Gambaran Praktik Kader Dalam Diagnosa Status Balita Stunting Di Desa Harjomulyo Silo Kabupaten Jember

Dhyani Ayu Perwiraningrum(1*), Agustina Endah Werdiharini(2), Dahlia Indah Amareta(3)

(1) Jurusan Kesehatan, Politeknik Negeri Jember
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Kecamatan Silo tercatat dalam laporan EPPGBM per Februari memiliki prevalensi stunting yang cukup tinggi, terutama pada cakupan wilayah puskesmas Silo II sebanyak 1269 balita hal ini dikuatkan oleh data laporan E-HDW (E-Health Development Worker) Kementerian Desa dan PDTT per Maret 2021 bahwa Kecamatan silo berada pada peringkat tertinggi di Jember sebesar 49%. Selama pandemi Covid 19, terdapat kecenderungan penurunan praktik kader dalam melakukan diagnosa stunting. Selama di lapangan, kader memiliki hambatan dalam melaksanakan kegiatan seperti tingkat pendidikan yang masih kurang dan belum mendapatkan pelatihan terhadap tugas sebagai kader secara maksimal, sehingga praktik pelaksanaan seringkali kurang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran praktik kader dalam menentukan status balita stunting. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan data dengan stratified random sampling pada 40 kader di desa Harjomulyo. Hasil dan pembahasan yang didapatkan menunjukkan mayoritas kader melakukan praktik yang tepat meskipun masih ada beberapa praktik yang kurang tepat seperti praktek kader pada alat antropometri yaitu mencari alas bidang datar yang belum tepat (55%), serta praktek kader pada balita yaitu Memposisikan kaki tidak ditekuk dan lutut sejajar menyatu (55%) dan membaca ukuran setelah memposisikan balita (60%). Akan tetapi dalam melakukan praktik diagnosa stunting, kader mayoritas tidak tepat melakukan diagnosa stunting berdasarkan cut off -2 standar deviasi (57,5%), dimana anak stunting seharusnya ditentukan apabila pengukuran melebihi cut off tersebut.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Yappika Action Aid. Annual Report: Kajian Kebijakan dan Studi Kasus Stunting di Tingkat Nasional dan Kabupaten Jember. Jakarta. 2017.

Pusdatin Kemenkes RI . Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan. Situasi Balita Pendek (Stunting) di Indonesia. ISSN 2088 – 270 X. 2018.

Albab M. Angka Stunting, Kematian Ibu dan Anak di Jember Tertinggi di Jatim. IDN News [Internet]. Available from: www.jatim.idntimes.com. 2021

Fuada N., Salimar, Irawati A., Kemampuan kader Posyandu dalam melakukan Pengukuran Panjang/Tinggi Badan Balita. Jurnal Ekologi Kesehatan Vol 13 no 3. 2014.

Dickson APT.,Suprojo A., Adiwidjaja I., Peran Kader Posyandu Terhadap Pembangunan Kesehatan Masyarakat, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, FISIP, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Email: mozzad_buce@yahoo.com JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ISSN. 2442-6962 Vol. 6 No. 1. 2017

Candra A. Beberapa Faktor Berhubungan Dengan Keaktifan Kader Posyandu Di Desa Pengadegan Kab. Banyumas: Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia. Vol.6 No.2. 2018.

Perwiraningrum DA, Elisanti AD, Amareta DI, Werdiharini AE. Need Assessment of Stunted Children During Pandemic Covid-19 to Develop Nutrition Intervention Program in Jember District, East Java, Indonesia. Proceeding The 1st International Converence on Social Science, Humanity and Public Health 2020. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 514. Altantis Press.2020

Adriansyah AA, Firdausi NJ., Yuliani K, Sa'adah N, Edukasi Cara Pengukuran Berat Badan dan Tinggi Bdan dalam Pemantauan Tumbuh Kembang Bayi dan Balita. Journal of Community Engagement and Employment. ISSN: 2714-5735. https://ojs.iik.ac.id/index.php/JCEE/article/view/313. 2020

Pangestuti NA, Syamsulhuda BM, Kusumawati A. Beberapa Faktor yang Berhubugan dengan Praktik Kader dalam Penuluhan Di Meja 4 Pada Posyandu di Kelurahan Ngaliyan Kota Semarang. JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT (e-Journal) Volume 4, Nomor 5, ISSN: 2356-3346. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jkm. 2016.

Amareta DI, Ardianto ET. Pendampingan Kader Kesehatan Remaja dalam Pencegahan Anemia pada Remaja Putri. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2018. ISBN: 978-60214917-6-8. 2018.

Milla AI., Arsy GR., Gambaran Pengetahuan dan Sikap Kader Posyandu dalam Pemantauan Pertumbuhan Perkembangan Balita di Wilayah Puskesmas Rejosari Kabupaten Kudus. Jurnal Profesi Keperawatan. Vol 8 No 1 Januari 2021. http://jurnal.akperkridahusada. 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v8i1.4807

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.