HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU BALITA DENGAN CAKUPAN STIMULASI DETEKSI INTERVENSI DINI (SDIDTK) ANAK BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS JEMBATAN KECIL KOTA BENGKULU

Dewi Aprilia Ningsih I(1*), Selpi Ara Bela(2)

(1) Program Studi Kebidanan STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu
(2) Program Studi Kebidanan STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan Ibu Balita dengan Cakupan Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Anak Balita di wilayah Kerja Puskesmas Jembatan Kecil Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang memiliki anak balita (1-5 tahun) sebanyak 531 ibu balita. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling diperoleh sampel sebesar 84 orang. Pengumpulan data menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan uji Chi-Square dan uji Contingency Coefficient (C). Hasil penelitian didapatkan: (1) dari 84 orang terdapat 50,0% ibu yang memiliki pengetahuan kurang, 31,0% ibu yang memiliki pengetahuan cukup dan 19,0% ibu yang memiliki pengetahuan baik; (2) dari 84 orang terdapat 59,5% orang yang tidak melakukan SDIDTK dan 40,5% orang yang melakukan SDIDTK; (3) ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu dengan cakupan SDIDTK dengan kategori sedang.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dinkes kota Bengkulu, 2017. Profil Kesehatan Kota Bengkulu 2017. Bengkulu: Dinas Kesehatan Kota.

Dinkes Provinsi Bengkulu, 2017. Profil Kesehatan Provinsi Bengkulu 2017. Bengkulu: Dinas Kesehatan Provinsi.

Setiawan, Dony., 2014. Keperawatan Anak Dan Tumbuh Kembang (Pengkajian Dan Pengukuran). Yogyakarata: Nuha Medika.

Fitriani, Inna S dan Rona Riasma O., 2017. Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Orang Tua Terhadap Pencegahan Penyimpangan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Balita. Jurnal IJHS Vol. 1 No. 1 Maret 2017 hal. 01-09.

Kurniawati, dkk., 2017. Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi Tumbuh Kembang Balita Dengan Perkembangan Balita Usia 12-36 Bulan Di Posyandu Kasih Ibu 7 Bunyu Urip Klego Boyolali Tahun 2014. Jurnal Akademi Kebidanan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Mariyana, 2015. Hubungan Antar Pengetahuan dan Sikap Ibu Terhadap Frekuensi Pemeriksaan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Pada Balita Di Puskesmas Sungai Jingah Banjarmasin Tahun 2015. Jurnal Akademi Kebidanan Bunga Kalimantan.

Marmi dan Kukuh, R., 2015. Asuhan Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Puskesmas Jembatan Kecil, 2017. Profil Puskesmas Jembatan Kecil. Bengkulu : Puskesmas Jembatan Kecil.

Pusat Data dan Informasi Kemenkes RI, 2015. Stimulasi Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak di Indonesia.

Pusat Data Profil Anak Indonesia. 2015. Stimulasi Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak di Indonesia.

Sari, Lusi Yunita., 2016. Hubungan Pengetahuan Ibu Dengan Perilaku Menstimulasi Perkembangan Anak Usia 3-5 Tahun di Posyandu Kamboja Dusun Kalongan Mlati Sleman. Naskah Publikasi. Yogyakarta: STIKES ‘AISYIYAH




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v6i1.2575

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.