Bagaimana Mahasiswa Tahun Pertama Produk Pandemi Memaknai Aspirasi Karier?

Ririanti Rachmayanie(1*), Muhammad Andri Setiawan(2), Ghina Aulia(3)

(1) Unversitas Lambung Mangkurat-ULM
(2) Universitas Lambung Mangkurat
(3) Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Sari


First-year students who were declared accepted in 2021 during the pandemic are high school alumni who did not choose their majors in higher education optimally because of the sudden and inadequate student admission procedures that also affected career aspirations. The purpose of this study is to describe the career aspirations of first-year students who enter as new students during the pandemic. The research method used is cross-sectional survei research method with data collection method using a problem checklist instrument developed by Ross L. Mooney. This study took respondents by random sampling and obtained 103 students who were declared accepted at Lambung Mangkurat University in 2021, filling was carried out in January-February 2022. The results showed that the learning and career aspects were in the below-average category, especially the sufficient category and the less category which shows the low career aspirations of students who are accepted into universities during the pandemic. Future researchers can then formulate, either in-depth exploration of career aspirations or planning interventions related to service management related to career aspirations.

 

_____________________________________________________________

 

Mahasiswa tahun pertama yang dinyatakan diterima ditahun 2021 pada masa pandemi, adalah alumni sekolah menengah atas yang memilih jurusan di perguruan tinggi tidak secara maksimal karena prosedur penerimaan mahasiswa yang dikembangkan secara mendadak dan tidak memadai yang juga berpengaruh dengan aspirasi karier. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aspirasi karir mahasiswa tahun pertama yang masuk sebagai mahasiswa baru pada masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan instrumen problem checklist yang dikembangkan oleh Ross L. Mooney. Penelitian ini mengambil responden secara random sampling dan diperoleh 103 mahasiswa yang dinyatakan diterima di Universitas Lambung Mangkurat pada tahun 2021, pengisian dilakukan pada bulan Januari-Februari 2022. Hasil penelitian menunjukkan aspek belajar dan aspek karier yang berada pada kategori di bawah rata-rata, terutama kategori cukup dan kategori kurang yang menunjukkan rendahnya aspirasi karier mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi pada masa pandemi. Peneliti selanjutnya dapat kemudian merumuskan, baik eksplorasi mendalam tentang aspirasi karier ataupun merencanakan intervensi terkait pengelolaan layanan terkait aspirasi karier.

 

Kata Kunci


career aspirations, first-year students, pandemic, problem checklist inventory

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Addnin, I. J., & Effendi, Z. M. (2021). Pengaruh dukungan orang tua dan motivasi belajar terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Jurnal Ecogen, 4(1), 35-41.

Afni, R. (2021). Pengaruh covid-19 dan minat kuliah terhadap penerimaan mahasiswa baru (studi kasus Akpar Medan Hotel School). Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ilmu Ekonomi (Jasmien), 1(02), 46-54.

Auvrillia, F. (2018). Hubungan antara gaya hidup hedonisme dengan aspirasi karir mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata. Skripsi Sarjana pada Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata. Semarang: tidak diterbitkan.

Brown, S.D. & Lent, R.W. (Eds.). (2004). Career development and counseling: putting theory and research to work. USA: John Wiley & Sons.

Chantara, S., Kaewkuekool, S. & Koul, R. (2011). Self-determination theory and career aspirations: A review of literature. Institutions, 7(9).

De Cooman, R., De Gieter, S., Pepermans, R., Jegers, M., & van Acker, F. (2009). Development and validation of the Work Effort Scale. European Journal of Psychological Assessment, 25, 266–273.

Fahlevi, F, “Peminat Kampus Swasta Turun Hingga 30 Persen Akibat Pandemi Covid-19,” Tribunnews.com (12 August 2021). Available at: https://www.tribunnews.com/nasional/2021/08/12/peminat-kampus-swasta-turun-hingga-30-persen-akibat-pandemi-covid-19.

Fahrianti, F. & Nurmina, N. (2021). Perbedaan kecemasan mahasiswa baru ditinjau dari jenis kelamin pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 297-1302.

Fitriana, F., Yusuf, A. M. ., BA, M. . & Afdal, A. (2021). Strategi keluarga dan guru bimbingan konseling dalam meningkatkan aspirasi karir siswa menuju generasi berkualitas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4032–4038.

Heryanto, T. & Rochaeni, A., (2020). Dampak covid-19 pada perguruan tinggi di Indonesia. ResearchGate, August.

Juliyanti, R. & Aizah, N. (2021). Motivasi pilihan karir bagi remaja pada masa pandemi Covid-19. Anterior Jurnal, 20(2), 119-126.

Kadafi, A. (2016). Efektivitas bimbingan kelompok Islami untuk meningkatkan aspirasi karir mahasiswa. Universitas Ahmad Dahlan, 5(1), 43-48.

Malik, L.R., 2015. Kematangan karir mahasiswa Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Samarinda. Fenomena, 109-128.

Mitasari, Z. & Istikomayanti, Y. (2018). Hubungan antara culture shock dengan hasil belajar mahasiswa tahun pertama. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 4(2), 105-113.

Mooney, R. L. (1963). A checklist for self-evaluation. Personnel Journal, 42(12), 563-571.

Mulyanto, E. & Jumino, J., (2021). Penyuluhan motivasi minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi-SMK FAJAR Ciseeng Bogor. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 3(2), 62-76.

Muslimah, F., (2021). Upaya pelayanan bimbingan karir terhadap siswa MAN 2 Lamongan selama pandemi Covid-19. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 7(2),12-17.

Nurfitriana, P., & Prihartanti, N. (2017). Penyesuaian diri pada mahasiswa tahun pertama di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Pinilih, E. P., & Sawitri, D. R. (2020). Hubungan antara kongruensi karir remaja-orangtua dan academic hardiness pada mahasiswa Departemen Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Jurnal EMPATI, 7(1), 215-220.

Prianggita, M. & Ghofur, M.A. (2021). Analisis variabel-variabel yang mempengaruhi minat siswa SMA melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 9(1), 26-36.

Purwanto, A., & Laras, P. B. (2020). Pengembangan instrumen dokumentasi catatan potensi siswa berdasarkan manajemen risiko dalam ISO 9001: 2015. Indonesian Journal of Educational Counseling, 4(2), 170-177.

Rafidhatul Ulya, U. (2021). Tahapan pemilihan karir remaja pada masa pandemi Covid 19 di RT. 02 RW 06 Kelurahan Tuah Madani Kota Pekanbaru. Skripsi Sarjana Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau: tidak diterbitkan.

Rahayu, F.S. (2021). Kemampuan membuat pilihan karir mahasiswa. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 10(1), 1-8.

Ranto, D.W.P., (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam pemilihan karir berusaha (studi pada mahasiswa perguruan tinggi swasta di Yogyakarta). Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 2(1).

Raque-Bogdan, T.L. & Lucas, M.S. (2016). Career aspirations and the first-generation student: Unraveling the layers with social cognitive career theory. Journal of College Student Development, 57(3), 248-262.

Reni Farwitawati, & Masirun, M. (2021). Menumbuhkan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Perpajakan. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 21-26.

Rojewski, J. W. (2005). In S. D. Brown & R. W. Lent (Eds.), Career development and counseling. Putting theory and research to work. (pp. 131-154). New Jersey, NJ: John Wiley & Sons.

Sasmita, I.A.G.H.D. & Rustika, I.M., (2015). Peran efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 280-289.

Sawitri, D.R. and Dewi, K.S., (2018). Aspirasi karir, regulasi diri, dan self-perceived employability pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, 17(1), 68-76.

Stoet G, Geary DC .(2022). Sex differences in adolescents’ occupational aspirations: Variations across time and place. PLoS ONE, 17(1).

Susilo Rahardjo, M. P., & Gudnanto, S. P. (2022). Pemahaman Individu teknik nontes. Indonesia: Prenada Media.

Tang, M., Pan, W. & Newmeyer, M. D. (2008) ‘Factors Influencing High School Students’ Career Aspirations’, Professional School Counseling. https://doi:10.1177/2156759X0801100502

Umatin, C. & Andayani, E.S., (2022). Pengaruh self-efficacy dan kemampuan bahasa inggris terhadap aspirasi karir bidang akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 20(1), 25-38.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v9i1.11509

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.