KARAKTERISTIK BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SETTING PENDIDIKAN DALAM TINJAUAN AL QUR’AN SURAH AL MU’MINUUN AYAT 57-61

Ali Rachman(1*)

(1) 1Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Sari


Karakteristik bimbingan dan konseling dalam setting pendidikan memiliki perbedaan dengan setting yang lain. Pada setting pendidikan, pendekatan bimbingan dan konseling memiliki keragaman dan keunikan yang tersendiri. Spesfikasi yang dimaksud tentu saja menyelaraskan antara bidang pendidikan dan kepentingan peserta didik sebagai manusia yang berkembang secara psikologis dengan optimal secara seimbang. Tentunya pemahaman ini begitu kompleks membutuhkan landasan yang kokoh pula. Dalam pendekatan bimbingan dan konseling Islam, landasannya mengacu pada karakteristik: (1) Kolaborasi utuh dengan proses pendidikan, dalam rangka menjamin pewarisan nilai dan ajaran Islam sehingga setiap peserta didik mengacu pada surah Ath Thuur ayat 21  dan, (2) Bimbingan dan konseling merupakan konseptualisasi implementasi pendidikan mengacu pada surah  Ali Imran ayat 37. Secara utuh dan integral karakteristik bimbingan dan konseling pada Al Mu’minuun ayat 57- ayat 61, dengan ini mengacu pada: (1) Pengembangan kepribadian, sikap dan perilaku, (2) Beriman kepada Allah Swt secara menyeluruh, (3) Terbebas dari segala kemusyrikan, dan (4)  Membentuk konseli menjadi pribadi yang memiliki semangat rela berkorban.

_______________________________________________________________

 

Characteristics of guidance and counseling in educational settings have differences with other settings. In the educational setting, the guidance and counseling approach has its own diversity and uniqueness. The specification in question of course aligns the field of education and the interests of learners as human beings who develop psychologically with optimal balance. Surely this understanding is so complex requires a solid foundation as well. In the approach of guidance and counseling of Islam, the basis refers to the characteristics: (1) Collaboration intact with the educational process, in order to guarantee the inheritance of Islamic values and teachings so that each learner refers to surah Ath Thuur verse 21 and, (2) Guidance and counseling is a conceptualization Implementation of education refers to Surah Ali Imran verse 37. Intact and integral characteristics of guidance and counseling on Al Mu'minuun verse 57 verse 61, hereby refers to: (1) Development of personality, attitude and behavior, (2) Faith in God Swt thoroughly, (3) Free from all idolatry, and (4) Establish a counselee into a person who has the spirit of willing to sacrifice.


Kata Kunci


Setting pendidikan, surah Al Mu’minuun ayat 57-ayat 61

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Barwick, Nick (Eds.). (2000). Clinical Counselling in Schools. London: Routledge.

Bor, Robert. et. al. (2002). Counselling in Schools. London, Thousand Oaks, New Delhi: SAGE Publications.

Hornby, Garry; Hall, Carol & Hall, Eric. (2003). Counselling Pupils in Schools: Skills and Strategies for Teachers. London: Routledge Falmer.

Kementerian Agama RI. (2010). Al Qur’an dan Tafsirnya: Jilid I Juz 1-2-3. Jakarta: Penerbit Lentera Abadi.

Kementerian Agama RI. (2010). Al Qur’an dan Tafsirnya: Jilid IX Juz 25-26-27. Jakarta: Penerbit Lentera Abadi.

Tim Penyusun. (2007). Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v3i1.1042

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.