HUBUNGAN KETAKSAAN DAN KONFLIK PERAN DENGAN STRES PADA TENAGA KERJA DI LABORATORIUM K3 PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Ari widyarni(1*), Gt. Jhorgi Syahidan(2), Nuning Irnawulan Ishak(3), Akhmad Fauzan(4)

(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(4) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Hasil survei CFO Innovation Asia Staff bahwa tingkat stres kerja di negara Asia termasuk Indonesia yaitu sebanyak 73% berpotensi terjadi stres kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan ketaksaan dan konflik peran dengan stres pada tenaga kerja di Laboratorium K3 Propinsi Kalimantan Selatan. Jenis penelitian obsevasional analitik dengan pendekatan cross sectional,  dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang menggunakan metode pengambilan sampel dengan accidental sampling. Variabel penelitian ini adalah stres kerja, ketaksaan peran, dan konflik peran. Analisis data secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengalami stres kerja sedang sebesar 26 responden (52%), sebagian besar responden dengan ketaksaan peran sedang sebesar 30 responden (60%) dan sebagian besar responden mengalami konflik peran sedang sebesar 30 responden (60%). Hasil uji chi-square menunjukkan bahwa ada hubungan ketaksaan peran (p=0,019) dengan stres kerja dan tidak ada hubungan konflik peran (p=0,124) dengan stres kerja pada tenaga kerja di Laboratorium K3 Propinsi Kalimantan Selatan. Saran bagi instansi perlu dilakukan langkah pengendalian diantaranya kepastian tugas-tugas untuk produktifitas pekerja, memberikan pelatihan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja dan mengadakan family gathering sebagai upaya pencegahan terjadinya stress kerja pada tenaga kerja.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ida Setyaningsih. (2016). Pengaruh Stres Kerja Terhadap Perilaku Keagamaan Karyawan Di Pt Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia. Skripsi Sarjana. Fakultas Dakwah Dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.

Beehr, T. A. (1995). Psychological Stress In The Workplace. London: Routledge.

World Health Organization (2014). Maternal Mortality, Global Health Estimates. Switzerland By Labour Force Survey Inggris.

Staff, C. I. A. (2012). Work is Top Trigger of Stress for Asia Pacific Workers.

Republik. (2015). Komunitas Berani Jadi Miliarder “Survei Membuktikan Banyak Pekerja Di Kota-Kota Besar Stress Memuncak”. [Online]. (diupdate 20 April 2015). https://republikbjm.wordpress.com. [diakses 10 April 2021]

Laboratorium Kesehatan Dan Keselamatan Kerja. (2021). Profil Laboratorium Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Provinsi Kalimantan Selatan.

Leka, S. (2004). Protecting Workers’ Health Series No. 3 Work Organization & Stress. WHO Library Cataloguing in Publication Data. www.who.int/occupational_health/publications/pwh3rev.pdf. [diakses 10 April 2021].

Azwar, S. (2005). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar Offset.

Robbins, P. Stephen. (2012). Perilaku Organisasi. Salemba Empat. Jakarta.

Prabowo, Yudha Fandy. (2009). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Stres Kerja Pada Bagian Produksi Industri Mebel Pt. Chia Jiann Indonesia Furniture Di Wedelan Jepara Tahun 2009. Skripsi Sarjana. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri, Semarang.

Marchelia. (2014). Stres Kerja Ditinjau Dari Shift Kerja Pada Karyawan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Vol. 02. No. 01. Januari 2014.

Yuliani, Indah., & Fitrimiranti, (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Stres Kerja di Area Stationery. Jurnal Antara Keperawatan, Vol.3, No.3, September - Desember 2020. ISSN : 2686 – 4614.

Manabug, Apriliani R, Suoth, Lery F & Worouw Finny. (2018). Hubungan Antara Masa Kerja dan Beban Kerja dengan Stres Kerja pada Tenaga Kerja di Pt. Pertamina TBBM Bitung. Jurnal KESMAS, Vol.7, No.5, 2018.

Macan, Habali Humam. et al., (2017). Hubungan Stresor Kejadian Stres pada Mahasiswa Kepaniteraan Klinik. J Agromed Unila, Vol.4, No2, Desember 2017, 314.

Munandar A. S. (2006). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta. Universitas Indonesia (UI-Press).

Indrawan, R. (2009). Pengaruh Konflik Peran Terhadap Stres Kerja Dengan Ketidakpastian Dan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada PT. Air Mancur Karanganyar). Universitas Sebelas Maret.

Karima, Asri. (2014). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Stress Kerja Pada Pekerja Di Pt X. Skripsi Sarjana. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK). Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rachman, Satrio Budi Prakosa. (2017). Faktor Determinan Terhadap Stres Kerja Pada Pekerja Bagian Produksi Di Pt Indogravure. Skripsi Sarjana. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nurazizah. (2017). Faktor-Faktor berhubungan Dengan Stres Kerja Pada Perawat Di Ruang Inap kelas III RS X Jakarta. Skripsi Sarjana. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Habibi, J dan Jefri. (2018). Analisis Faktor Risiko Stres Kerja Pada Pekerja Di Unit Produksi Pt. Borneo Melintang Buana Export. Journal of Nursing and Public Healt, Volume 6 no. 2, Oktober 2018.

Hermita. (2011). Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Semen Tonasa (PERSERO) Pongkp. Skripsi Sarjana. Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, Makassar.

Yasa, I. W. M. (2017). Pengaruh Konflik Peran dan Ambiguitas Peran Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Mediasi Stres Kerja Pada Dinas Kesehatan Kota Bali. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 4 (1), 38-57.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v9i1.6898

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 085228641128/082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.