Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama

Dio Herlingga(1*), Abd. Basith(2), Kamaruddin Kamaruddin(3)

(1) STKIP Singkawang
(2) STKIP Singkawang
(3) STKIP Singkawang
(*) Corresponding Author

Sari


The purpose of this study is 1) to describe students' study habits in the viii class. 2) to describe the lessons of students in the eighth grade. 3) to find out the relationship between study habits and student achievement in classroom viii. This method of research is a correlation with a quantitative approach. The research population is the entire eighth graders, SMPN 19 singkawang. The sampling technique in this study is a tedium sampling technique. The sample in this study includes all viii-b and viii-c students at SMPN 19 singkawang with the number of 58 students. The data-gathering technique in this study based on student study habits and the corresponding value documentation of all the classes in viii-b and viii-c classes. The data analysis technique used is the spearman rank correlation. Research indicates that, 1) high rating student learning habits are based on a student's value percentage percentage average of 69. 2) moderate student learning performance with an average of 62. 3) there is no link between student study habits and student achievement of.756, with 0.10 correlation and 1% coefficient determinations.

_____________________________________________________________

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan kebiasaan belajar siswa pada kelas VIII (2) mendeskripsikan pembelajaran siswa kelas VIII, dan (3) untuk mengetahui hubungan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa di kelas viii. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 19 Singkawang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik tedium sampling. Sampel dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas VIII-B dan VIII-C SMPN 19 Singkawang yang berjumlah 58 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berdasarkan kebiasaan belajar siswa dan dokumentasi nilai yang sesuai seluruh kelas pada kelas viii-b dan viii-c. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi rank spearman. Penelitian menunjukkan bahwa, 1) kebiasaan belajar siswa yang dinilai tinggi didasarkan pada persentase nilai rata-rata siswa sebesar 69. 2) prestasi belajar siswa yang sedang dengan rata-rata 62. 3) tidak terdapat hubungan antara kebiasaan belajar siswa dengan prestasi belajar siswa. 756, dengan korelasi 0,10 dan koefisien determinasi 1%.


Kata Kunci


Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar, Siswa Menengah Pertama

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Albarado, A. P., & Eminita, V. (2020). Pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa di mts khazanah kebajikan. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 167-174.

Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dimyati, M. (2015). Belajar & Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.

Badriyah, L. (2022). Pengaruh Keterlibatan Siswa Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas XI IPA Di MAN 1 Jombang (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Ismail, F. (2018). Statistik Untuk Penelitian Dan Ilmu-Ilmu Sosial (Edisi Pertama). Prenada Media Group

Nurfadila, N., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2021). Analisis Kebiasaan Belajar Siswa Berprestasi di SD Negeri 013 Muara Jalai. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(3), 194-197.

Primasanti, M. D. (2018). Hubungan Kebiasaan Belajar dan Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 36(1).

Rahman, A. R. (2011). Pengaruh motivasi, lingkungan dan disiplin terhadap prestasi belajar siswa pada jurusan teknik audio video SMK Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60-65.

Ruwaidah, R. (2022). Penggunaan Strategi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Relasi dan Fungsi pada Siswa Kelas X MIPA-2 SMAN 4 Kota Bima Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2(2), 167-179.

Slameto. (2021). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v9i2.13343

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.