 124–130.

Witko, Kerry B Bernes, Kris Magnusson dan Angela D Bardick. (2011). Senior High School Career Planning: What Students Want. Journal of Educational Enquiry, 6(1), 34-49.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v4i1.1348

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.