ANALISIS BEBAN KERJA TENAGA GIZI DI RSUD BANJARBARU

Maidina Aisyah(1), Aprianti Aprianti(2*)

(1) Poltekkes Kemenkes Banjarmasin
(2) Poltekkes Kemenkes Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Semakin baik pelayanan gizi yang diberikan oleh rumah sakit, maka semakin baik pula standar akreditasi rumah sakit tersebut. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis beban kerja tenaga gizi di Instalasi Gizi RSUD Banjarbaru. Penelitian ini merupakan penelitian observasional yang bersifat deskriptif kualiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga gizi di RSUD Banjarbaru yang berjumlah 9 orang. Analisis data disajikan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian ini Penggunaan waktu produkif tenaga gizi di ruang rawat inap 60,6% sedangkan di ruang penyelenggaraan 94%, waktu kerja yang tersedia bagi tenaga gizi di ruang rawat inap sebesar 34,25 jam/minggu sedangkan di ruang penyelenggaraan makanan 35 jam/minggu. Standar beban kerja tenaga gizi pertahun menunjukkan setiap kegiatan membutuhkan waktu dalam setiap standar beban kerja sesuai kegiatan dari hari kerja yang tersedia. Proporsi waktu beban kerja tenaga gizi di ruang rawat inap kurang dari standar sedangkan di ruang penyelenggaraan makanan melebihi standar waktu produktif dan waktu kerja yang tersedia tenaga gizi belum sesuai. Diharapkan dapat melanjutkan penelitian selanjutnya untuk menentukan standar kelonggaran dan kebutuhan tenaga kerja di rumah sakit lain atau ditempat lainnya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depkes RI, 1991. Pelayanan Gizi Rumah Sakit (PGRS). Jakarta: Direkorat Gizi Masyarakat.

Depkes RI, 2003. Pelayanan Gizi Rumah Sakit (PGRS). Jakarta: Direkorat Gizi Masyarakat.

Departemen Kesehatan RI, 2013, Buku pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit, Dirjen Pelayanan Medik, Direktorat Rumah Sakit khusus dan Swasta, Jakarta.

Hendrorini, A., I. Anwar., dan E. Herianandita. 2012. Analisis Beban Kerja Tenaga Gizi Yang Bekerja Di Unit Produksi Makanan Dan Di Ruang Rawat Inap Pada Beberapa Rumah Sakit Di Jabodetabek Tahun 2012

Ilyas, Y., 2004. Perencanaan SDM Rumah Sakit : Teori, Metoda, dan Formula. Depok, FKM-UI.

Kemenkes RI., 2013. Pelayanan Gizi Rumah Sakit. Available form: http://gizi.depkes.go.id/download/Pedoman%20Gizi/COVER%20PGRS_PGRS%20Final.pdf [Accessed 11 januari 2016].

M. Waseso Suharyono, Wiku B.B Adisasmito. 2006. ”Analisis Jumlah Kebutuhan. Tenaga Pekarya Dengan Work Sampling di Unit Layanan Gizi Pelayanan.

Purnamasari S. I., 2010. Analaisa Kebutuhan enaga Ahli Gizi Berdsarkan Beban Kerja di RSUD Banjarmasin : Banjarmasin.

Rachmat, H. H., 2003. Kebijakan Pengembangan Tenaga Kesehatan Dan Perencanaan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kesehatan. Yogyakarta: Lokakarya pengembangan SDM RS Sardjito.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v5i1.1641

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.