EFEKTIVITAS PENYULUHAN METODE DARING MENGGUNAKAN MEDIA PHANTOM TENTANG CARA MENYIKAT GIGI YANG BAIK DAN BENAR DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 5 ALALAK HANDIL BAKTI

Widia Utami(1), Ida Rahmawati(2*), Fahmi Said(3)

(1) Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Banjarmasin
(2) Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Banjarmasin
(3) Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran COVID, dijelaskan bahwa proses belajar dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penyuluhan metode daring menggunakan media phantom terhadap tingkat pengetahuan tentang cara menyikat gigi yang baik dan benar dimasa pandemic COVID-19. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan one group pretest posttest. Pengambilan sampel penelitian menggunakan total  sampling dengan jumlah sampel 80 responden. Pengolahan data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pengetahuan sebelum diberikan penyuluhan dengan media phantom 20,03 dan sesudah diberikan penyuluhan dengan media phantom nilai pengetahuan siswa meningkat menjadi 27,43. Berdasarkan hasil uji paired sample t-test didapatkan nilai ρ = 0,000 dengan α = 0,05 sehingga ρ<α artinya Ho ditolak dan Ha diterima.Kesimpulannya ada perbedaan sebelum dan sesudah penyuluhan dengan media phantom pada siswa. Disarankan agar dilakukan kegiatan pelayanan asuhan pada SMPN 5 alalak terutama pada kegiatan promotif yaitu penyuluhan dengan media agar membantu siswa dalam memahami masalah kesehatan gigi dan mulut.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fathiya I, 2020, Pedoman Pencegahan Pengendalian Coronavirus Disease (covid-19), Jakarta : Kementrian Kesehatan RI.

Astini, N. K. S, 2020. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25.

Kemenkes RI, 2013. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2013. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Jakarta.

Kemenkes RI, 2018. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Jakarta.

Artini, Eliza, Indriyani, 2002, Pendidikan Kesehatan Gigi. Kedokteran EGC : Jakarta

Astoeti, T. E, 2006. Total Quality management Dalam Pendidikan Kesehatan Gigi Sekolah. Raja Grafindo Persada : Jakarta

Andriany, P., Novita, C.F., & Aqmaliya, S, 2016 Perbandingan Efektifitas Media Penyuluhan Poster dan Kartun Animasi Terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut, Journal of Syiah Kuala Society, 1(1).Hal. 65- 72

Papilaya, E.A. and Zuliari, K., 2016. Perbandingan pengaruh promosi kesehatan menggunakan media audio dengan media audio-visual terhadap perilaku kesehatan gigi dan mulut siswa SD. e-GiGi, 4(2).

Notoatmodjo S, 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Notoatmodjo S, 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu perilaku. Rineka Cipta, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v9i1.6869

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 085228641128/082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.