Analisis Kesulitan Belajar Siswa dan Upaya Mengatasinya (Studi Kasus Di MTs. Nurul Ilmi Salimpat)
(1) Fakultas Tarbiyah UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
(2) Fakultas Tarbiyah UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
(3) Fakultas Tarbiyah UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
(4) Fakultas Tarbiyah UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
(*) Corresponding Author
Sari
Learning difficulty is a problem that causes a student not to be able to follow the learning process as well as other students in general. This is caused by certain factors so that he is late and cannot even achieve the learning goals properly as expected. Teachers have an important role in helping students overcome learning difficulties. The purpose of this study was to determine the learning difficulties experienced by students, influencing factors, and efforts that can be made to overcome student learning difficulties at MTS. Nurul Ilmi Salimpat. This research method uses a qualitative descriptive using an observation approach. The results of research conducted at MTS. Nurul Ilmi Salimpat show that efforts to overcome learning difficulties can be started from the subject teacher by 1) The teacher must choose the right learning method, so that students are not bored and bored with the material presented. 2) Use a fun strategy (edutainment strategy) to increase the harmonious atmosphere in the classroom environment and increase student concentration 3) Use a variety of media both from print and electronic media 4) Provide motivation to students, then the efforts of the guidance and counseling teacher with way through direct intervention to students. The last effort from the school principal is to supervise directly.
_____________________________________________________________
Kesulitan belajar merupakan sebuah permasalahan yang menyebabkan seorang siswa tidak dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik seperti siswa lain pada umumnya. Hal Ini disebabkan oleh faktor-faktor tertentu sehingga ia terlambat bahkan tidak dapat mencapai tujuan belajar dengan baik sesuai yang diharapkan. Guru memiliki peran penting dalam hal membantu siswa mengatasi kesulitan belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa, faktor yang mempengaruhi, dan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa di MTS. Nurul Ilmi Salimpat. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan mengunakan pendekatan observasi. Hasil penelitian yang dilakukan di MTS. Nurul Ilmi Salimpat menunjukkan bahwa upaya mengatasi kesulitan belajar bisa dimulai dari guru mata pelajaran dengan cara 1) Guru harus memilih metode pembelajaran secara tepat, sehingga siswa tidak bosan dan jenuh terhadap materi yang disampaikan. 2) Menggunakan strategi yang menyenangkan (strategi edutainment) untuk meningkatkan suasana harmonis dalam lingkungan kelas serta meningkatkan konsentrasi siswa 3) Menggunakan media yang beragam baik yang bersumber dari media cetak dan elektronik 4) Memberikan motivasi kepada siswa, kemudian upaya dari guru bimbingan dan konseling dengan cara melalui intervensi langsung kepada siswa. Terakhir upaya dari kepala sekolah dengan melakukan supervisi secara langsung.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Depdikbud RI.
Ahmadi dan Supriyono. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Angranti, W. (2016). Problematika Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Gerbang Etam, 10(1), 28-37.
Cahyono, H. (2019). Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa MIN. JDPP: Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 7 (1): 1–4.
Irham, M., & Wiyani, A.N. (2013). Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Muntari. (2015). Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di SD Mujahidin 2 Surabaya . Tarus: Jurnal Pendidikan Islam.
Nusroh, S., & Luthfi, E. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Serta Cara Mengatasinya. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 71-92.
Purwanto, M. N. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya
Rahmah, R. (2013). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XII IPS Di MA Syarif Hidayatullah Pontianak. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 4(1), 87-101.”
Ratnawati, S. (2017). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 4(2).
Rega, A. (2022). Kesulitan Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar, Sultan Idris Journal of Psychology and Education, 1(2).
Rizky, A., dkk. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Dan Upaya- Upaya Untuk Mengatasinya. Jurnal BENING, 2(2). Sakti, M.N.S.F. (2019). Urgensi Kecerdasan Spiritual Terhadap Agresivitas Mahasiswa. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 4(2), 175–84.
Soemanto, W. (2006). Psikologi pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta.
Sunardi, dkk. (1997). Menangani Kesulitan Belajar Membaca. Jakarta: Depdikbud RI.
Suryabrata, S. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Susanti, R. D. (2018). Strategi Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Akademik Siswa Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. KONSELING EDUKASI: Journal of Guidance and Counseling, 2.
Suryani, Y.E. (2010). Kesulitan Belajar. Jurnal Penelitian Magistra, 22(73).
Syah, M. (2011). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda.
Utami, Y.P., Alan, D., & Cahyono, D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1 (1), 20–26.
Yohanson, A.K., Hakim, L., Utami, R.R., & Salsabila, A. (2022). The Effect of Work Environment and Work Motivation on Teacher Performance at SMK Gajah Mada Bandar Lampung. GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi, 14(3), 201–11.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v9i1.11074
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sekretariat Jurnal:
Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.