Pengembangan Self-Help Book Berbasis Teknik Symbolic Modeling Untuk Meningkatkan Perencanaan Karier Peserta Didik
(1) Bimbingan dan Konseling - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Bimbingan dan Konseling - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Bimbingan dan Konseling - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author
Sari
This research aims to develop media in the form of self-help book technique based symbolic modeling. The book was developed with the aim of helping students improve their career planning, especially students at SMAN 1 Cilegon. Apart from that, the book consists of 10 chapters, each chapter can provide information related to how to improve career planning, what are the causes of career planning obstacles, how to recognize the direction of interests and talents, inspirational figures who can be used as rolemodel, etc. Methods use model development Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). This research uses quantitative and qualitative data obtained from research subjects who are media and materials experts, linguists, practitioner experts or guidance and counseling teachers, as well as class XI students. The results of this research prove that self-help books or self-help book got a percentage score of 84.28%, which means it is good and suitable for use without the need for revision. Conclusions from research into the development of media self-help book This is suitable to be used and utilized, especially by students, in improving their career planning. Future researchers are expected to be able to develop self-help book technique based symbolic modeling more broadly.
_____________________________________________________________
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa buku bantuan diri atau self-help book berbasis teknik symbolic modeling. Buku tersebut dikembangkan dengan tujuan untuk membantu pserta didik dalam meningkatkan perencanaan kariernya khususnya pada peserta didik SMAN 1 Cilegon. Selain itu, buku tersebut terdiri dari 10 chapter yang dimana masing-masing chapter dapat memberikan informasi terkait bagaimana meningkatkan perencanaan karier, apa saja penyebab terhambatnya perencanaan karier, cara mengenali arah minat dan bakat, tokoh-tokoh inspiratif yang bisa dijadikan rolemodel, dll. Metode yang digunakan melalui tahapan penelitian yang menggunakan pengembangan model Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dan kualitatif yang didapatkan dari subjek penelitian ahli media dan materi, ahli bahasa, ahli praktisi atau guru bimbingan dan konseling, serta peserta didik kelas XI. Hasil Penelitian ini membuktikan bahwa buku bantuan diri atau self-help book mendapatkan nilai presentase sebesar 84,28% yang artinya baik dan layak untuk digunakan tanpa perlu adanya revisi. Kesimpulan dari penelitian pengembangan media buku bantuan diri atau self-help book ini layak untuk digunakan dan dimanfaatkan khususnya peserta didik dalam meningkatkan perencanaan kariernya. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan buku bantuan diri self-help book berbasis teknik symbolic modeling secara lebih luas.Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amalianita, B., & Putri, Y. E. (2019). Perspektif Holland Theory serta Aplikasinya dalam Bimbingan dan Konseling Karir. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 4(2), 63–70. https://doi.org/10.29210/3003490000
Ayu, M. N. K., Widarnandana, I. G. D., & Retnoningtias, D. W. (2022). Pentingnya Perencanaan Karier Terhadap Pengambilan Keputusan Karier. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 11(3), 341. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v11i3.7021
Hadi, D. (2020). The Development of Self-Help Book as A Media in Career Planning for Undergraduate Student in Indonesia. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 83–95. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1280
Rachmayanie, R. (2021). Perencanaan Karier Siswa di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling Pada Siswa SMA Negeri 1 Mandomai. Repository, Universitas Lambung Mangkurat.
Rahim, M., Fathullah, F., Korompot, S., & Smith, M. B. (2022). Prototype Aplikasi Identifikasi Karir Berbasis Android Berdasarkan Teori Holland sebagai Media Bimbingan dan Konseling Karir Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. PEDAGOGIKA, 71-83.
Sundari, Siti (2023). Pengembangan Modul Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Untuk Memberikan Pemahaman Mengenai Pernikahan Dini (Skripsi, Sarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).
Sinaga, I. N., & Sa’adah, N. (2022). Persepsi Siswa Kelas IX Dalam Merencanakan Karier Dengan Bantuan Media Pohon Karier. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 8(1), 48. https://doi.org/10.31602/jbkr.v8i1.5910
Irawan. (2022). Program Bimbingan Program Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Group Exercises Untuk Mengembangkan Perencanaan Karier Peserta Didik Universitas Pendidikan Indonesia I repository.upi.edu I perpustakaan.upi.edu. c, 1–9.
Utamy, D., Afiati, E., & Dian Dia Conia, P. (2021). Pengembangan Modul Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Kolaboratif untuk Meningkatkan Perilaku Empati Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Social Teknik, 3(2), 67–85. https://doi.org/10.59261/jequi.v3i2.44
Watkins, C.E., Campbell,r.l (2000). Testing and Assessment in Counseling Practice. Mahwah N.J:Lawrence Erlbaum Associates.
Wijayanti, W., & Saraswati, S. (2020). Konseling Kelompok Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Kematangan Arah Pilihan Karir Siswa. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 164. https://doi.org/10.22373/je.v6i2.6752
Wiyata, R. P., Nursalim, M., Sartinah, E. P., & Seputra, T. W. A. (2022). Aplikasi Studi Lanjut ‘Niscita’ Berbasis Web Dan Android. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 8(2), 119. https://doi.org/10.31602/jbkr.v8i2.8814
Yanti, D.S. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kematangan Karir Anak Remaja Akhir Di LKSA Yayasan Nur Hidayah Surakarta (Skripsi, Sarjana Institut Agama Islam Negeri Surakarta).
Yusuf, S. (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v9i2.13390
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sekretariat Jurnal:
Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.