ANALISIS HUBUNGAN PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG (MKJP) DI WILAYAH KERJA BALAI PENYULUH KB KECAMATAN JEJANGKIT KABUPATEN BARITO KUALA

Santi Nur Safitri(1), Ari Widyarni(2*), Hilda Irianty(3), Netty Netty(4)

(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(4) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Data Balai Penyuluh KB Kecamatan Jejangkit tahun 2021 jumlah peserta KB aktif sebanyak 979 (100%) dengan pengguna kontrasepsi terbanyak yaitu Suntik sebanyak 485 (49,54%), penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pengetahuan ibu dan dukungan suami dengan penggunaan alat kontrasepsi MKJP di wilayah kerja Balai Penyuluh KB Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif yang bersifat analisis dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta KB aktif yang memiliki suami di wilayah kerja Balai Penyuluh KB Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala. Sampel berjumlah 89 responden. Pengambilan sampel dilakukan secara proposional sampling. Instrument penelitian menggunakan Kuesioner dan wawancara. Dianalisis mengunakan uji chi square. Hasil penelitian didapatkan ada hubungan pengetahuan ibu (p value = 0,000) dan dukungan suami (p value = 0,000) dengan penggunaan alat kontrasepsi MKJP. Untuk meningkatkan penggunaan alat kontrasepsi MKJP dengan upaya melakukan sosialisasi dan mempromosikan melalui media sosial mengenai penggunaan MKJP kesemua masyarakat, agar mereka mengetahui dan mampu memilih metode kontrasepsi apa yang tepat untuk digunakan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kemenkes RI. (2014). Situasi dan Analisis Keluarga Berencana" Kementerian kesehatan Republik Indonesia.

Siregar A. (2016). Kebijakan Program Kependudukan, Keluarga Berencana, Dan Pembangunan Keluarga Dalam Membangun Keluarga Sehat.BKKBN. Jakarta : Kementerian Kesehatan . 1-75.

BKKBN. (2017). Pedoman pelaksanaan Pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang. Jakarta: BKKBN.

DPPKBP3A. (2020). Profil DPPKBP3A. DPPKBP3A. Kabupaten Barito Kuala.

Balai Penyuluh KB. (2020). Data Peserta KB Aktif dan Data Penggunaan Kontrasepsi. Kecamatan Jejangkit.

Era Haryati. (2020). Hubungan tingkat pengetahuan dengan Penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang di UPTD Puskesmas Lompoe Kota Parepare Tahun 2020.

Noor Khalisha Puteri, M. S. (2019). Hubungan Pengetahuan suami dan pola komunikasi suami-istri dengan penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). 147-154.

Balai Penyuluh KB. (2021). Data Peserta KB Aktif dan Data Penggunaan Kontrasepsi. Kecamatan Jejangkit.

Norfai. (2021). Statistika non Parametrik Untuk Bidang Kesehatan (Teoritis, Sistematis dan Aplikatif). Penerbit Lakeisha.

Assagaff, S. N. (2018). Hubungan tingkat pengetahuan akseptor wanita tentang MKJP dengan minat pemilihan metode kontrasepsi di Puskesmas Tegalrejo Yogyakarta.

Rahmi Hidayati. (2019). Hubungan Pengetahuan, Paritas dan Dukungan Suami dengan Pemilihan Penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di Puskesmas Sungai Jingah 2019.

Dwi Astuti Widia Ningrum, D. E. (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) pada Pasangan Usia Subur di Wilayah Kerja Puskesmas Batang Hari Kabupaten Lampung Timur. 201.

Dewi Canda, J. S. (2018). Hubungan Pengetahuan dan Dukungan Suami dengan Pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang di Kelurahan Lolu Selatan Wilyah Kerja Puskesmas Birobuli.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v9i2.9209

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.