KUALITAS PELAYANAN UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH (UPTD PPA) TERHADAP TINDAK KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA PADA PEREMPUAN DI KOTA BANJARMASIN

Risqa Aulia Rahmah(1*), Setia Budhi(2)

(1) Magister Ilmu Pemerintahan, Universitas Lambung Mangkurat
(2) Magister Ilmu Pemerintahan, Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Sari


Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dianggap sebagai masalah sosial yang terlalu kompleks dan membutuhkan perhatian khusus dari berbagai pihak terkait, mengingat dampak krusial yang dialami korban KDRT baik secara fisik maupun psikis. UPTD PPA Kota Banjarmasin sebagai pelaksana yang bertanggung jawab dalam menangani kasus KDRT dan memberikan pendampingan kepada korban juga menghadapi kendala tersendiri yang menyebabkan pelayanan terhadap korban KDRT belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami pelayanan Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) dalam menangani perempuan korban KDRT di Kota Banjarmasin dan kendala yang dihadapi oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) dalam memberikan pelayanan kepada korban KDRT di Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menggunakan 5 (lima) dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Hambatan yang ditemukan dari penelitian ini terkait dengan sumber daya manusia, sarana prasarana dan kerjasama dengan klien. Kesimpulan dari penelitian ini menemukan bahwa pelayanan UPTD PPA untuk kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap perempuan sudah cukup baik. Sementara itu, hambatan dalam pelayanan UPTD PPA terkait dengan kurangnya sumber daya manusia, sarana prasarana yang kurang memadai, dan rendahnya kerjasama dengan klien.

KUALITAS PELAYANAN UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH (UPTD PPA) TERHADAP TINDAK KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) PADA PEREMPUAN DI KOTA BANJARMASIN

Kata Kunci


Kualitas Pelayanan, UPTD PPA Kota Banjarmasin, Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Irma, Ade & Saputra, Hendra. 2020. Pengaruh Tangible dan Responsiveness terhadap Kepuasan Pelanggan pada Garuda Plaza Hotel. NIAGAWAN, Vol. 9, No. 3.

Hardiansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media.

Mulyawan, Rahman. 2016. Birokrasi dan Pelayanan Publik. Bandung : UNPAD PRESS.

Nashudin. 2016 Manajemen & Kepemimpinan dalam Pelayanan Publik. Mataram : Sanabil.

Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta.

Prasojo, dkk. 2006. Kinerja Pelayanan Publik : Persepsi Masyarakat terhadap Kinerja, Keterlibatan dan Partisipasi dalam Pelayanan Pendidikan, Kesehatan dan Kependudukan. Jakarta : Yappika.

Sawir, Muhammad. 2020. Birokrasi Pelayanan Publik Konsep, Teori, dan Aplikasi. Sleman : PENERBIT DEEPUBLISH.

Susiana, Sali. 2020. Kekerasan dalam Rumah Tangga pada Masa Pandemi Covid-19. Info Singkat 12 (24) : 12-18.

Taufiqurokhman & Satispi, Evi. 2018. Teori dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik. Tangerang Selatan : UMJ PRESS.

Winarsih, Atik Septi dan Ratminto. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta : Pustaka Belajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/as.v9i2.16134

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.