EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM APLIKASI E-MUTASI.BKD.KALSELPROV.GO.ID MENUJU TOTAL QUALITY SERVICE PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
(1) Program Studi Magister Administrasi Publik, FISIP, Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author
Sari
Penelitian ini membahas tentang tuntutan dan keluhan masyarakat saat ini mengenai kualitas pelayanan publik di Indonesia. Tuntutan saat ini akan pelayanan publik yang berkualitas dari pemerintah daerah membutuhkan pertimbangan prinsip-prinsip efektivitas dan efisiensi dalam memberikan pelayanan tersebut. Namun, perlu dicatat bahwa hanya ada sedikit perubahan yang berarti dalam praktik-praktik penyedia layanan, meskipun ada tuntutan yang meningkat dari masyarakat untuk kualitas layanan yang lebih baik.
Hal ini akan membantu penyedia layanan publik dalam tugas-tugas yang berkaitan dengan administrasi, pemberian layanan, pemrosesan data karyawan, dan manajemen penelitian. Terlepas dari tantangan yang dihadapi penyedia layanan saat ini, sangat penting bagi mereka untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan kualitas layanan dan birokrasi untuk memenuhi harapan masyarakat. Apabila usulan memenuhi persyaratan, maka akan dibuatkan Surat Pengantar Mutasi, yang apabila telah selesai akan dikirimkan melalui email pengusul dan akan diupdate di e-mutasi.
Surat Pengantar Mutasi yang telah selesai dibuat akan segera dikirimkan melalui email yang didaftarkan pada saat pengusulan pertama kali dan pengisian data diri. Bagi pihak penyedia aplikasi emutasi, tentunya pembuatan sistem aplikasi tidaklah murah sehingga perlu dimaksimalkan dalam memberikan pelayanan untuk memudahkan ASN dalam pengurusan mutasi pegawai khususnya antar kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Selatan. Perbaikan dan pengembangan akan terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang terdigitalisasi, sehingga semakin baik dan dapat memenuhi ekspektasi dan harapan pengguna.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta, Gajah Mada University Press.
Inovasi Administrasi Kepegawaian dengan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) Dalam Mewujudkan Good Governance Nindry Septya Pranita, Siti Rochmah, Sukanto (2013)
Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E- Government
Lestari, Ni Putu, et.al, 2014 Persepsi Pengguna Informasi tentang Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Komputer Pada PT. Adira Dinamika Multifinance, TBK Kantor Cabang Singaraja, E-Journal SI AK Universitas Pendidikan Ganesha, Vo. 2 No.1
Nindry Septya Pranita, Siti Rochmah, Sukanto (2013) dengan judul “Inovasi Administrasi Kepegawaian dengan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) Dalam Mewujudkan Good Governance”, studi pada BKD Kota Batu, jurnal ilmiah jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya Malang.
Pasolong, Harbani. 2008. Teori Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta
Peraturan Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2019
Peraturan Kepala BKN Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Pedoman Pemanfaatan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian
Sedarmayanti, 2013, Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan, Bandung : Refika Aditama
Sugiyono.2002. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono.2004. Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono.2007. Metode Penelitian Kualitatif dan R&Di. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono.2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono.2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
T. Ardi Dwisasti, (2017) Kualitas Pelayanan Mutasi Pegawai Program Studi Magister Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau
Undang – undang No. 5 Tahun 2014 Pasal 127 Tentang Sistem informasi Aparatur Sipil Negara
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/as.v9i1.13306
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.