Kajian Identifikasi Bahaya, Analisis RisikoDan Pengendalian Bahaya Di PT. X Tahun 2021

Nahdiyati Ramadhani(1*), Willia Novita Eka Rini(2)

(1) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Jambi
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


Perusahaan harus mementingkan keselamatan dan kesehatan para pekerjanya agar terciptanya produktivitas kerja yang baik dan dapat meningkatkan hasil produksi. Hal ini memerlukan manajemen risiko yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi bahaya, menganalisis risiko dan menganalisis pengendalian bahaya di PT x Tahun 2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan penelitian observasional dengan manajemen risiko metode Hazard and Operability Study di PT x pada bulan April 2021. Bahaya yang terdapat pada proses produksi kayu lapis (plywood) meliputi lingkungan kerja yang penuh dengan tumpukan kayu yang tinggi sehingga dapat berpotensi menimbulkan kecelakaan, bau lem dan cat dempul, bahaya dari alat kerja misalnya mesin rotary, mesin hot press, mesin cold press dan mesin cutting. Berdasarkan identifikasi bahaya dilakukan analisis risiko terdapat 2 bagian kerja dengan level risiko ektrim yaitu bagian rotary dan shipping, terdapat 7 bagian dengan risiko tinggi yaitu bagian log yard, veneer selection and revairing, glue spreading, hot press, cutting, sanding, 3 bagian kerja dengan level risiko sedang yaitu pendempulan, grading, packing dan 1 bagian kerja dengan level risiko rendah yaitu cold press. Pengendalian bahaya yang dilakukan oleh perusahaan adalah membuat Standar Operasional Prosedur, menyediakan alat pelindung diri dan melakukan pelatihan pada setiap bagian kerja.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ramli S. Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja OHSAS 18001. Cetakan ke. Jakarta: Dian Rakyat; 2014.

Badan Pusat Statistik. Kebutuhan Data Ketenaga Kerjaan Untuk Pembangunan Berkelanjutan. 2018.

Internasional Labour Orgnization. Menigkatkan Kesehatan dan Keselamatan Pekerja Muda. 2018.

Ningsih SOD, Hati SW. Analisis Resiko Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Dengan Menggunakan Metode Hazard and Operability Study (Hazop) Pada Bagian Hydrotest Manual Di Pt. Cladtek Bi Metal Manufacturing. J Appl Bus Adm. 2019;3(1):29–39.

Utami FI. Profile Identifikasi Bahaya dan Analisis Risiko Ditinjau Dari Bahaya Fisik, Mekanik dan Kimia di CV. X Temanggung. J Tek Ind. 2019;3.

UNSW Health and Safety. Risk Management. 2008.

AS/NZS 4360:2004. Risk Management Guidelines. 2004.

Rosalin H. Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Dengan Metode (FTA) di Bagian Produksi PT. Sejahtera Usaha Bersama Kabupaten Jember. Digit Repos Univ Jember. 2016;

Siska M. Analisis 5Ss dan Hirarc Pada Stasiun Kerja Rotary, Dryer,dan Veneer di PT. Asia Forestama Raya Pekan Baru. J Tek Ind. 2018;4.

Ting JSL, Kwok SK, Tsang AHC. Hybrid risk management methodology: A case study. Int J Eng Bus Manag. 2009;1(1):25–32.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v8i2.5105

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.