PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN KTP-ELELTRONIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJARMASIN
(1) Program Studi Magister Administrasi Publik, FISIP, Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author
Sari
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan buruknya pelayanan publik yang masih belum memenuhi syarat di negara berkembang, terlihat dari masih adanya keluhan dari masyarakat tentang buruknya pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kepuasan masyarakat (IKM) terhadap pelayanan KTP-EL di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin dan melakukan analisis perbaikan terhadap masing-masing unsur yang memperoleh indeks kepuasan masyarakat terendah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat cukup puas dengan pelayanan KTP-EL. Namun demikian, jika dimasukkan ke dalam perhitungan indeks kepuasan, hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks kepuasan masyarakat (IKM) terhadap layanan KTP-EL memperoleh nilai 59,95 yang menempatkannya pada kategori Kurang Baik. Hal ini mungkin disebabkan oleh nilai interval kepuasan yang ditetapkan dalam Permenpan RB RI No. 14 Tahun 2017. Penelitian ini tidak hanya melihat seberapa puas masyarakat terhadap layanan, tetapi juga seberapa senang mereka terhadap layanan tersebut. Hal ini didasari oleh kemampuan untuk mengetahui analisis yang lebih mendalam karena dengan tercapainya kepuasan dan harapan dapat memudahkan masyarakat untuk memberikan rekomendasi.
Hasil perhitungan ini juga menunjukkan bahwa rata-rata Indeks Harapan Masyarakat terhadap layanan KTP-EL sebesar 78,72, yang berarti semakin tinggi tingkat harapan masyarakat dibandingkan dengan tingkat kepuasan yang mereka rasakan, maka semakin besar pula tuntutan untuk meningkatkan kinerja.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arbain, Dr. Taufik., dkk. 2015. Survei Pengukuran Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pelayanan Publik Kantor UPPD Dispenda Se-Provinsi Kalimantan Selakan
Daryanto, Setyobudi, Ismanto. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta. PT. Gava Media.
Hardiyansyah. 2017. Manajemen Dan Pengembangan Organisasi Publik. Yogyakarta: PT. Gava media
Hardiyansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: PT. Gava Media
Maksudi, Beddy Irawan.2017. Dasar-Dasar Administrasi Publik. Depok. PT. RajaGrafindo Persada
Mulyadi, Deddy. Gedeona, Hendrikus T. Affandi, Muhammad Nur ,2016. Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik. Bandung:Alfabeta
Pasolong, H. 2013. Teori Administrasi Publik. Bandung:Alfabeta
Sudaryono.2017. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Tjiptono, F. 2011. Service, Quality & Satisfaction Edisi III. Yogyakarta: C.V Andi Offset
Dahmiri., Suzana, Vera (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sarolangun (Studi Pada Mahasiswa Universitas Jambi. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 5, No. 3, 176-185.
Yulindaningtyas, Devi (2015). Kualitas Pelayanan Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ISSN: 2442-6962 Vol. 4, No. 2.
Dewi, K. I. L., Yulianthini, N. N., & Telagawathi, N. L. W. S. (2019). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna BPJS Kesehatan di Kota Singaraja. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(2), 82–92.
Putra, Dhion Gama., Pratiwi, Ratih Nur., & Trisnawati (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Blitar). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 3, No. 12, Hal. 2118-2122.
Edy, I. T., Badriyah, N., Khilil, M. U., & Iskandar, I. (2020). Pengaruh Kualitas Dan Kinerja Pelayanan KTP Elektronik Terhadap Kepuasan Masyarakat Terhadap Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lamongan. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(2), 937–941.
Hanifa, G., Sentosa, S. U., & Armiati, A. (2019). Pengaruh Persepsi Tentang Sarana Prasarana Perkuliahan Dan Pelayanan Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang). Jurnal Ecogen, 1(4).
Hotima, S. H. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pemerintahan Desa Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Dalam Pembuatan Kartu Keluarga Di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Majalah Ilmiah Dian Ilmu, 12(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/as.v9i1.13492
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.