TINGKAT STRES PADA SANTRI BARU RAUDHATUL JANNAH PALANGKA RAYA

Zikra Maulana(1*)

(1) IAIN PALANGKA RAYA
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini di latar belakangi dengan fenomena stres yang terjadi pada santri baru di pondok pesantren yang hal itu mempengaruhi proses pendidikan, kinerja dan perilakunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat stres santri baru Raudhatul Jannah Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan jenis dan pendekatan campuran atau kombinasi (mixed method) yaitu kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian santri baru kelas X yang berjumlah 25 orang dan pengambilan sample menggunakan Teknik total sampling dan purposive sampling. Instrumen penelitian ini  menggunakan kuisioner yang sudah valid dan reliabel. Data dianalisa menggunakan statistik deskriptif. Instrumen penelitian juga menggunakan wawancara untuk mendapatkan data secara mendalam. Hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat stres santri baru dalam kategori tinggi 3 orang (12%), sedang 17 orang (68%) dan rendah 5 orang (20%). Hal ini menunjukkan mayoritas stres santri baru pada kategori sedang. Pada santri baru sering melalaikan tugasnya, susah tidur, kurang fokus, merasa cemas, pusing, gelisah, sering melamun dan merasa gugup. Stres bisa disebabkan oleh faktor lingkungan, keluarga, tuntutan akademik dan faktor diri sendiri.

 

Kata Kunci: Stres; Santri Baru; Pondok Pesantren

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ajeng Dyah Larasaty. (2020). Penerapan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Stres Pada Remaja Di Pondok Pesantren Putri Al Manshur Klaten. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Anggito, A., & Johan Setiawan, S.Pd. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Arifa Retnowuni, A. Y. (2021). Kesiapan Psikologis santri baru di era pandemi covid 19 di ponpes darul ulum jombang. Universitas Muhammadiya Magelang, 01, 34–42.

Aziz Fadliansyah. (2013). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Timbulnya Stres Pada Santriwati Baru Di Pondok Pesantren Darul Aitami Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Universitas Teuku Umar Meulaboh, Aceh Barat.

Elly Ghofiniyah & Erni Agustina Setiowati. (2017). Hubungan Antara Kematanga Emosi Dan Keterampilan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Pada Santri Pondok Pesantren DAAR AL FURQON KUDUS. Jurnal Universitas Islam Sultan Agung, 12, 16.

H. Prasetya Utama, M. Kes. (2018). Membangun Pendidikan Bermatabat Berbasis Tahfidz Mencegah stres dan Melejitkan Prestasi. CV. Rasi Terbit.

Indri Kemala Nasution, S.Psi. (2007). Stres Pada Remaja. UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN.

Intan Rahmawati, S. Psi., M.Si & Ari Rahmawati. (2012). Mengenal Psikologi Bencana (Pertama). Bayumedia Publishing.

Khoirunnisa. (2020). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Terhadap Tugas Akhir Prodi PAI IAIN Palangka Raya. IAIN Palangka Raya.

Livia Fitriani, Zulia Putri Perdani, & Yanti Riyanti. (2020). Hubungan Tingkat Stres Remaja dengan Kemampuan Adaptasi di Pondok Pesantren Kota Tanggerang. Jurnal Kesehatan Pertiwi, 2.

Merdiah Dwi Permata Sari & Sri Maryati Deliana. (2017). Perbedaan Kemandirian Remaja Yang Tinggal Di Pondok Pesanten Dengan Yang Tinggal di Rumah Bersama Orang tua. Universitas Negeri Semarang.

Moch. Fahruddin, A., SKM. ,. M. Kep,Ns. Saiful Walid, S. Kep. ,. M. MKes. (2015). Perbedaan Tingkat Stres Remaja SMK Nahdlatuth Thalabah Yang Tinggal Di Rumah dan Di Pondok Pesantren Nahdlatuth Thalabah Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan. Fakultas Ilmu Kesehatan UNMUH Jember, 11.

Muhammad Nurdin Yusuf. (2016). Pengaruh Penyesuain Diri Terhadap Tingkat Stres Pada Santri Baru Di Pondok Pesantren Pendidikan Islam Parigi Habirau Tengah Kecamatan Daha Selatan HSS. UIN Antasari Banjarmasin.

Siti Roihanah, G. R. A. (2022). Gambaran Tingkat Stres Pada Santri Baru Di Pondok Roudlotusysyubban Desa Tawangrejo Winong Pati. Jurnal Profesi Keperawatan ITEKES Cendekia Utama Kudus, 9, 2.

Umami Nurfitri, R., & Fitri Aulia. (2021). Impelentasi Layanan Bimbingan dan Konseling Islami Di Pondok Pesantren Darul Chalidi Nw Pringgasela. 5, 7.

Umami Nurfitri, R., & Fitri Aulia. (2021). Impelentasi Layanan Bimbingan dan Konseling Islami Di Pondok Pesantren Darul Chalidi Nw Pringgasela. 5, 7.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.8889

Refbacks



Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.