PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING MENURUT TEORI KOGNITIVISME BRUNER DALAM PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Rihya Syifa Qurrotu Ayuna(1*), Agustina Cahyaningrum(2), Shabrina Zakira(3), Suprianto Baen(4), Awaluddin Tjalla(5)

(1) Universitas Negeri Jakarta - UNJ
(2) Universitas Negeri Jakarta - UNJ
(3) Universitas Negeri Jakarta - UNJ
(4) Universitas Negeri Jakarta - UNJ
(5) Universitas Negeri Jakarta - UNJ
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan yang dilakukan dalam penelitian ini dalah untuk mengetahui bagaimana guru BK dalam memberikan layanan bk dengan menggunakan metode discovery learning menurut teori Kogitivisme Bruner di SMA Santa Ursula, dan bagaimana layanan guru BK yang diberikan siswa di SMA Santa Ursula. Metode dalam penelitian ini metode Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Pemilihan subjek penelitian secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa berdasarkan teori Kogitivisme Bruner dengan Fase operasi kongkrit, di fase ini siswa di SMA Santa Ursula sudah mampu memecahkan masalah yang sedang dihadapinya secara konkrit. Dari hasil wawancara yang dilakukan dengan guru BK. Sedangkan di Fase operasi formal yaitu pada tahap ini siswa sudah mampu memberikan ide-ide ataupun gagasan yang dimana ide dan gagasan ini diperoleh dari kemampuannya dalam berbahasa dan logika. Dalam memahami dunia sekitarnya siswa menggunakan banyak simbol yaitu dengan cara menggunakan media dalam mendukung keberhasilan kegiatan pembelajarannya. Layanan Guru BK yang sudah diterapkan dengan baik  terkait dengan teori kognitivisme Bruner yaitu partisipasi aktif siswa dalam mengenal perbedaan dengan Guru BK sebagai fasilitator, motivator dan evaluator, Penilaian hasil layanan hasil penilaian setelah dilaksanakannya layanan BK yaitu dengan memberikan evaluasi proses dan evaluasi hasil.


Kata Kunci


Discovery Learning; Kognitivisme; Layanan BK

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Ahmad Muzakir dan Joko Sutrisno. (1997). Psikologi Pendidikan: untuk Fakultas Tarbuyah Komponen MKBK. Jakarta: Pustaka Setia.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Bogdan dan Taylor. (1975). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.

Darmawani, E. (2018). Implementasi Pendekatan Discovery Learning Dalam Layanan Informasi Format Klasikal. Metode Ekspositori Dalam Pelaksanaan Bimbingan Dan Konsleing Klasikal, 1(2), 30–44. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/juang/article/view/2098

Esi, Purwaningsih, E., & Okianna. (2016). Peranan guru sebagai fasilitator dan motivator dalam meningkatkan hasil belajar di kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(10), 1–14. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17132/14624

Harmi, H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Curup: LP2 STAIN.

Haryanto Suyono. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nabila Yuliana. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000

Nugroho, P. (2015). Pandangan Kognitifisme Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Vol. 3 | No. 2 | Juli-Desember.

Nurdin Muhammad. (2017). Pengaruh Metode Discovery learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10 (1), 9-22.

Pahliwandari, R. (2016). Penerapan Teori Pembelajaran Kognitif Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Vol. 5, No. 2, Desember.

Pengabdian, J., Masyarakat, K., Juni, J.-, Islam, K., Adab, F. U., Langsa, I., Accepted, F., Harapan, A., & Kunci, K. (2022). Peningkatan kemampuan guru bimbingan dan konseling dalam Penilaian sikap spiritual dan sikap sosial. 2(1), 35–43.

Pidarta, M. (1997). Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Ratna Wilis Dahar. (1988). Teori-teori Belajar. Jakarta: Direktorat P dan K.

Sinambela. (2017). Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. 6 (2).

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudirman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Westy Soemanto. (2003). Psikologi Pendidikan, (Jakarta : Rineka Cipta, 2003). Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.8904

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.