PENERAPAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH

Siti Seriwati(1*)

(1) SMK Negeri 2 Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penerapan konseling kelompok realita untuk meningkatkan penyesuaian diri di sekolah pada siswa SMK Negeri 2 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pre-test post-test one group design. Subjek penelitian ini adalah  siswa kelas X-Jurusan Animasi A yang mempunyai skor penyesuaian diri di sekolah rendah. Instrument pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket penyesuaian diri disekolah yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tanda Wilcoxon. Dari hasil analisis data berdasar kanan analisis uji tanda Wilcoxon dengan taraf signifikan 5%, menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan skor penyesuaian diri di sekolah antara sebelum dan sesudah penerapan konseling kelompok realita. Penyesuaian diri siswa disekolah meningkat setelah mendapat perlakuan. Maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok realita dapat digunakan untuk meningkatkan penyesuaian diri disekolah pada siswa kelas X jurusan Animasi A SMK Negeri 2 Banjarmasin.

________________________________________________________________

 

The purpose of this research is to test the application of counseling of real group to improve school self adjustment in SMK Negeri 2 Banjarmasin students.This research uses pre-test post-test one group design. The subjects of this study were X-Grade students of Animation A who had low self-adjustment score in school.Instrument collecting data used in this study is a questionnaire in school adjustment that has been tested for validity and reliability.Data analysis technique used is Wilcoxon sign test. From the data analysis based on right analysis Wilcoxon sign test with 5% significant level, showed a significant increase of adjustment score in school between before and after applying of reality group counseling.Adjustment of students in schools increases after treatment.So it can be concluded that the counseling group of reality can be used to improve school self-adjustment in grade X students Animation A SMK Negeri 2 Banjarmasin.


Kata Kunci


Konseling Kelompok Realita, Penyesuaian Diri Di Sekolah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afrilliyah, R.I. (2009). Mengurangi Kebiasaan Mencontek pada Siswa dengan Menggunakan Konseling Kelompok Realita. Skripsi tidak di terbitkan. Surabaya: JPPB FIP Unesa.

Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Corey, G. (2007). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Terjemahan oleh E. Koeswara. Bandung: Refika Aditama.

Darminto, E. (2007). Teori-teori Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Djarwanto. (2003). Statistik Nonparametrik. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Fauzan, L., & Florentin, E. (1994). Modul 2 Konseling Kelompok Realita. Malang: IKIP Malang.

Hurlock, E.E. (Tanpa Tahun). Psikologi Perkembangan Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Kurniawati, R.N. (2005). Pengaruh Tingkat Kecerdasan Emosi terhadap Kemampuan Penyesuaian Diri Remaja pada Siswa Kelas II SMA Negeri 8. Skripsi tidak di terbitkan. Surabaya: JPPB FIP Unesa.

Latipun. (2004). Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.

Mutadin, Z. (2002). Penyesuaian Diri Remaja (on line), http://www.e-psikologi.com/epsi/individual, diakses 09 April 2002).

Nursalim, M., & Suradi. (2002). Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Rahmawati, W.I. (2009). Penerapan Konseling Kelompok Realita untuk Mengurangi Kebiasaan Merokok pada Siswa Kelas X SMA YASMU Manyar. Skripsi tidak di terbitkan. Surabaya: JPPB FIP Unesa.

Ramadani, L.I. (2006). Penggunaan Teknik Sosiodrama terhadap Penyesuaian Diri di Sekolah pada Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 7 Surabaya. Skripsi tidak di terbitkan. Surabaya: JPPB FIP Unesa.

Reksoatmodjo, T. (2007). Statistika untuk Psikologi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Siswanto. (2007). Kesehatan Mental: Konsep, Cakupan, dan Perkembangannya. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sunarto, H., & Hartono. (2006). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sundari, S. (2005). Kesehatan Mental dalam Kehidupan. Jakarta: Rineka Cipta.

Wilis, S.S. (2008). Remaja & Masalahnya. Bandung: Alfabeta.

Winkel, W.S., & Hastuti, S. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v3i2.1175

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.