KINERJA PELAYANAN APARATUR DALAM SERTIFIKASI TENAGA PENDIDIK DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

M. Husaini M. Husaini(1*)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Amuntai
(*) Corresponding Author

Sari


The objective of this research is to know service performance of the apparatus in the certification of educators in the Education Office of Kabupaten Hulu Sungai Utara and factors affecting the service performance of the apparatus are in the certification of educators in the Education Office of Kabupaten Hulu Sungai Utara. The research method used is a qualitative research method using a descriptive analysis technique, with techniques of documentation and interviews. The informants in obtaining the data are the Head of the Office, Secretary, Chief of Department. Chiefs of Sections, Head of Sub-sections and also the staff at the Education Office of Hulu Sungai Utara.The result showed that the service performance of the apparatus in the certification of educators in the Education Office of Hulu Sungai Utara has not been optimal yet when seen from the actual tasks and functions. Factors affecting are professionalism factor and organizational structure of the financial managers of educators certification in the Education Office of Hulu Sungai Utara. It can be seen from the aspect of the distribution of tasks which is unclear and is still overlapped in the work, as well as other aspects that the authorities have not been fully delegated for employees in accordance with the existing position and title.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwi, Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.

Badan Pusat Statistik. 2015. Hulu Sungai Utara Dalam Angka, Amuntai.

Benveniste, Guy. 1994. Professionalizing the Organization : Reducing Bureaucracy to Enhance Effectiveness, Penterjemah : Sehat Simamora, Grafindo Persada, Jakarta.

Bogdan dan Taylor. 1984. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif, Penerbit Usaha Nasional, Surabaya.

Dwiyanto, Agus, Agus Pramusinto & Yuyun

Purbokusumo. 1993. Kinerja Organisasi Pelayanan Publik di DIY dan Jateng”, Hasil Penelitian, Fisipol UGM, Yogyakarta.

Faisal, S. 1990. Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar dan Aplikasi, YA3, Malang.

Fajar, Arnie. 2006. Peranan Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru, Bandung: Disdik Jawa Barat.

Garna K, Judistira. 2000. Metode Penelitian Sosial dalam Ilmu Pemerintahan, Primaco Akademika, Bandung.

Handoko, T. Hani. 1988. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi ke 4. Yogyakarta : Liberty.

……….., 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia Edisi ke 4. Yogyakarta : Liberty.

Hendrasti, Lily N. 1990. Wacana No.1, Ánalisis Faktor Yang Dipertimbangkan Mutu Pelayanan, Program Pasca Sarjana Universitas Brawijaya, Malang.

Jaitun. 2013. Kinerja Aparatur Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintah Desa di Desa Sepala Dalung Kecamatan Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung, eJournal Pemerintahan Integratif, 2013, 1 (1): 13-27.

Karta, Ginandjar. 1995. Tantangan Administrasi Negara : Peningkatan Pelayanan Masyarakat Dalam Era Globalisasi, dalam Manajemen Pembangunan 11/III, LAN-RI, Jakarta.

Lukman, Sampara. 1998. Widyapraja No.13, Reformasi Pelayanan Publik Dalam Menghadapi Era Globalisasi, IIP Depdagri, Jakarta.

Makmur Syarif. 2008. Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dan Efektifitas Organisasi, Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Manullang. M. 1995. Manajemen Kepegawaian di Indonesia, Jakarta : Gunung Agung.

Moleong, Lexy J. 1999. Metodologi Penelitian Kualitatif, cetakan kesepuluh, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Moenir. 1992. Manajemen Pelayanan Umum, Jakarta : Bumi Aksara.

Nagui, Roland. 1994. Pengembangan Produksi dan Sumber Daya Manusia, Jakarta : PT Grafindo Persada.

Nazir, Mohammad. 2013. Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Novandy, Riwan. 2009. Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Bagian Administrasi Kemasyarakatan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Simalungun. Medan : Tesis.

Rahmayanti, Emi. 2015. Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2012, Journal Jom Fisip Vol 2 No.1 Februari 2015.

Suharsimi, Arikunto. 2005. Manajemen Penelitian, Cetakan Ketujuh, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Tono. 2014. Hubungan Sertifikasi Guru dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Sebuku Kabupaten Nunukan, eJournal Administrasi Negara, 2 (4), 2014 : 1866 – 1877.

Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004. Tentang Perimbangan Keuangan antara Pusat dan Daerah

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen, 2006, Jakarta : Eka Jaya.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014. Tentang Pemerintahan Daerah, 2014, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/as.v2i1.870

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.