ANALISIS PERILAKU PENCEGAHAN DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI PUSKESMAS KELAYAN TIMUR KOTA BANJARMASIN

Zuhrupal Hadi(1*), Khairul Anam(2), Chandra Chandra(3)

(1) FKM UNISKA BANJARMASIN
(2) FKM UNISKA BANJARMASIN
(3) FKM UNISKA BANJARMASIN
(*) Corresponding Author

Sari


Penyakit diare saat ini menjadi permasalahan global yang dapat ditemukan di seluruh dunia. Menurut  WHO, diare merupakan buang air besar dalam bentuk cairan lebih suatu dari tiga kali dalam satu hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Perilaku Pencegahan Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Puskesmas Kelayan Timur Kota Banjarmasin Tahun 2017. Jenis penelitian bersifat survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil pengumpulan data dianalisis dengan menggunakan statistik univariat, bivariat, dengan uji chi square dengan dibantu perangkat komputer. Hasil analisis diperoleh Distribusi Responden kejadian diare di Puskesmas Kelayan Timur Kota Banjarmasin Tahun 2017 adalah (51% berbanding 49%). Variabel yang mempunyai hubungan dengan kejadian diare adalah pengetahuan (p value  = 0,024), sikap (p value  = 0,009) dan tindakan (p value  = 0,001). Dalam mencegah tingginya kejadian diare diperlukan usaha yang mampu untuk meningkatkan perilaku masyarakat dalam mengendalikan kejadian diare. Hasil ini juga dapat menjadi reperensi untuk pencegahan kejadian diare dan menjadi masukan bagi peniliti lain.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alamsyah, Dedi dan Muliawati, Ratna., 2013. Pilar Dasar Ilmu Keseshatan Masyarakat. Yogyakarta: Nuha Medika.

Cahya Ningrum Desi, 2015. Studi Tentang Diare Dan Faktor Resikonya Pada Balita Umur 1 – 5 Tahun Di Wilayah Kerja Puskesmas Kalasan Sleman. Skripsi. Program Studi Bidan Pendidik Jenjang D IV. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah, Yogyakarta.[online].http://opac.unisayogya.ac.id.

Depkes, RI., 2010. Buku Bagan Managemen Terpadu Balita Sakit (MTBS). Jakarta: Depkes RI.

Depkes RI., 2011. Cuci Tangan Pakai Sabun Dapat Mencegah Berbagai Penyakit. [online]. http://www.depkes.go.id [diakses 29 Mei 2017].

Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, 2016. Laporan Tahunan Tahun 2010-2015 dalam Penemuan Dan Pengobatan Penderita Diare. Banjarmasin: Dinkes Kota Banjarmasin.

Notoatmodjo, Soekidjo., 2003. Prinsip-Prinsip Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat: Rineka Cipta

Notoatmodjo, Soekidjo., 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo., 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Puskesmas Kelayan Timur, 2016. Laporan Tahunan Tahun 2010-2015 dalam Program Diare. Banjarmasin : Puskesmas Kelayan Timur.

Rauf, H, dkk., 2013. Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Ibu Terhadap Derajat Kejadian Diare pada Balita di Puskesmas Pattalassang Kabupaten Takalar. STIKES Nani Hasanuddin Makassar .Volume 2 Nomor 6.ISSN : 2302-1721. [online]. http://library.stikesnh.ac.id.

Widoyono, 2011. Penyakit Tropis Epidemiologi, Penularan, Pencegahan dan Pemberantasannya. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v5i1.1648

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.