IDENTIFIKASI KEBIJAKAN PEMBERDAYAAN NELAYAN TRADISIONAL DI KAWASAN PESISIR PANTAI POPOH KABUPATEN TULUNGAGUNG

Hari Suprajitno(1*)

(1) Universitas Hang Tuah Surabaya
(*) Corresponding Author

Sari


Nelayan tradisional di kawasan pesisir pantai popoh Kabupaten Tulungagung tidak terlepas dari masalah kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kebijakan pemberdayaan nelayan tradisional yang dilakukan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis berdasarkan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga fase penting pemberdayaan yaitu fase inisiasi,partisipatoris dan emansipatoris.Namun ketiga fase tersebut belum menunjukkan hasil yang optimal. Pada fase inisiasi pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Dinas Perikanan telah meralisasikan bantuan modal dan peralatan guna meningkatkan kesejahteraan nelayan. Akan tetapi temuan di lapangan menunjukkan bahwa persyaratan untuk menerima bantuan tersebut berbelit-belit dan tidak sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya pada fase partisipatoris telah dilakukan pelatihan namun hal tersebut tidak bisa dipraktekkan nelayan karena kekurangan modal. Sedangkan pada fase emansipatoris nelayan sama sekali tidak bisa memberdayakan diri mereka sendiri karena rendahnya keinginan untuk maju dan berkembang.


Kata Kunci


administrasi publik; kebijakan publik; kebijakan pemerintahan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alamsyah, Kamal. 2016. Kebijakan Publik Konsep Dan Aplikasi, Media Citra Mandiri Press. Bandung.

Anggara Sahya. 2016. Pengantar Kebijakan Publik. Pustaka Setia.Bandung

Goso, G., & Anwar, S. M. 2017. Kemiskinan Nelayan Tradisional Serta Dampaknya Terhadap Perkembangan Kumuh. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 3(1), 25–37.

Handoyo, E. 2012. Kebijakan Publik.Widya Karya. Semarang

Prijono, O,S & Pranarka A.MW. 1996. Pemberdayaan : Konsep, Kebijakan dan Implementasi, CSIS. Jakarta

Ramdhani, A., & Ramdhani, M. A. 2017. Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. Jurnal Publik, 1–12.

Saeful, A & Ramdhayanti. 2020. Konsep Pemberdayaan Masyarakat Dalam Islam. Jurnal Syar'ie 3, 1–17.

Safitri, F. 2021. Pemetaan Pola Kegiatan Ekonomi untuk Menentukan Model Pemberdayaan Ekonomi Nelayan Tradisional. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Papua (JPMP) 2(1), 1–9.

Scuftan, Claudio. 1996. The Community Development Dilemma : When Are Service Delivery, Capacity Building, Advocacy and Social Mobilisation Really Empowering? Community Development Journal. 31 (3).

Suharto, E. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat : Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. PT Refika Aditama. Jakarta.

Sugiono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Alpha Betha. Bandung

Suryaningsi, T. 2017. Kemiskinan Masyarakat Nelayan di Desa Aeng Batu-Batu Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan. Jurnal Handep 1(1) : 49–62.

Teguh Aris Munandar; Dadan Darmawan. 2020. Implementasi Program Pemberdayaan Masyrakat Miskin pada Komunitas Nelayan Tradisional untuk Kesejahteraan Sosial Ekonomi di Lontar Kabupaten Serang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 126–133.

Vibriyanti, D. 2014. Kondisi sosial ekonomi nelayan tangkap Kota Tegal Jawa Tengah. Jurnal Kependudukan Indonesia, 9(1), 45–58.

Wahab. SA. 2017. Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik. Bumi Aksara. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/as.v6i2.4372

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.