Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk An-Nadaa: Jurnal Kesehatan Masyarakat?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

PEDOMAN UNTUK PENULIS

 

Pengiriman Naskah

Artikel yang dikirimkan untuk dimuat dalam Jurnal An-Nadaa belum pernah dipublikasikan dan tidak dikirimkan ke penerbitan lain pada waktu yang bersamaan. Naskah diketik dalam format *.doc/ *.docx (Microsoft Office Word) dan dikirimkan secara daring (online) dan via email jurnal.annada@gmail.com .

 

Persiapan Teknis Makalah

Naskah diketik pada kertas berukuran 8,27” x 11,69” (A4), dengan batas tepi (margin) 1” (2,5 cm), huruf (font) Times New Roman, besar huruf (font size) 12 point dan menggunakan spasi satu. Setiap bagian/ komponen dari naskah dimulai pada halaman baru, dengan urutan sebagai berikut: halaman judul, abstrak inggris dan indonesia, kata kunci (key words), teks keseluruhan, daftar pustaka, tabel dan gambar (setiap tabel dan gambar pada halaman terpisah). Nomor halaman dicantumkan secara berurutan dimulai dari halaman judul pada sudut sebelah kanan bawah.

 

Halaman Judul

Halaman judul (halaman pertama) harus mencakup:

  1. Judul makalah yang dibuat sesingkat mungkin, spesifik dan informatif
  2. Nama dan email setiap penulis, nama departement dan lembaga afiliasi penulis
  3. Nama dan alamat penulis untuk korespondensi serta nomor telpon.

 

Abstrak dan Kata Kunci (Key Word)

Halaman kedua memuat abstrak yang tidak terstruktur dalam 1 (satu) paragraph dan maksimal dari 250 kata yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak harus berisi latar belakang (1-2 kalimat), tujuan penelitian (1 kalimat), metode (3-4 kalimat), hasil (3-4 kalimat) dan kesimpulan (1 kalimat). Abstrak dibuat singkat, informative dengan menekankan aspek baru dan penting dari penelitian. Kata kunci (key word) dicantumkan dibawah abstrak pada halaman yang sama sebanyak 3 – 5 kata.

 

Teks

Teks makalah laporan penelitian dibagi dalam beberapa bagian dengan judul sebagai berikut: Pendahuluan (Introduction), Bahan dan Metode (Materials and Methods), Hasil (Result) dan Pembahasan, serta Kesimpulan (Conclution). Uraikan teknik statistik secara rinci pada metode untuk memudahkan para pembaca memeriksa kembali hasil yang dilaporkan. Teks makalah ilmiah dibagi dalam Pendahuluan, Isi, Pembahasan dan Kesimpulan.

 

Daftar Pustaka

Daftar pustaka ditulis sesuai dengan cara penulisan menurut harvard style dan hanya mencantumkan kepustakaan yang dipakai dan relevan. Rujukan ditulis sesuai alfabet. Tabel dan gambar diberi nomor sesuai dengan urutan penampilannya dalam teks dengan menggunakan angka arab. Hindari penggunaan abstrak sebagai rujukan.

 

  1. a.   Artikel dalam Jurnal
    1. 1.   Artikel Standar

     Hadju V. Hubungan Helminthiasis Dengan Belajar pada Anak Sekolah Dasar di Kelurahan Mariso, Ujungpandang. Jurnal Medika Nusantara 1997; 18:115-22

  1. 2.   Organisasi sebagai penulis

     The Cardiac Society of Australia and New Zealand. Clinical Exercise Stress Testing. Safety and Perfor-mance Guidelines. Medical Journal of Australia 1996 ; 164:282-4

  1. 3.   Tanpa nama penulis

     Management of Acute Diarrhea (editorial).Lancet 1983;1:623-5

  1. b.   Buku atau Monografi Lainnya
    1. 1.   Penulis Perorangan

     Notoatmojo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Cetakan ke-2. Jakarta: PT Rineka Cipta; 2002

  1. 2.   Editor sebagai penulis

     Tawali A, Dachlan DM, Hadju V, dan Thaha Ar, editors. Pangan dan Gizi: Masalah, Program Intervensi dan Teknologi Tepat Guna. Makassar: DPP Pergizi Pangan dan Pusat Pangan, Gizi dan Kesehatan; 2002.

  1. 3.   Organisasi sebagai penulis

     World Health Organisation (WHO). Measuring Change in Nutritional Status; Guidelines for Assessing the Nutritional Impact of Vulnerable Groups. Genewa: World Health Organization;1983

  1. 4.   Bab dalam buku

     Lewis BA. Structure and Properties of Carbohydrates. In: Biochemical and Physiological Aspects of Human Nutrition. Philadelphia: W. B. Saunders Company; 2000. P.3-18.

  1. 5.   Prosiding konferensi

     Jalal F dan Atmojo SM. Peranan Fortifikasi dalam Penanggulangan Masalah Kekurangan Zat Gizi Mikro. Prosiding Widya Karya Nasional Pangan dan Gizi VI; Serpong, 17-20 Februari 1998. Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, 1998.

  1. 6.   Makalah dalam konferensi

     Hadju V, abadi K dan Zulfikar. Effect of Deworing on Growth and Appetite in Schoolchildren in Ujungpandang. Dibawakan pada 7th World Federation of Public Health Association International Congress, Hotel Nusa Dua Bali, Indonesia, 4-8 desember 1994.

  1. 7.   Laporan ilmiah atau teknis

     Badan Pusat Statistic. Laporan Hasil Survey Konsumsi Garam Yodium Rumah Tangga. Jakarta: Badan Pusat Statistic;2003

  1. 8.   Skripsi, thesis atau disertasi

     Rochimiwati SN. Dampak Pemberian Produk Makanan Kaya Protein Kedelai Terhadap Perubahan Status Gizi Penderita TB di BP4 Makassar (thesis). Makassar: Universitas Hasanuddin;2003

 

  1. 9.   Artikel dalam Koran

     Yahya M. Sulsel Lumbung Pangan, Tapi Kekurangan Gizi. Fajar, selasa 14 September 1999

  1. c.   Materi Elektronik

Rosenthal S, Chen R, Hadler, S. The Safety of Acellular Pertusis Vaccine vs Whole Cell Pertussin Vaccine. Arch Pediart Adolesc Med. 1996; 150:457-60. Available at: http://www.amu.assn.org/sci_pubs/jour-nals/arcive/ajdc/vol150/no5/abstract/httm diakses pada 10 November, 2012

 

Tabel, Gambar dan Grafik

Setiap tabel dimuat pada halaman terpisah dan diketik spasi 1. Nomor urut tabel dan gambar sesuai urutan penampilannya dalam teks.

 

Naskah yang diterima redaksi akan dibahas oleh tim redaksi dan berhak memperbaiki susunan bahasa tanpa mengubah isinya. Penggunaan istilah asing non medis sedapat mungkin dihindari atau disertai terjemahan penjelasannya. Usulan perbaikan naskah (terutama menyangkut substansi) akan disampaikan kepada penulis yang ber-sangkutan.

 

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.